Skip to content

India Jagoan Bikin Mobil Murah

January 11, 2010

India kini muncul sebagai pemimpin baru dalam penjualan mobil kecil dan murah,  menyalip Jepang. Kalau negeri Sakura jagoan memproduksi mobil-mobil kecil, Negeri Bollywood tak hanya mampu menciptakan mobil kecil tapi juga murah. Itulah hebatnya India.

Tata Nano adalah buktinya. Mobil yang dirancang sebagai city car ini dilaunching dalam Auto Expo Januari 2008 di Pragati Maidan India. Mobil termurah ini dibandrol $2.500 atau sekitar Rp 24 jutaan. Publik dunia gempar, tak terkecuali Indonesia.

Kini, dua tahun setelah Tata Nano dilaunching dan laku keras di India, di tempat yang sama  ‘New Delhi Auto Expo’  (NDAE) 2010 di Pragati Maidan, New Delhi, 5 – 11 Januari malah menjadi ajang ‘perang’ mobil murah dengan munculnya kendaraan kecil alias compact. Toyota, Honda, termasuk Tata Motors ingin menggeser kekuasaan Maruti Suzuki sebagai raja mobil kecil di India lewat sebuah produksi Etios, Honda New Small Concept, dan Aria.

Etios diprediksi akan mengalahkan popularitas Tata Nano, saat resmi diperkenalkan ke depan publik, Selasa (5/1). Toyota India optimis mampu mencapai target penjualan 70.000 unit per tahun melalui 150 dealer Toyota di India. “India akan berperan penting terhadap penjualan global Toyota dan pada saat inilah kami akan memulai strategi pasar untuk mengdongkrak pangsa pasar di India,” ujar Vice-Chairman Toyota Kazuo Okamoto.

Etios dikembangkan oleh 2.000 mekanik Toyota selama empat tahun. Mesin yang dipakai berkapasitas 1.2 liter (versi hatchback) dan 1.5 liter (versi sedan). Selain diproduksi di India, model ini juga akan dibuat di Brazil. Pasarnya, selain India, juga Russia dan Afrika Selatan. Etios dibandrol dibawah US$ 10.000 atau Rp 100 juta

Honda juga tak mau kehilangan pasar. Pada hari yang sama, mobil berlogo huruf H ini membuka selubung mobil misteriusnya, Honda New Small Concept yang akan dipasarkan secara massal tahun 2011. Honda New Small Concept, menggunakan platform yang lebih lebar dengan titik pusat gravitasi di bagian tengah mobil untuk menampung lima orang di dalam kabin. Dengan desain Efficient Energetic Exterior, mobil ini menunjukkan karakter nuansa masa depan yang futuristik. Mobil ini juga nantinya akan dipasarkan di Thailand.

Bagaimana dengan Tata Nano? Setelah menuai kritikan sejumlah konsumen Tata Nano, membuat Chairman Tata Motors Ratan Tata bekerja ekstra, memutar otak. Di ajang New Delhi Auto Expo  yang masih berlangsung hingga besok (11 Januari)  Ratan memulai strategi mobil murah dari bentuk mini menjadi kendaraan penumpang (MPV) meski tidak compact. Ratan memperkenalkan kepada publik  India, Tata Aria. Mobil yang mirip dengan Kijang Innova ini merupakan kombinasi multi-utility dan sports utility vehicle (SUV).

Mobil ini nantinya akan mengusung mesin 2.2L Direct Injection Common Rail (DICOR) diesel yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 140 ps dan torsi maksimum 320 Nm. Aria juga nantinya akan tersedia dalam varian 4×4 alias all-wheel drive.

Tata Aria mulai diproduksi awal kuartal kedua. Aria memiliki fitur 3D surround sound, dimming roof lamp, in-dash built in GPS, multifunctional steering wheel, dual air conditioning with automatic climate control, dan cruise control. Untuk varian teratas, Aria akan dilengkapi dengan enam airbag dan ESP.

Melalui Aria, Tata Motors tak hanya mampu memproduksi mobil murah, tapi juga mobil dengan teknologi terkini, sebagaimana Jepang.  Dengan demikian, persaingan industri otomotif di India yang  memiliki pasar otomotif dengan pertumbuhan tertinggi di dunia ini akan semakin ketat tahun ini. Penjualan mobil di India tahun ini diperkirakan mencapai 3 juta unit. Itu berarti, pertumbuhan tahunan mencapai 61%.

Saat ini, separuh pasar mobil India dikuasai oleh Maruti, anak perusahaan Suzuki. Maruti menargetkan penjualan produk di 2009 mencapai satu juta unit, atau meningkat 10% dari tahun lalu. Maruti tampaknya harus bekerja keras untuk mempertahankan posisinya berhadapan dengan dua pemain besar dari Jepang yang juga sudah mulai menjual mobil murah, disamping Tata Motors. kaca pada keseriusan tiga merek ini yang berambisi melengserkan pemimpin pasar otomotif.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: