Skip to content

Pilih Exora atau Avanza

April 17, 2009

exora1

Berita mengenai kedatangan MPV Proton Exora dari Malaysia ditanggapi dengan beragam komentar. Tak hanya dari masyarakat tapi juga dari para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Salah satunya, Toyota Astra Motor (TAM). Menurut TAM, rencana kedatangan MPV anyar Proton Exora di Tanah Air awal semester kedua tahun ini tidak akan mengganggu pasar Toyota Avanza.

“Biar konsumen yang menentukan. Sebab,  mobil tersebut di Malaysia sekitar 80.000 ringgit atau Rp 200 jutaan, itu juga karena mobil nasional dan diproduksi di sana. Kalau masuk ke Indonesia pasti harga jualnya tidak sama karena dikenakan pajak dan lain-lain,” ujar Communication Department Manager PT TAM Achmad Rizal di sela acara One Groovy Day di Barcode, Kemang, Jakarta, Kamis malam (16/4).
Rizal menambahkan Avanza masih menjadi salah satu <I>backbone</I> (tulang punggung) penjualan TAM sampai saat ini, sehingga kemungkinan Exora akan menggoyang pangsa pasar Avanza sangat kecil. Apalagi, Kijang Innova.
proton-exora-white-rear

Toyota Avanza sepanjang 2008, menurut data Gabungan Industri Kendaran Bermotor Indonesia (Gaikindo), menjadi mobil paling laris dan tak tergoyahkan selama tiga tahun berturut-turut, 2006, 2007 dan 2008. Penjualan ini mengalahkan rival-rival terdekatnya, seperti Livina, Xenia bahkan Kijang Innova.
Pada Maret 2009, Toyota Avanza berkontribusi dengan penjualan terbanyak, yaitu 7.603 unit dan kemudian disusul Kijang Innova sebesar 2.349 unit.
Sementara itu, Proton yang baru diluncurkan  Rabu (15/4) di Kuala Lumpur, Malaysia, yakin bahwa Exora dengan kapasitas mesin 1.6 liter akan disambut hangat oleh pasar karena dibanderol dengan harga kompetitif di bawah 76.000 ringgit atau US$ 21.000.

proton-exora-mpv-malaysia-full-specification-interior-seat

Di Malaysia, Exora memang termasuk fenomenal. Sebelum dilaunching saja, jumlah daftar inden sudah lebih dari 2.000 unit sementara Proton menargetkan mampu menjual sekitar 2.500 unit per bulan. Beberapa fitur yang ditawarkan antara lain dual airbag, auto cruise, leather seat, DVD player, sistem navigasi dan konektivitas Bluetooth.
Lalu, bagaimana pasar MPV dari negeri Jiran ini di Indonesia? Melihat data yang dikeluarkan Gaikindo sepanjang 2009 ini, kemungkinan agak sulit bagi Proton Edar Indonesia untuk menyaingi pasar MPV yang sudah dijejali dengan produk-produk Jepang dan Korea. Tapi, kita liat saja bagaimana perkembangannya karena pasar otomotif Indonesia itu memang unik, setiap kali ada produk baru selalu diserbu.

From → Auto News

35 Comments
  1. modaraku permalink

    mobil rakitan malaysia umumnya dari luar menarik
    tapi kalau udah duduk di dalamnya sempiit ketahuan mobil jadi2annya ubah disain dikit2
    tutup mesin belakang sana sini mobil mekar tapi upper structure cabin tetap sempit. ujud aslinya mitsubshi glxi di indonesi proton taxi. nyang bener exxor 200 jt mendingan tunggu passo sette, atau avanza efisien, atau honda freeed.
    Mobil rakitan malaysia ini masih jauuh lah dari Jepang, dan Korea, Apalagi Resale Value 3 thn pake saya yakin dibawah 40%. ingat hyundai accent aja 3.5 thn pake laku 55 jt lho.

  2. modaraku permalink

    gen 2 dan cheffy weleh2 engine okelah tenaga tetapi boros dari japan produk isi dapur engine sama lho. material indoornya payaah masih mewah innova G .ergonomika duduk orang type Indonesia wah tak nyaman apalagi di belakang sopir. kualitas jok not confotable lah. soft seatnya waduh lama2 duduk bisa lecet. SAYA USUL KEPADA PROTON penetrasi market kasih harga 40% di bawah mobil jepang dan 25% di bawah harga kore aple to aple loh clasnya. Contoh WINGLE dauble cabin truck INDOTRUCK terseok seok juga fight FORD, Mazda di oil company user. Gitulho jika mau ambil market share di Indonesia. ASS proton dipertanyak, part availability dan ASS fasility availability di Indonesia big question lagi2 sama dengan WINGLE. bentuk disain OK lah tapi waktu di kemudikan masih jauh dari stdr convenient. Buktikan sendiri ajaaaaa. OKE agar anda pembeli tidak kecele. hahahahhh RESALE VALUE penting lohh

  3. rian permalink

    hmmmm…kursi penumpang Proton Exora sempit dan tidak ergonomis, padahal harganya tak beda jauh dengan Innova yang jauh lebih lapang. Sulit, agak susah kalo mau bersaing dengan yang Jepang. Kecuali kalau harga diturunkan mendekati Xenia Sporty misalnya.

  4. TAUFIK IRMANSYAH permalink

    pd bln Agustus ini di-infokan harga type standard 175 jt yg mewah 215 jt. Dilihat harga Exora standard betul 2x menggiurkan dan pantas diresponse. Mengenai indoor space katanya rel. sempit perlu dibuktikan sejauh mana. Tapi dgn kedatangan Exora kita boleh berbangga negara serumpun bisa setidak tidaknya jadi pemicu agar produsen nasional bisa lebih kreativ lagi.

  5. Prismo permalink

    ya, setubuh ama saudara TAUFIK IRMANSYAH

  6. miftah permalink

    EXORA? emoh ahhhh…!

  7. @de permalink

    ngapain beli produk malaysia, kalai bisa boikot produk malaysia!!!!!!!!! Pencaplok kebudayaan dan pulau-pulau indonesia. Ganyang malaysia. ganyang mobil-mobilnya!!!!!!!!!!!

  8. deutz permalink

    yosssqy..setuju ..boikot produk malaysia

  9. Ronald permalink

    masih mening beli xenia atawa inova, harga ga jatuh. ingat opel blazer gmana ga mewah tapi pas di jual harganya bisa 40 juta. apalagi malaysia negara yahudi di asia tenggara.

  10. Dewi permalink

    uang segitu bisa beli daihatsu luxio tipe termewah 162 juta malah masih sisa uangnya. atau pilih suzuku APV LUXURY tipe paling mewah dari suzuki APV, HARGA NYA 165 JT. ADA LAGI SI BEST SELLER TOYOTA AVANZA 1.5 S AUTOMATIC harga nya 172 juta. emang mobil jepang jago nya!! malaysia keciiiil….

  11. Iyus Kusnadi permalink

    Menurut saya ini terobosan bagi proton dimana EXORA disain bentuknya cukup menarik jauh dibanding Avanza atau mobil yang sekelas dengannya apalagi cuma dibandrol 175 jt saya yakin bisa merebut pangsa pasar di indonesia , saya pikir saya juga pernah pakai xenia ,avanza atau suzuki AVP tidak ada yang istimewa dari mereka , baik dari sisi penampilan, apalagi dari sisi tenaga semua sama2 ngeden ( Ngaheujen ) kalau dipacu ditol, memang disini EXora diharapkan disamping penampilan yang menggiurkan , agar ditunjang dengan sisi tenaga yang optimal di dapur pacunya , dan biasalah PROTON kalau Orang udah hidup dipenjualan AVanza xenia ,atau yg lainyya sdh merasa takut tergoyahkan maka bikin isu sana sini takut tersaingi, Jadi bagi penjual jgn teriak2 dulu jelek sana jelek sini ( Anda aja yg bikin opini spt itu ) seakan akan benar adanya. Zaman sdh berubah Bravo Exora

  12. anna permalink

    baru nak baca.dah tak de mood.kenapa org indonesia masih nak ganyang Malaysia…
    kalu hebat sgt pikir sikit berapa byk derma malaysia kpd mangsa tsunami..gempa di padang..pekerja di sini yg baik je nampak yg jahat pun ramai..
    di indonesia tak diajar nilai-nilai murni ke..nilai moral yg tinggi..toleransi..rendah diri…
    sgt pelik…..
    mungkin nilai keagamaan semakin pudar di sana tetapi saya rakyat Malaysia tetap mendoakan indonesia sentiasa dirahmati..kami diajar utk berfikiran matang..
    good bye blog2 from indon…
    Semoga org indon juga matang tiada perasaan hasad dengki….

  13. Akhh,jgn mau di boongin org malon.,dasar plagiat.,jangan ampe ketipu,jok sempit,qualitas ga thn lama,di jual jatoh harganya..exora jelek..

  14. upin @ipin permalink

    indonesia ngak bisa buat mobil…malaysia mampu
    sokongla mobil malaysia yang bayak tolong kamu kenapa
    mobil dari japan..indon bodoh x teknologi nak buat mobil..
    indonesialannnnng

  15. malaysia permalink

    Sepatutnya rakyat indo bangga dgn kejayaan malaysia kerana kita satu rumpun.Japang tu bangsa penjajah. Kejayaan malaysia kerana rakyatnya hidup hormat menghormati. Insaflah wahai rakyat indonesia. Kalau mahu negara kamu maju, contohilah malaysia. Jangan jadi seperti sesentengah kawan kamu yg datang kesini buat onar seperti mencuri dan merompak. Insaflah

  16. jawir permalink

    gak suka modelnya

  17. INDON ORANG BODOH permalink

    AKU BARU KENA ROMPAK DENGAN ORANG INDON…DATANG NEGARA ORANG, BUAT JAHAT…PADAHAL ORANG GAJI AKU PUN ORANG INDON…PATUTLAA NEGARA INDON ASYIK KENA MALAPETAKA SAJA!! PERGI MAMPUS KAMU ORANG INDON!!

  18. essi permalink

    Hello sahabatku yang cakap indon orang bodoh, saya tidak terima kamu cakap macam to. hanya satu orang kenapa kamu sebut satu negeri, kamulah orang yang tidak tahu diri, lahir dimana kamu, kenapa kamu jelekan orang sebangsa kamu sendiri, semua orang akan setuju bahwa kamu orang bodoh itu. mau mengatakan orang lain tapi mengatasnamakan satu bangsa.’
    Jangan merasa bangga tinggal dinegri orang jika suatu saat mereka tak mau menerima kamu mau tinggal dimana kamu.lain kali jika kamu pintar pastinya kamu tidak ditipu orang.
    kalau kamu orang pintar, good think, not here place to asking about its, have you not stupid future.

  19. TIdak semua orang Indonesia membenci Malaysia. Apalagi gara-2 produk mobil. Mari bersaing dengan baik. Bagi mereka yang sudah seneng dgn produk Jepang, yach….silahkan pake. Yang seneng pendatang baru,..yach…silahkan juga. Toh, kita sudah pada pintar kok dalam hal memilih kenyamanan mobil. Yang pasti jangan takut sama apapun, termasuk produk baru sejauh kita menyukainya. SO, tidak perlu saling menjelekan. Segala yang kita ambil pasti ada konsekuensinya. Saya sendiri, seneng tuh sama Proton-EXORA, tapi baru seneng dari segi disainnya aja yang ngga monoton. Nah, kalo seneng dari segi desain, artinya itu kan tentang SELERA, yang mungkin qta beda-2. Yang pasti juga, Kapan yach INDONESIA punya mobil sendiri? Kok Jepang yang dah lama produk d kita ngga ‘transfer ilmu’ ke qta yach?? Smoga BRAVO Otomotif MERAH PUTIH.

  20. sena permalink

    ada yg bilang jepang tu emng jagonya
    ada yg bilang malaysia tu gak bisa ap-ap
    emng kita (indonesia) ud bsa ngalahin malaysia ap?
    bsanya ngandalin jepang,eh musti tw ni proton tu emng bukan buatan malaysia tp org malaysia tu mempelajarinya gk cuma diem aj emng si kualitasnya tak sebagus jepang,tp..coba pikir emng mobil buatan kita ud bagus kualitasnya??blom kan??kamu sendiri (indonesia)blom tentu mw membeli buatan negaramu kan? wong pemerintahnya gk mw beli gmn mw maju perindustrian indonesia jika tdk didukung pemerintah,ud deh terima kenyataan aj,jgn gara2 pertempuran hanya gara2 budaya dsb jd tolok ukur masalah 2 negara ni,dikit2 marah klo tetangga mengambil sesuatu dr kta padahal kita gk pernah ngurusin,ngurus diri sendiri aj gk bisa malah ngurusin org lain,mana semangat MERAH PUTIH mu?

  21. ary permalink

    malasyia bisa a cm mencuri punya org.gua malu jd warga malaysia, negara a aja sadakah kampany ingris.

  22. ary permalink

    bua rakyat KL gua malu msk mobil asprt brg rongsokan moto a jg. gua sk org malaysia malu tgl d ngr sdr, contohin dg sprt ngr tetanga sigapura, thailan indonesia, brunai ,and vetnam dlll.

  23. datok syah permalink

    buat football malaysia msk kalah am sriwijaya fc 6 VS 1 slagorFC

  24. Gua mendingan pake Granmax aja daripada pake Exora. Muat banyak. bisa ngangkut orang se-RT. Harga murah… bisa buat cari duit, lumayan… itung-itung buat bayar cicilan, alias modal DP doang…
    Rp15jt cukuplah. Nggak usah bingung.
    Walaupun mesin dari jepang, granmax kan dibuat di Indonesia. Nggak jauh beda sama proton yang mesinnya disokong dari renault.
    Sebenernya orang Indonesia udah dari dulu bisa bikin mobil. lihat saja, anak SMK aja bisa bikin.

  25. Mantap pilihan lo bro

  26. ilzaf permalink

    Saya tak tahu apa masalahnya dengan orang-orang Indonesia. Bercerita tentang kereta (mobil), mereka langsung kaitkan dengan rasa nasionalisme. Pendek kata, apa saja yang berbau Malaysia, hatta kereta sekalipun, dengan mudah menyentuh rasa nasionalisme mereka. Sememangnya ada apa dengan Malaysia sampai kalian iri begini?

    Apa kalian cemburu? Mohon pertimbangannya, negara lain juga punya model kereta yang jauh lebih banyak tersebar di Indonesia, kenapa tak dipermasalahkan? Model dari Malaysia baru mahu bermain dalam pasaran Indonesia, kenapa dipermasalahkan?

    Dan kalian tak sudah-sudah perkecilkan Proton. Harap kalian tahu, proton sekarang tidak seperti dulu. Kalau dulu Proton berdiri di belakang Matshubishi, dari engine sampai design. Sekarang Proton sudah mandiri. Proton kini berdiri di atas kaki sendiri. Proton sudah membangun engine sendiri, CamPro; Proton sudah design model sendiri mulai dari Gen2, Persona, New Saga dan Exora. Semuanya di-design oleh anak-anak Malaysia. Ini satu kejayaan biarpun Proton mulai dibangun dari konsep Terima, Tiru dan Modifikasi, Proton kini sudah 100% buatan Malaysia – saudara serumpun dengan kalian. Tidakkah kalian bangga?

  27. Hanya bbrp orang yang berpendapat seperti anggapan anda itu, jgn digeneralisir seperti itu, buktinya banyak orang Indonesia yang membeli produk proton, oke bro

  28. romy permalink

    sebenarnya mobilnya sih ga masalah, cuma pemerintah kalian itu loh (malaysia) yg suka cari ribut ma kita (indonesia).

    saya yakin banyak orang malaysia yg baik, islami, dsb.
    tetapi tolong lah beritahu pemerintah kalian sekeras2nya untuk tidak mengganggu indonesia.

    saya tahu indonesia sedang terpuruk, ya terpuruk juga karena pemerintahnya. bukan rakyatnya,
    berapa banyak hasil karya kami yg sangat membanggakan..?

    juara olimpiade fisika
    juara bulu tangkis
    mobil tenaga surya
    mobil mini buatan anak SMK
    kereta listrik buatan madiun
    pembangkit listrik tenaga “pup”
    dll

    tapi tidak didukung 100% oleh pemerintah.

    saran saya sesama negara serumpun n mayoritas islam jangan bertengkar apalagi perang.

    itu hanya adu domba asing kepada pemerintah kita (indonesia – malaysia) untuk memecah belah negara kita masing2.
    nah kalo perang mereka tertawa deh.
    berdamailah.

  29. romy permalink

    payah gw ketik komen cape2 malah ga muncul.

  30. Ketik komen kemana bro? Tengok blog gw yg baru jg dong, gustomobil.com

  31. masih tetep avansaaaaa

  32. skyfire permalink

    sama-sama islam..jgn saling bercakaran..
    free palestin..peace no war!

  33. Saudara-saudara sebangsa dan se tanah air…
    Masalah bikin kereta (mobil), di Indonesia itu hanyalah masalah kepentingan dan keuntungan. bukan masalah bisa atau tidak bisa.
    Kita sudah mahir membuat pesawat terbang, bukan tidak mungkin kita juga mahir dalam membuat kendaraan bermotor (motor-mobil).
    Mungkin tetangga sebelah boleh bangga dengan keretanya, kitapun pantas untuk ngiri. Tapi semua itu hanyalah masalah niat baik para petinggi kita. kalau mereka punya keinginan, tekad dan kesungguhan, pasti Indonesia lebih mampu dari tetangga sebelah.
    Memang, merakit mobil jauh lebih mudah dan menguntungkan, bahkan nyaris tidak ada resiko.
    Apalagi hanya berperan sebagai makelar wah… enggak pake modal pun bisa jalan.
    Jadi… selama orientasi para petinggi kita dan para pengusaha kita itu hanyalah keuntungan belaka… yah.. kita masih akan tetap begini.
    Membeli jauh lebih mudah.
    Untuk itu saat ini Indonesia membutuhkan para pengusaha muda yang memiliki tekad untuk memajukan bangsa ini, bukan hanya mencari untung belaka, membuat sistem penjualan yang dilengkapi dengan layanan purna jual dan suku cadang yang mudah didapat. Dudukung oleh kebijakan pemerintah tentang penggunaan mobil produksi dalam negeri dengan pajak rendah. dan didukung lagi dengan segenap warga negara untuk mencintai produksi dalam negeri. Karena selama masyarakat masih menyukai merek-merek impor, maka industri kita tidak akan maju.

    untuk itu negara ini membutuhkan tekad, semangat, dan keseriusan seluruh warga negara. mulai dari pemerintah, pejabat, pengusaha, dan seluruh lapisan masyarakatnya untuk bangkit dan mencintai produksi dalam negeri.

    sekian..
    terimakasih

    Merdeka..!!!

  34. Kepada tetangga sebelah (malaysia) jangan terlalu bangga dulu. Kalian juga harus ingat dari mana kalian berasal. Para raja malaysia itu dulunya adalah para bangsawan dari Indonesia yang mengungsi ke malaka karena dikejar belanda. sedangkan warga malaysia sendiri sebagian besar adalah pendatang dari Indonesia. jadi janganlah kalian menjelek-jelekkan kakak sepupu kalian ini. Memang banyak para babu yang kerja di sana, tapi jangan salah: banyak juga para ilmuwan pintar dan para dosen yang mengajar di sana.
    Malaysia tidak akan memiliki menara petronas kalau tidak ada orang indonesia di sana. bahkan malaysia tidak memiliki budaya apapun kalau tidak ada pendatang dari indonesia.
    coba tengok budaya apa yang kalian miliki? tidak ada. semuanya dari Indonesia. semuanya impor.
    hanya satu yang belum kalian impor: Bendera Merah Putih!!!

    MERDEKAAA!!!!

  35. Masalah perang… dan isyu ganyang malaysiaa… itu hanya propaganda asing yang inginkan kita perang.
    mereka tahu malaysia pasti dibela inggris, maka indonesia akan cari pendukung.
    maka dengan serta merta amerika pasti akan jadi pahlawan memberikan bantuan kepada indonesia.
    dan kita tahu pasti: Natuna pasti sudah diliriknya.
    jadi…
    Hey tetangga..!!!
    janganlah terprofokasi untuk mencuri-curi apapun dari indonesia, karena itu akan mengundang marah bangsa ini. dan ingatlah wahai bangsa Indonesia, tahanlah emosi kalian kalau tetangga sebelah suka mencuri. enggak usah ribut-ribut tangkap saja masukkan bui. enggak usah teriak-teriak macam-macam. nanti banyak orang dengar, lalu dibesar-besarkan.
    dan akhirnya kita harus perang, padahal hanya masalah kecil. masalah maling cukup serahkan kepada polisi. perkuat polisi air kita, polisi hutan kita.
    jangan kita lengah, karena di luar sana banyak yang sedang mengincarnya.

    nah sekarang kembali ke laptop:
    pilih avanza atau exora?
    jawabannya adalah: kedua mobil itu tidak sekelas. seharusnya: Pilih Terios atau Exora?
    nah kalau itu jawabannya saya tahu: kayaknya enakan beli terios. tapi kalau kita bisa bikin sendiri maka enggak usah beli keduanya. beli aja produksi dalam negeri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: