Skip to content

Rush dan Terios 2011 Tawarkan Berbagai Kelebihan

October 7, 2010

 

Hebat! baru saja di launching, produk kolaborasi Daihatsu dan Toyota, Rush dan Terios 2011 sudah banyak yang pesan. Waktu tunggu hingga delivery bisa dua hingga tiga bulan.

Konsumen sudah melakukan pemesanan Rush dan Terios jauh hari sebelum kedua produk ini dilaunching, sebut sumber di Daihatsu dan Toyota. Berapa jumlah pemesanan kedua produk tersebut, sumber di dua agen tunggal pemegang merek masih enggan menyebutkan angka yang pasti.

Daihatsu Terios dan Toyota Rush 2011 yang sudah mengalami facelift memang tidak mengalami banyak perubahan dibanding versi pendahulunya. Keduanya, sama-sama menawarkan pilihan warna baru.

Toyota Rush, contohnya. SUV 5-seater ini tersedia dalam 4 varian (S AT, S MT, G AT, G MT) dengan 4 warna baru (white, maroon mica metallic, champagne metallic, dark grey) melengkapi dua warna sebelumnya silver mica metallic dan black mica.

Banderol yang ditawarkan Toyota adalah Rp 193,2 juta (G MT), Rp 204,2 juta (G AT), Rp 203,3 juta (S MT), Rp 218,4 juta (S AT). Jika ingin menambah bangku baris ketiga harus menambah uang sebesar Rp 1,7 juta.

Melihat tampilannya,  Rush tidak berbeda jauh dengan kembarannya, Daihatsu Terios. Rush 2011 mengalami perubahan pada desain grille, bumper depan dan belakang serta lampu belakang dengan mica clear. Tampilannya semakin macho dengan desain baru velg alloy model lima-spoke  16?.

Ruang kabin dalam nuansa mewah dan modern ditonjolkan pada audio yang telah terintegrasi dengan dashboard, serta sentuhan krom di meter cluster, shift knob dan lingkar panel AC.

Lingkar kemudi dilengkapi dengan switch audio control. Penyempurnaan juga menyentuh pada sistem kemudi yang menggunakan Electric Power Steering (EPS) sehingga lebih nyaman. Transmisi otomatis sudah dilengkapi dengan shift lock sehingga memudahkan juru parkir mendorong mobil ketika parkir paralel.

SUV lima penumpang ini juga mengalami  revisi pada suspensi belakang yang berguna untuk menjaga stabilitas mobil.

Pada peranti keselamatan Rush lebih baik dari Terios dengan dua airbag di depan serta corner sensor (tipe S AT) untuk melengkapi sensor parkir.

Anti-jam Protection Window diaplikasi guna menghindari tangan Anda terjepit jendela ketika ditutup.

Perbaikan eksterior, intrerior dan sistem kemudi tidak diikuti sektor dapur pacu. Rush masih mengandalkan mesin 1,5 liter dengan tenaga 108 hp pada 6.000 rpm dengan lemparan torsi  146 Nm pada 4.400 rpm.

Sementara Daihatsu Terios, juga menawarkan berbagai kelebihan.  Melalui berbagai  inovasi, Daihatsu Terios 2011 yang baru diluncurkan, Selasa (5/10) jauh lebih irit dari pendahulunya. Astra Daihatsu Motor (ADM),  mengklaim  penghematan bahan bakar  Terios facelift ini mencapai hingga 6 persen dibanding versi sebelumnya.

Menurut  Pradipto Sugondo, Head Executive Product Development Division PT ADM, Daihatsu telah melakukan sejumlah inovasi. Terios terbaru ini, kata dia, telah menggunakan Electronic Power Steering (EPS) sehingga pengendalian mobil lebih ringan, itu sebabnya bahan bakar yang digunakan juga semakin kecil.

“Dengan semakin iritnya bahan bakar itu, maka Terios baru ini akan menjadi value maker, karena mobil ini terbukti memiliki value for money sangat tinggi di kelasnya,” tambah Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM, di sela peluncuran New Terios di Gunung Putri, Bogor.

Sumbangan peranti itu terhadap penurunan konsumsi bahan bakar, kata Pradipto, mencapai 2 persen. “Atau sekitar 30 persen dari total peningkatan penghematan bahan bakar oleh Terios generasi baru yang mencapai 6 persen tersebut,” terang dia.

New Terios juga menggunakan termostat peranti pendingin ruangan (AC) yang tidak cepat on. Sehingga, bahan bakar yang disedot untuk mengaktifkan peranti itu juga semakin kecil.

“Kami juga menambahkan isolator packing yang berupa busa di antara radiator, mesin, dengan kompressor. Sehingga, kerja kompressor Ac semakin ringan dan bahan bakar yang disedot juga semakin sedikit,” papar Pradipto.

Terobosan lainnya, meningkatkan tekanan ban. Seiring peningkatan tekanan itu, maka tingkat rolling resistance ban juga semakin rendah, sehingga laju mobil semakin ringan dan bahan bakar yang dikonsumsi semakin sedikit. Ubahan lain tak kalah menarik adalah tampilan di eksterior, serta tata ruang dan fitur baru di interior.

Pada bagian luar, gril, bemper, lekukan di kap mesin kini menggunakan desain baru. Di bagian buritan tampilan lampu rem yang sebelumnya berbentuk lingkaran kini diubah menjadi kotak. “Bentuk lampu itu mengadopsi bentuk lampu yang digunakan oleh SUV premium,” sebut Amelia Tjandra.

Bentuk palang pelek dari bahan alloy pun tak luput dari sentuhan perubahan. Kini palang itu terkesan lebih tegas dengan penonjolan pada garis-garis sudut pinggir. Masih di bagian kaki-kaki, Daihatsu menyempurnakan peranti sistem suspensi. Coli Spring dan shock absorber kini disempurnakan.

Di bagian interior, ubahan tampilan terlihat pada meter cluster yang kini dibingkai garis berlapis krom. Peranti sistem kontrol audio kini diletakkan di lingkar kemudi, sehingga memudahkan pengemudi mengoperasikan head unit.

Tingkat kebisingan di bagian kabin Terios baru itu juga semakin kecil. Bila sebelumnya 73 disibel (db), kini menjadi 71,8 db. Kapasitas ruang kabin juga semakin besar karena sebagian kursi di bagian kedua bisa dilipat sempurna, begitu pula kursi baris ketiga.

“Tetapi meski bertambah fitur dan serangkaian perubahan, namun kenaikkan harganya hanya Rp 1,4 – 2,5 juta,” tandas Suparno Jasmin, Chief Executive Astra International – Daihatsu Sales Operation.

Daihatsu melepas Terios TS MT dan TS AT dengan harga Rp 155,4 juta dan Rp 169,1 juta. Sedangkan Terios TX AT dan TX MT dibanderol Rp 194,6 juta dan Rp 183,7 juta.

Selain itu,  konsumen juga disodorkan dengan empat warna baru, yaitu ; sand gold, royal red, icy white, dan noble grey.

From → Auto News

4 Comments
  1. ellen permalink

    cewek cucok ga’ ya pake rush…

  2. wah! keren dong, apalagi klu gaya lo sedikit tomboy plus kacamata hitam, dijamin cowoq yg liat bakal kelojotan, klu mau hubungi gw aje

  3. henny permalink

    kalo mo d cicil dpnya brp ya

  4. burhan permalink

    kalo ada yang butuh produk daihatsu untuk wilayah KEPULAUAN RIAU,silahkan hubungi.
    081364967845.BUR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: