Skip to content

Proton Exora Segera Hadir di Indonesia

February 18, 2009

proton-exora3

KENDATI penjualan otomotif nasional mengalami penurunan, namun PT Proton Edar Indonesia (PEI) memastikan akan menghadirkan Proton Exora ke Indonesia pada kuartal kedua tahun ini. “Kami merencanakan untuk mendatangkan Exora kuartal kedua tahun ini. Semoga saja segala sesuatu berjalan sesuai rencana dan perekonomian semakin membaik sehingga tidak ditunda lebih lama lagi,” ujar Head of Marketing Communications PEI Prisilla Puspitasari ketika dihubungi  melalui ponselnya, Rabu (18/2).  846981

Prisilla  mengatakan bisa jadi Proton Exora diluncurkan pada ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2009. “Kami masih mempertimbangkan banyak hal yaitu kondisi perekonomian ketika Exora akan diluncurkan, varian apa yang akan kami pasarkan sehingga meraih penjualan yang kami targetkan, serta pastinya harga yang tepat untuk konsumen,” ungkapnya.

Di Malaysia, Exora dilepas dengan harga sekitar RM 80.000 (sekitar Rp 264 juta) dan tersedia dalam 5 pilihan warna yakni Genetic Silver, Tranquility Black, Blue Haze, Pyrite Brown dan Gaia Blue. Untuk fitur keselamatannya, semua varian akan dilengkapi dengan sedikitnya 2 SRS airbags.

Saat ini  Proton Exora sudah mulai bisa dipesan per tanggal 21 Februari mendatang dengan ongkos pesan (booking) 1.000 ringgit atau Rp 5 juta.

From → Auto News

78 Comments
  1. IAN permalink

    ini mobil ngikutin grandis abis….payah..

  2. Priyo permalink

    namanya juga malingsia…. trully maling asia

  3. alex permalink

    at least mereka sudah bisa bikin mobil bagus. indonesia? ngurus transportasi aja gak bener.

  4. ihsan permalink

    kenapa loe orang maki2? gak mampu beli?

  5. Modelnya oke,sayangnya posisi engine masih didalam cabin

  6. rika permalink

    engine di dalem cabin? emang apv? hihihi, mungkin research dulu kali sebelum posting :p http://paultan.org/archives/2009/03/05/proton-exora-cps-mpv-features-list-teaser-scan/

  7. iya, nanti saya yg ngasih tahu!

  8. hanggono permalink

    hmm…foto atas sama bawah kok agak2 beda ya gambarnya. perhatiin aja detail bentuk grill dan fog lamp. kalo menurut gw, yang bawah lumayan keren. keliatan mahal gitu. tapi yang atas, emang mirip grandis ya..

  9. Saya sedikit kecewa dengan pendapat beberapa orang disini yang rata-rata melabelkan kami ini bikn kereta seperti mitsubishi grandis dan juga label malingsia. Tapi pada saya label malingsia yang anda letak itu tidak di kisah sangat kerna yang maha kuasa aja tahu.

    Apa pun saya mahu tekankan disini bahawa sejak kereta kami jenama WAJA, proton tidak lagi ada apa2 ikatan janji bersama mitsubishi, makanya MPV Exora ini juga bukan berlandaskan chasis grandis. Proton membuat R&Dsendiri menghabiskan jutaan ringgit untuk design terbaik. Untuk makluman anda, enjin 1.6CPS ini mirip dengan injin Honda VTEC dan ujian telah dilakukan dengan dimasukkan enjin ini kedalam Toyota WISH.

    Jika mahu label mirip itu dan ini sila label kan kepada Kijang anda dan juga Perodua, yang mana kedua-duanya hanya menukar LOGO tnapa ada melakukan R&D yang serius.

    Wallahuallam.

    *sebelum mengata sila analisa diri sediri, bagai kata pepatah melayu “meludah kelangit terkena muka sendiri”

  10. Biarkan anjing menggonggong datuk?

  11. embrio permalink

    datuk jangan esmosi ( emosi kali ya ) maklum negara demokrasi
    moga kritikan pedas bikin proton tambah tegar
    exora sepintas emang mirip grandis…. berdoa aja moga laku jualanya……

  12. Ada dua artikel terbaru mengenai exora, ‘Juli, Exora Masuk Indonesia dan Pilih Exora atau Avanza’

  13. Al-Cool permalink

    Dengan Harga Segitu kayaknya masih lebih menarik Honda Freed… yang juga akan keluar di Medio yang sama…

  14. Bener bro apa yang loe bilang. Liat aja foto di atas, bagaimana kaki penumpang yang duduk di baris kedua akan semutan. Apalagi perjalanan jarak jauh…..Tapi, terserah kalau suka

  15. gw udah liat launching y di malay kemaren!
    ok sih menurut gw, boleh lah buat tunggangan sehari2…
    tapi harganya klo diatas 200jt, ga akan laku di indonesia…
    mengingat produk ini adalah buatan malay dan belom tau kualitas dan harga suku cadang y!
    seandainya di jual di indonesia dengan harga di bawah 200jt, gw bersedia pesen satu buat besutan gw sehari2..?!

  16. yansen permalink

    menurut saya bagaimana juga negara malaysia sudah sudah lebih maju dibanding Indonesia. mereka sudah sanggup membuat mobil sendiri, sedangkan Indonesia belum sanggup sama sekali. Kualitas dari mobil mereka juga terbilang cukup bagus. apalagi dengan diluncurkannya Exora ini. saya rasa merk-merk lain merasa cemas juga dengan kehadiran Exora, terutama pasar di Indonesia. makanya beberapa merk yang merasa akan menjadi pesaing Exora mulai angkat bicara. Saya rasa Exora bisa sukses di Indonesia. Yang paling penting adalah mereka dapat memberikan jaminan yang membuat konsumen merasa aman dengan membeli Exora. untuk Indonesia juga saya harap dapat meniru Malaysia, jangan hanya bisa memberi komentar negatif. tapi bukan berarti Indonesia tidak sukses juga dengan otomotif mereka, walaupun hanya mengganti nama dari produk Jepang seperti Kijang. Sukses buat Proton, terus buat inovasi baru yang dapat diterima masyarakat Indonesia dan negara lainnya.

  17. di era globalisasi ini biarin aja malaysia menjual mobil protonnya di Indonesia, kalo bagus bakal laku kalo jelek ya ga bakalan banyak yang beli,..daripada nungguin Indonesia bikin mobil sendiri lamaaaaaaaa banget……..btw, saran ogut mobil jepang/korea lebih terjamin sales, service and sparepartsnya di banding mobil eropa/malaysia.

  18. TonY permalink

    biar dikasih kalau buatan malaysia gw engga mau….orangnya culas-culas….ngapain produknya gw beli

  19. hafiz permalink

    exora terbaik!!!

    saya memiliki nissan grand lavina dan proton exora…

    dibndongkan semua ciri2…

    exora menang..

  20. Sepertinya agak sulit bersaing karena Nissan Grand Livina hanya dijual dengan harga Rp 180 juta. KIA Carren II (mesin 1800 cc) hanya dijual Rp 148 juta. Jika Proton Exora (1600 cc) dijual harga Rp 210 juta, agak sulit menembus pasar. Jika saja Exora dijual Rp 160 juta, akan menguasai pasar Indonesia.

  21. rian permalink

    Sebagai pendatang baru, exora bakal kesulitan karena harganya tidak terpaut jauh dengan mpv lainnya yang sudah memiliki tempat di konsumen orang Indo . Selain itu masalah purna jual menjadi masalh bagi proton sendiri. Kalo MPV jepang dijual kembali, harganya kemungkinan tidak akan jatuh terlalu jauh, sedangkan exora…hmmm…nanti dululah…ditempatku saja proton savvy bekas sudah dijual dengan harga yang jatuh dari harga barunya.

  22. Dudenz permalink

    Walaupun sering kesal dengan ulah Malaysia tetapi untuk Exora dan Protonnya maka patut kita acungi jempol buat Malaysia yang sudah bisa dengan berdiri sendiri membuat mobil nasionalnya daripada Indonesia yang saat ini masih ditekan oleh produsen asing…..
    Tetapi karena aku sekarang punya Grand Livina maka tetap Livina yang terbaik wong harga bekasnya saja lebih mahal daripada harga baru saat saya beli tahun 2008 dulu…

  23. ateng permalink

    Foto atas dan bawah kayanya beda mobil yah… Kalo yg bawah sih boleh kasih jempolan lah desainnya, lebih macho…
    Soal harga selama masih di harga Livina 1500 cc sih masih bisa saing, tinggal tergantung fasilitas dan resale value..

  24. Tunggu bentar lg gw bikin artikel launching exoranya bro

  25. kassorga permalink

    gambar yg kedua itu bukan exora tapi mazda mpv yg dilabelkan proton menurut jangkaan seorang blogger. exora tidak langsung serupa grandis atau wish. Menariknya, ia lebih panjang dari innova dan jauh lebih mewah dan besar dari avanza atau livina. Atas dasar itu ia lebih mahal. Handlingnya dari lotus, sama seperti model lain spt persona, satria, savvy, waja dan saga.

    Proton kini sedang lari dari episod buruknya. pengurusannya juga orang baru. Masalah kualiti hampir tidak kedengaran lagi. Malangnya ia terpaksa menghadapi kesan2 persepsi negatif itu walaupun semuanya telah berubah kepada yg lebih baik. Dikatakan mobilnya kerap di underrated oleh org2 yg sinikal.

    Proton adalah satu2nya produk mobil asli hasil ilham orang2 serupa kita. Lupakan sempadan geografi kita. Sokonglah ia walaupun anda tidak membelinya.

  26. kerenan Honda Stream 2004 donk, harga jg segitu 1.7cc sktar 160jt second vtec asli bukan jiplakan kayak exora ini…

  27. Ridwan permalink

    Wajar saja jika dibilang meniru grandis. ada 2 point yang sangat kentara dengannya.

    1. posisi dan bentuk kap mesin yang menonjol keatas pada bagian belakang kap.

    2. Kaca belakang yang menyambung ke lampu belakang

    2 hal tersebut adalah ciri khas mitsubishi grandis. tapi tidak masalah, karena desain exora tidak seperti mobil china yang menyontek secara keseluruhan dana mengganti lampu dan grille saja.

    andai saja mobil ini dibanderol sama dengan avanza S 1.5
    saya pasti pilih ini. :D

  28. Batak permalink

    Makcik-Pakcik, kalo mo masok pasar Indonesia, baiknya Pakcik-Makcik dumping harganya biar tak jauh beza dengan mobil buatan Mr. Toyota atau Mr. Honda. Dibawah 170 juta aku pikir akan Booming, tapi kalo tembus 200 juta-an, matilah produk Makcik-Pakcik. Perkara suku-cadang, untuk orang kami di Medan gampang, kalo di jual mahal di Indonesia, kami boleh seludup dari Malaysia langsung. Ayo…Makcik-Pakcik, louncing pertama mulai dari Sumatera, jangan dari Jawa. Tapi itu tadi 170 juta kebawah harganya, biar saingan dengan mobil dewa (baca Avanza). Mo beli aja harus inden 6 bulan, sekarang udah 150juta baru ready stock!

  29. Good luck Proton…bertambah lagi mobil yang akan bertarung di kelas MPV, semakin beragam pilihan, mudah-mudahan konsumen di tanah air akan diuntungkan.

  30. ahmed sukur permalink

    jangan terpesona dengan bentuk sesaat, coba liat mobil..proton sebelumnya …sulit ngejualnya..bukan soal..kuat atau tidaknya..soal kuat mobil jepang sdh teruji…masalahnya..ngga ada bangga bangganya make mobil itu..namanya (proton kayak unsur atom kimia aja)..dan negaranya kayakny ngga bershabat…ini mempengaruhi..ke engganan orang mau beli.. nah gimana nex time mau jual lagi..ngapain cari resiko .

  31. good luck proton, saya menghargai karya anda dengan booking fee Exora.

  32. anak bawang permalink

    saya salut dengan proton buatan malingsia

  33. ibel permalink

    maklum ,mereka belum tahu ,proton sdah lama tidak kerja sama lagi dengan mitsubishi. dan sekarang proton sedang kerjasama dengan LOTUS sampai sekarang. Wajar exora dngan harga segitu. karena sudah di lengkapi fitur keamanan dan keselamatan yang umumnya sudah diterapkan di negara eropa. jika di bandingkan dengan kijang innova,livina.stream.dan touring. apakah sudah mengaplikasikan fitur tersebut pd kendaraan itu sendiri dengan harga yng sama. good luck exora . saya akan pakai kendaraan ini untuk ke kampus.dngan modifikasi velg american style.cukup untuk tampil gaya dengan EXORA^_^

  34. Aji permalink

    Menurut saya, kurang adil kalo kita membahas mobil dengan muatan politik, selama buntutnya cuma saling menghina ga akan kita bisa hidup berdampingan.
    Exora ini menurut saya layak diperhitungkan, kenapa mobil jepang bisa sangat laku dan mahal (sekennya) karena memang mind set kita masih mikir kendaraan dari eropa atau negara lain sparepartnya susah dan ringkih, padahal ga juga.
    Mari kita sambut aja dengan baik, dan gue denger2 ini dilego dengan harga 170 jutaan yah? hebat bener, jadi pingin liat kelengkapannya. Karena xenia dan avanza dengan harga diatas 150 juta ga equipped with ABS dan airbag.
    Buat gue hari gini bukan lagi waktunya untuk gontok2an apalagi ini bukan forumnya untuk saling “meludah”, ini saatnya kita mencari kendaraan yang aman namun terjangkau, bukankah begitu?

  35. Maju Indonesia, kalau sebagian besar orang berfikir seperti ente

  36. Naesun permalink

    Saya sangat kagum dengan masyarakat Malaysia yang telah mampu memproduksi otomotif mulai dari perancangan hingga manufacturingnya, nah semoga memeang asli karya otak bangasa malaysia, bukan sebagai perakit hasil karya orang asing. Amiin

  37. Naesun permalink

    Aji, kamu memang type orang yang berfikir positif, orang seperti kamulah yang bakal maju, bukan seperti mereka yang ejek-ejekan dan jelas ini bukan ajangnya. Nah hai kamu yang masih muda2, ayo kita berfikir untuk menjadi designer terbaik otomotif baik di Indonesia Maupun di Malaysia. Akan tetapi saya khususkan di Indonesia kapan lagi Indonesia memproduksi otomotif aslinya ? kalau yang hadir saya lihat asik mobil Jepaaaaaaang aja, Amerika, Korea, China wooi malulah dimana akalmu,,buat buat buat buat mobil asli bangsa Indonesia. Biar negara lain tidak sepele dengan bangsa Indonesia !!!!!!

  38. Hafiz permalink

    di indonesia harganya cuma 184jt-an palin mahal 210 juta buat yang supreme, space kabin juga besar, saya menukar innova 05 dngn proton exora..
    lebih hebat malaysia dari indonesia

  39. kalo pengen tahu exora harus test drive dong biar tahu fitur dan kelebihannya, dual air bag- parking sensor-head unit clarion dg bluetooth capability-lipatan kursi yang bisa sejajar dg deck dan banyak lagi…..itu adalah varian yg terendahnya. mana ada mpv lain yg punya dg harga 175 jt. buat konsumen yg punya duit boleh buka mata dan buktikan…..yg lain boleh nonton aja…dah cukup dominasi mobil jepang di tanah air, harga mahal ga ada fitur2 keselamatannya , ga berstandar internasional. hidup proton….! cepetan ya kirim exoranya , aku dah inden satu…..

  40. ayo dong proton jangan kalah!
    soalnya proton exora tuh canggih…..
    karena coba pikir2 jika 2km jalan kita lupa menutup kunci dia akan menutup sendiri!,selain itu proton exora pun ada peta jalan jika kita tidak tau arah,dan ada dvd di atap mobil nya keren kan…!!!ayo dong proton exora aku kan udah pesan ko lama!……

  41. Prismo permalink

    Terima kasih semuanya.. kalo semua org2 Indonesia befikiran positif kayak kamu semua, pastinya Indonesia bisa bangkit dan maju terus.. apa yg paling penting, jangan bisa malu utk belajar dari kesilapan.. utk maju, kalian mesti belajar dari org yg sudah maju.. ayuh kalian.. sama2 kita bersatu utk kemakmuran…

    wassallam…

  42. denny hamdani permalink

    awas jangan beli produk neo imperialisme, haram !!!!!

  43. MPV Pertama bukan?

  44. selamat atas peluncuran proton exora semoga dalam menjalankannya mencapai kesuksesan.

  45. kira2 hargannya berapa yang kumaksud proton exora.

  46. amanda permalink

    Salut saya untuk proton, sekarang saya gunakan gen2, dan sangat ingin beralih pada exora, kira2 brp harga pasti untuk exora diindonesia ? Saya harap indonesia juga bisa membuat mobil seperti yang sudah dilakukan malaysia, bukan hanya bisa mencaci maki saja tanpa tahu arahnya !

  47. Diatas 200 jutaan! Mau?

  48. Tidak salah jika indonesia belajar dari malaysia untuk membuat mobil….tidak perlu malu jika mahu belajar….malah malaysia sering saja belajar sesuatu dari indonesia jika ada sesuatu yang lebih baik di indonesia.kerna itu kami bisa maju jauh dari indonesia yang kebanyakan rakyatnya mempunyai sefat ego yang tinggi tetapi ibarat “bodah sombang”..anda di indonesia pasti bisa juga maju seperti kami jika mahu belajar dari sesiapa aja…

  49. mas janjang permalink

    biar aja malay jualan di indonesia. org kita udah bisa milih produk yg terbaik dan purna jual yang bagus

  50. mas janjang permalink

    mudah2an cukup diminati org indonesia.pak cik pun kal Exora laku di indonesia jgn bayak bikin ulah yaaaa.bisa2 malah ndak laku nanti.

  51. indrajadi8 permalink

    mslh car koq ikut2an mslh nasionalism.? btw sy kagum dg exora, tigl life time engine aja yg prlu dbuktikn.. jgn smp spare part sush ya.! congrats..

  52. haris permalink

    pada dasarnya exora bagus, dg kwalitas keamaan standar eropa. Saat test drive di tol, ekselerasi bagus tp sayang perpindahan percepatan terasa kasar dan peredam suara kurang bagus ( masih bising ). Fasilitas interior ok, dan dibalut body dengan 0.8 mm galvanis ok untuk safety, tp untuk kekuatan mesin …??? (blank)

  53. dilla permalink

    proton mobil pantek

  54. nando permalink

    Salut dengan malaysia…, kecewa dengan negara sendiri yg hanya bisa mencaci, komentar, ayo buktikan kalo indonesia itu lebih maju dr malaysia

  55. Hanwen permalink

    setubuh eh salah setuju… salut dengan malaysia yang talk less do more, mari kita bangsa indonesia tinggalkan budaya NATO(nO aCTION tALK oNLY) tapi saya percaya suatu hari nanti bangsa indonesia juga pasti bisa membuat mobil yang ga kalah kualitasnya dengan produk malaysia atau jepang, tapi kapan ya?? btw saya udah liat exora dijalanan, secara fisik diatas avanza n livina klo mesin ga tau deh

  56. Pi Xi Lang permalink

    Datuk jualnya kemahalan, Kalo kreta begitu aja sih cukup 90 juta aja, Di toko sebelah ada yang jual lebih bagus, Enjinnya ekonomis lagi.

  57. ipul permalink

    untuk orang2 indonesia tercinta,,, baca ini dlu !!!

    http://www.topix.com/forum/world/malaysia/TKUAJEKNVHA3IIFPA

    liat aja judul threadnya:

    “Proton Exora Akan Menakluk Pulau Indonesia !”

    liat betapa sombongnya orang2 malaysia..

    memang kita masih kalah soal teknologi ini, tapi tidak selayaknya mereka mengatakan hal se-sombong itu.

    oini memang masalah mobil, masalh teknologi, tapi kalo kata2 mereka seperti itu,, apa bukan ajang merendahkan kelompok lain (dalam hal ini indonesia)

    semoga jualan kalian tidak laku di indonesia !!!

    perbaikilah sdikit sopan santun-mu sebelum mau nyari uang di indonesia

  58. gulam permalink

    ipul mengatakan:
    ” “Proton Exora Akan Menakluk Pulau Indonesia !”

    liat betapa sombongnya orang2 malaysia..

    memang kita masih kalah soal teknologi ini, tapi tidak selayaknya mereka mengatakan hal se-sombong itu.

    oini memang masalah mobil, masalh teknologi, tapi kalo kata2 mereka seperti itu,, apa bukan ajang merendahkan kelompok lain (dalam hal ini indonesia)

    semoga jualan kalian tidak laku di indonesia !!!

    perbaikilah sdikit sopan santun-mu sebelum mau nyari uang di indonesia”

    perbaikilah sdikit sopan santun-mu sebelum mau nyari uang di Malaysia…pikirin ckit lorh, jutaan org kita disna cri uang…malahan ada yg kerja sama proton..sama kayak gue, kita serumpun, melayu

  59. di malaysia harganya agak mahal walau produk local namun saya pasti di indonesia harga pasti bawah RP150 jutA

  60. Indra Kusumayasa permalink

    Harusnya indonesia udah bisa bikin Mobil sekarang. Pemerintah bikin kebijakan salah soalnya, malah lebih mendukung industri penerbangan dengan melahirkan CN 235 IPTN…. seandainya dulu kebijakannya buat mobil, ga bakal Jalanan kita dipenuhin sama Mobil buatan negara lain kaya sekarang….. Rasanya miris kalau jalan-jalan di negeri kita, Ga ada Mobil Lokal dari “Puluhan Juta Mobil” yang berkeliaran di indonesia….

    Sayang rasanya kita buang-buang devisa dan membayarnya dengan mengirimkan SDA dan TKI kita untuk di injak-injak di negara orang…

    Gue sih ga salut kalau Cuma mobil kaya proton, banyak anak negeri ini yang gue yakin bisa buat yg lebih baik dari itu asal didukung oleh kebijakan pemerintah…

    Dasarnya Pemerintahan Bejat, Pemimpinnya banyak yang Korup Binti keblinger Mau maju ga mau cape bisanya Import Doang….

    Marilah Bersama-sama kita membangun Bangsa Ini dengan Mencintai Produksi dalam negeri

  61. alif permalink

    kalo menurut sy c ga usah ada kata2 saling mencaci. mendingan kalo mu beli mobil cari yg anda suka sesuai kbutuhan dan anggarannya jika tdk suka tinggalkan jgn dicaci ga akan maju dgn mencaci, btul tdk?

  62. Emily permalink

    Sodara2 sekalian, marilah kita membuka diri utk hal2 yg baru. Namanya juga bisnis, jadi kalo mau bersaing, itu sah2 aja. Jangan mencaci org/negara lain krn hal2 yg sentimen yg tdk perlu. Kita harus koreksi diri, bertanya kenapa Indonesia tidak bisa seperti Malaysia bisa bikin mobil dengan brand/merk sendiri? walaupun katanya kita punya Kijang, toh labelnya pake nama Toyota. Kita org Indonesia sudah dibrainwash dan Jepang minded banget soal automotif, padahal belum tentu mobil Jepang itu paling ok, buktinya Honda Jazz sempat defect dan unit2nya minta ditarik dari pasaran krn ada problem. Jadi sodara2 sekalian, kesimpulannya adalah jangan langsung menilai dulu tanpa dibuktikan. Kalo tak kenal maka tak sayang kan?

  63. uncleten permalink

    Proton exora, luar biasa teope abis… Hanya harganya yg susah bersaing dg mobil jepon

  64. Manohara permalink

    Mantaapp .. exxora keren abisss …

  65. Manohara permalink

    kenape awak2 pada sewot .. tak bole la cemtu .. tak mampu beli, tak mampu buat, nape mencela ?? haiiihhh .. ade2 aje … ayo mane prodak2 awak? cepatlah bikin ….

  66. Gak bakalan laku . . . . . . !
    Kemahalan . . . . .

  67. m. GULTOM permalink

    Exora memang bagus tp harga kemahalan.turunkan harga pasti laku.

  68. Eh! bang gultom,…aku gustom

  69. sweet permalink

    saya bangga dengan exora, dengan 208jt apa bisa dapetin japanese mpv dengan performance & fitur sama? saya udah beli. yang saya beli adalah tehnologi, bukan merk.yah, kita nggak usah menghina, lihat kenyataannya, mana produk kita?

  70. Sulaiman permalink

    Exterior dan Interior bagus and salut dengan tehnologinya, kayaknya sih minat tp mikir purna jualx……?

  71. ridhwan permalink

    saya tak tahu apa masalahnya pertembungan dua negara islam ini, namun saya pun sebenarnya minat dgn exora bkn kerana sahaja ia buatan negara saya, tapi dibandingkan mpv ayah saya, suzukiapv yg dibeli dibawah harga Rm 70000 dan kereta ibu saya saya rasa exora lebih ekonomikal harganya aja bawah RM60000, yang palg murah lah………

  72. Dengan harga segitu masih mending beli honda freed. Lagian kita masih memikirkan harga jual setelah 3 tahun dipake.
    Siap-siap aja Anda nangis kalau udah seken cuma ditawar 60 Juta!!!
    Tidak realistis, jangan sombonglah kawaan kalau bisa bikin mobil. Apalagi kalau mesinnya masih alih teknologi dari renault.
    Sebenernya Indonesia sudah bisa bikin mobil. Astra udah mengekspor mobil, walaupun labelnya masih “toyota”. Memang mesinnya masih dari Saudara Tua, dan itu masih dipertahankan mengingat harga jual kembali yang dijamin akan tinggi. Dan itu menjadi alasan realistis yang sampai saat ini masih berlaku di Indonesia.
    Kerana bagi orang Indonesia membeli mobil itu bisa berarti investasi.
    Jadi kalau mau investasi, jangan membeli sesuatu yang merugikan, seperti membeli mobil Malingsia ini.

  73. hopotumon permalink

    Masalah bikin mobil sih mudah saja. Anak SMK di Indonesia udah pada bisa bikin mobil. Tapi masalahnya bukan sekedar bisa atau tidak, kita lebih memikirkan purna jualnya.
    Orang Indonesia masih berhitung masalah untung rugi beli mobil, sehingga orang Indonesia masih takut-takut beli mobil yang belum jelas mereknya.
    Bikin industri automotif tidak bisa instan seperti timor. Tapi harus menyiapkan jaringan service, suku cadang yang selalu ready stock dan jaminan buy back guarantee.
    Mengenai proton exora, berapakah harga jual kembali setalah 3 tahun, mengingat harga barunya cukup tinggi yaitu 200 jt-an lebih. jangan mengulangi kisah sedih KIA Carnival yang harga sekennya seharga espass, biaya servicenya seharga Mercy!!!

  74. akupunyesuke permalink

    rata2 cakap mesin exora ini tak cukup hebat diindonesia,,,,,,,,,,,,,,,,,saya nak tanye beberapa soalan berapa harga minyak seliter diindonesia,,,berapa harga barang ganti kia caren 2 dan nissan grand livina diindonesia,,,,,,,,,,,,,fikir-fikirkanlah,,,,,,,,,buka mata, buka hati, kenali diri………………wassalam

  75. akupunyesuke permalink

    1600cc sudah ekonomikal

  76. Herland Setiawan permalink

    Wadoooow…. harga exora koq berbeda-beda ya ? membingungkan…. memang berapa type/seri seh Exora itu ? yah klo di Innova contohnya ada Seri E, G dan V… nah Exora berap seri/type ? saya punya Innova (G), Avanza (G) dan March…naksir Exora neh namun bingung dng harga bervariasi……

  77. syirik tanda tak mampu…..tak mampu jadinya syirik…..(B.I.P) numpang nyanyi ahk…xixixiixixiixixiixix
    klo gue sih acung jempol aja buat PROTON.gue jg ngerasa iri dengan malaysia. dengan perasaan sperti ini.gue ngerasa mesti bangkit buat membangun negara indonesia ku tercinta ini..
    ayo kawan bersama kita bangun indonesia ini….

  78. zoro permalink

    kabar dr temen, di srabaya harga exora yg matic 190jt, manual 160jt an….kalo liat feature nya dibanding harganya oke bgt…intersest juga aq…biarin aja exora dtg ke indonesia..kita mesti berpikir positif dg buktikan indonesia jg bisa..ga ada gunanya saling mencaci..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: