Skip to content

Avanza 1.3L A/T, Irit dan Gesit di Tanjakan

November 29, 2009

PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar acara Avanza G A/T journalist test drive tour selama dua hari, 25 – 26 November 2009 dengan rute melalui jalur puncak menuju lokasi tujuan Bandung. Mengapa Toyota memilih rute yang terkenal dengan tanjakan dan turunan terjal serta berkelok-kelok itu?

Rute puncak sengaja dipilih untuk menunjukkan ketangguhan dan kelincahan Avanza otomatis. “Kalau yang lain menghindari puncak, kita justru memilih rute yang terkenal dengan jalanan mendaki dan berkelok-kelok, karena kami ingin jurnalis dapat merasakan langsung kelebihan mesin Avanza baru ini,” ujar Rouli Sijabat Public Relation Head TAM.

Avanza G A/T Test Drive Tour diikuti 31 wartawan dari berbagai media cetak maupun elektronik ini dilepas resmi oleh General Manager (GM) Marketing TAM, Widyawati.

Menurut Widya, Avanza 1.3 otomatis ini diluncurkan Toyota atas permintaan pasar. Rupanya, banyak konsumen yang meminta TAM mengeluarkan  Avanza 1.3 versi matik. “Sepertinya para konsumen Toyota sudah nggak kuat menembus kemacetan ibu kota dengan kendaraan manual. Mereka ingin mengistirahatkan kaki kiri di situasi kota yang macet,” tutur sosok yang akrab disapa dengan mbak Wid ini.

Sebelum mengikuti sesi ‘Toyota Avanza Journalist Test Drive Tour, para jurnalis diberikan ’kuliah’ singkat mengenai transmisi otomatis yang terdapat di mobil Toyota Avanza G A/T 1.3 oleh Iwan Abdurahman, Technical Service Department PT TAM. Ada juga pembekalan cara mengemudi dengan aman oleh Direktur Utama Indonesia Defensive Driving Centre (IDDC) Bintarto Agung.

Setelah makan siang, rombongan pun meluncur dengan sembilan mobil Toyota Avanza G A/T 1.3  masing-masing diisi tiga sampai empat orang dalam setiap mobil. Mengambil rute tol dalam kota dan dilanjutkan ke tol Jagorawi, mobil pun dipacu dengan kecepatan ideal 60-80 km/jam.

Selepas tol, medan yang jauh berbeda dirasakan para jurnalis dengan Avanzanya masing-masing. Di jalur menuju Puncak yang menanjak dan berkelok-kelok, para jurnalis yang secara bergantian berada di balik kemudi,  kudu rajin memindah-mindahkan transmisi dari posisi D (drive) ke 3, atau 2 sesekali berada di posisi L saat menaklukkan berbagai variasi tanjakan.

Apa yang terjadi, kalau transmisi dipantek di drive? Avanza akan melambat dan langsung  disalip  mobil-mobil yang berada di belakang. Saat-saat seperti inilah pentingnya memahami karakteristik mobil matik. Beruntung para jurnalis bisa langsung mempraktekkan kuliah singkat yang disampaikan TAM sebelum berangkat tadi.  “Cukup handal untuk sebuah mesin 1.3 dengan transmisi otomatisnya melahap tikungan-tikungan tajam dan berkelok-kelok,” cetus seorang jurnalis yang berada  di balik kemudi.

Menjelang Puncak Pass, rombongan beristirahat di café Melrimba. Agenda istirahat kali ini diisi dengan mengambil gambar untuk mengikuti lomba foto yang digelar PT TAM.

Lepas dari Puncak Pass, kontur pegunungan di sepanjang jalur menuju Padalarang yang melewati Cipanas dan Cianjur membuat pengemudi kembali memindah-mindahkan transmisi untuk memperingan kerja mesin. Lagi-lagi tak ada masalah, kalau anda sudah terbiasa bermain dengan transmisi otomatis. Begitu juga bagi yang belum terbiasa, jangan ragu memindahkan dari posisi drive (D) ke 3 atau 2.

Menjelang magrib seluruh peserta tiba di <i>Hotel Mason Pine</i> yang terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung. Setelah beristirahat, para jurnalis diajak kembali menjajal kenyamanan mobil Avanza G A/T 1.3 di kota Bandung menuju tempat makan malam di Maxi’s Resto.

Waktu makan malam diisi dengan sambutan dan berbagai penjelasan dari Direktur Pemasaran PT TAM Joko Trisanyoto, tentang Avanza mulai dari penjualan hingga nilai jual kembali yang hingga saat ini tetap stabil.

Tidak hanya menikmati Bandung di waktu malam, para wartawan di bawa lagi memasuki kota Bandung pada pagi hari untuk berberlanja. Macet di tengah kota bukan lagi sebuah masalah. Kaki kiri ngak perlu lagi bergerak secara aktif  bahkan total diistirahatkan. Apalagi, konsumsi bbm-nya terbilang irit. Siapa takut!

Setelah makan siang, jalur tol Cipularang menjadi rute selanjutnya yang harus dilewati. Kesempatan untuk memacu kecepatan yang tertunda di jalur Puncak, bisa terpuaskan di sini. Tapi, bagaimana kondisi mobil menghadapi jalur yang terkenal dengan bumpy-nya itu. Kumaha engke’!

Cuaca selepas jalan Pasteur menuju Cipularang lumayan bersahabat. Nah!  keliatannya, sudah pada mulai tancap gas nih! Weleh-weleh, Avanza sempat digeber lebih dari 100 km/jam. Terasa ada yang mengganggu, ahh! suara mesin masuk ke dalam ruang kabin. Mobil pun sempat limbung saat berada di jalur bumpy, kecepatan pun terpaksa dikurangi.

Siapa pun maklum, kalau jalur Cipularang terutama menuju Jakarta banyak yang bergelombang. Resiko menggunakan mobil dengan cc di bawah 1.500 jauh lebih terasa dibanding mobil di atas 2000cc.

Sebelum tiba di Jakarta, di <i>rest area</i> Cikampek km 42, para wartawan coba menghitung-hitung konsumsi bbm Avanza. Rata-rata  1 berbanding 10 atau 1:11. Cukup ideal untuk sebuah mobil  bertransmisi matik dengan mesin 1.300cc. Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk memiliki Avanza matik ini?

Toyota memberikan  fasilitas garansi selama 3 tahun atau 100.000km, bebas biaya jasa servis berkala hingga 50ribu km atau 2 tahun,  didukung kelengkapan layanan dan suku cadang  di seluruh Indonesia. Pelanggan juga dapat memanfaatkan kemudahan akses informasi Toyota seperti M-Toyota, Toyota Mobile Web, maupun Call Center 24 jam.

Ada  7 pilihan warna yang keren-keren seperti, (Silver Metallic, Champagne Metallic, Wine Red, Drak Grey, Black Mica, Aqua Metallic, Light Green Metallic).


NEW AVANZA E 1.3 MANUAL 132.100.000
NEW AVANZA G 1.3 MANUAL 146.550.000
NEW AVANZA G 1.3 AUTOMATIC 156.550.000
NEW AVANZA S 1.5 MANUAL 159.500.000
NEW AVANZA S 1.5 AUTOMATIC 169.500.000

From → Auto News

2 Comments
  1. rully permalink

    beli ah :))

  2. aden permalink

    banten -bandung-cirebon
    test avanza e matic lumayan tangguh di cadas pangeran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: