Skip to content

Tangguh Di Tanjakan Nyaman Diturunan

July 7, 2009

Tiga produk andalan PT Nissan Motor Indonesia (NMI), masing-masing MPV Grand Livina, hatchback Livina X-Gear, dan SUV X-Trail sudah tidak asing lagi bagi wartawan otomotif. Bahkan produk yang ditawarkan untuk diujicoba kali ini adalah mobil-mobil yang sudah menempuh perjalanan puluhan ribu kilo meter.

125209

Tapi justru disitulah keunikannya. Jarang ada Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang mengajak para wartawan untuk menguji kembali produk yang sebelumnya sudah pernah diujicoba. Pekan lalu, sekitar 27 wartawan otomotif dari berbagai media cetak, elektronik dan online diundang PT NMI ke Padang dalam sebuah acara ‘Comfort Journey’ 2 – 4 Juli lalu.

Rute yang ditawarkan pun tak tanggung-tanggung, jalur Padang – Bukit Tinggi – Padang, yang sangat terkenal dengan tanjakan dan turunan terjal dengan kelokan-kelokan yang menukik tajam sambil mengunjungi kawasan wisata yang menawarkan pemandangan menarik, seperti Lembah Anai, Lembah Harau, Jam Gadang, Danau Ngarai Sihanok, Lembah Maninjau, Danau Singkarak dan juga Danau Atas Bawah.

Keluar dari Bandara Minang Kabau, secara berkelompok wartawan dibagi ke dalam tujuh unit dari varian Grand Livina ( 1,5 liter dan 1,8 liter), Livina X-Gear, dan All-New X-Trail (2.0 l manual dan 2,5 X-Tronic). Saya  bersama tiga jurnalis lain kebagian  All-New X-Trail  (2.0 l) matik.

NISSAN_PADANG_2_004

Rombongan langsung diarahkan ke rumah makan Lamun Ombak. Usai makan siang, setelah brifing mengenai rute yang akan ditempuh, acara Comfort Journey dilanjutkan ke Lembah Anai  terus ke  Padangpanjang,  Bukittinggi, Payakumbuh, Lembah Arau dan kembali ke Bukittinggi.

Rute menuju Lembah Anai terbilang normal, tanjakan dan tikungan berkelok-kelok tak memerlukan trik khusus untuk memacu All New X-Trail 2.0 l, cukup dengan persneling D, SUV berwarna merah ini pun  melaju lincah di atas aspal. Namun, saat menuju Padangpanjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Lembah Arau dan kembali ke Bukittinggi, kalau hanya mengandalkan posisi D,  X-Trail seperti tak bertenaga. Pada saat menemukan kondisi seperti itu, pengemudi bisa memanfaatkan  fasilitas M-Mode, dengan memindahkan shifter layaknya mobil bertransmisi manual. Tanjakan panjang dan tikungan tajam serta jalan berkelok-kelok pun dengan mudah dilahap melalui permainan perneling 2 dan 3 dengan sesekali menggunakan gigi 1.

Bahkan saat melakukan stop and go di tanjakan,  X-Trail bisa melaju tanpa hambatan,  sambil menikmati pemandangan di kiri kanan jalan, sungguh menyenangkan. Tapi ketika mobil-mobil di depan terseok-seok bahkan tak jarang mendadak berhenti, tarik rem tangan, pindahkan ke posisi N, setelah mobil di depan mulai melaju tinggal memidahkan ke  posisi D dan langsung beralih ke M-Mode kembali. Wussh,…X-Trail Xtronic CVT dengan mesin 2.000 cc-nya akan melaju dengan kencang.

NISSAN_PADANG_025

Tak terasa perjalanan pada hari pertama sudah menempuh jarak sekitar 190 km dengan rute dimulai dari bandara Minangkabau, Padang, menuju Lembah Anai, Padangpanjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Lembah Arau dan kembali ke Bukittinggi bermalam di The Hills, Hotel.

“Semua unit yang dipakai hari ini (Red) memang sudah pernah dicoba wartawan tahun lalu.  Justru, kami ingin memperlihatkan atau membuktikan, semua produk Nissan punya daya tahan tinggi. Kenyamanan tetap prima sekali pun sudah  dipakai cukup lama,”  jelas Teddy Irawan, Direktur Marketing NMI sebelum makan malam di  The Hills Hotel, Bukittinggi, Kamis malam (2/7) lalu.

Teddy yang ikut dalam rombongan test drive bersama Presdir NMI, Takayuki Kimura mengendarai Nissan X-Trail 2.5 l X-Tronic, mengatakan meskipun semua varian yang diuji coba sudah menempuh jarak puluhan ribu kilo meter, namun performa dan kenyamanannya tidak jauh berbeda dengan Nissan keluaran terbaru. “Kami memang ingin membuktikannya, karena itu kami mengajak wartawan untuk mencoba kembali produk yang sudah pernah diuji coba pada tahun lalu,”  kata Teddy.

NISSAN_PADANG_027

Dari pengalaman berkendara selama dua hari bersama Nissan, para wartawan sepakat disamping kenyamanan dan performanya terbilang prima, semua unit yang dipakai termasuk irit dalam mengonsumsi bahan bakar. Padahal, gaya menyetir sebagian besar wartawan termasuk sangat agresif bahkan cenderung ‘brutal’ tak peduli di jalanan sempit atau  lalu lintas ramai bahkan saat menanjak atau menurun, pedal gas selalu diinjak dalam-dalam. Kecepatan rata-rata bisa di atas 100 km per jam. Belum lagi saat kejar-kejaran di trek lurus menuju Lembah Harau, Danau Singkarak dan Danau Atas Bawah,  posisi jarum speedometer bisa mendekati 140 km per jam. Bahkan Grand Livina yang dikemudikan jurnalis dari sebuah tabloid jauh lebih kencang.

Dalam hitungan kasar,  saat dipakai di luar kota, rata-rata konsumsi bbm X-Trail 12 km per liter, kalau pedal gas di bejek  terus-terusan  di jalur menanjak bisa lebih boros menjadi sekitar 9,5  km per liter.

Melalui total perjalanan sejauh 400 km,  Nissan memang memberikan bukti bahwa meski termasuk produk lama, namun semua kenyaman yang dirasakan para jurnalis tak berbeda jauh ketika mencoba produk yang sama pada saat masih dalam hitungan ratusan kilo meter.

From → Auto News

3 Comments
  1. dhika678 permalink

    nih baru asik…………….

  2. Dudenz permalink

    Terbukti Grand Livina memang tangguh, responsif, irit dan tentunya nyaman…Pulang pergi Pulau Sumbawa – Jakarta plus nyebrang laut 3 kali dengan muatan penuh yang menempuh jarak sekitar lebih dari 3000an km dengan berbagai kondisi jalan Grand Livina tetap tangguh dan nyaman…dan iritnya minta ampun sekali jalan Sumbawa-Jakarta sekitar 1600an km hanya ngeluarin duit 400rb buat beli bensin..alias nyentuh ke 1liter untuk 18km….NISSAN GRAND LIVINA MEMANG OK!!!!

  3. Wah! asyik tuh pengalamannya bro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: