Skip to content

Kenyamanan Luxio Terganggu Jalanan Bergelombang

May 26, 2009

2

Sudah lama juga tidak melakukan perjalanan ke Bandung pulang pergi. Tapi, kali ini saya harus melakukannya lagi, karena kesibukan di Jakarta. Tentu saja, perjalanan ke Kota Kembang kali ini bukan piknik, melainkan ingin menjenguk orang tua teman yang sedang sakit.

Hari Minggu pagi, saya dan keluarga berangkat ke Bandung menggunakan Daihatsu Luxio varian X-AT bermesin bensin dengan transmisi 4 speed matik. Lepas dari kemacetan di Kawasan Cinere, mobil langsung diarahkan ke Jalan Tol TB Simatupang. Setelah membayar tiket, Luxio berwarna Biru Tua ini pun langsung digeber.

Wuih! Kesan pertama begitu menggoda. Pedal gas terus diinjak, tau-tau spedometer sudah mendekati 100 km/jam. Sekalian ingin membuktikan ucapan beberapa teman, katanya, Luxio kalau digeber di atas 100 km/jam mulai terasa goyang. Injakan pedal gas terus ditambah, memasuki tol Cikunir kecepatan sudah mencapai 120 km/jam dan Luxio tetap nyaman dikendarai. Malah sempat menyalip Alphard dan beberapa bus.

Nggak goyang, tuh! Apalagi saat melaju di Jalan mulus Tol Cikunir, kecepatan Luxio berada di 140 km/jam. Benar-benar nyaman. Ditemani Gen FM yang mengalunkan suara bening Peter Pan dari head unit Double DIN R/T+CD dengan MP3, perjalanan ke Bandung terasa semakin menyenangkan. Keluarga yang duduk di baris kedua pun terlihat enjoy karena Luxio memiliki ruang interior yang lega mengambil konsep Innovatif Space. Tak hanya itu, Luxio juga dilengkapi dengan AC double blower (varian M, X), sliding seat di baris kedua (varian M, X), in-dash transmission, headrest di semua kursi, armrest di baris kedua dan ketiga, console box dan utilitas tinggi dengan total 30 buah tempat penyimpanan barang. Keluarga saya dan mungkin juga keluarga Anda bisa mengatur suhu udara sesuai dengan keinginan mereka.

Duduk di belakang kemudi, dengan jarak pandang yang cukup luas terasa nyaman meski setir tidak bisa disetel. Tuas persneling yang berada di tengah dasbor mudah dicapai. Pengoperasiannya dengan menggeser tongkat maju-mundur. Namun perpindahan transmisi dari P-R-N-D–L-2 terutama di malam hari karena bagian ini tidak terlihat sama sekali, baik huruf maupun garis posisi. Selain itu, ukuran pedal gas dan rem terlalu kecil. Padahal, untuk matik, keduanya sangat penting. Bagian yang dirasakan cukup mengganggu adalah posisi cantolan sabuk pengaman di pilar pintu yang terlalu tinggi. Ini engemudi maupun penumpang, sabuk pengaman posisi menahan berada dekat leher atau di atas bahu.

Terlepas dari kekurangan itu, Luxio menurut saya cukup nyaman. Apalagi, Luxio kini dilengkapi dengan suspensi terbaru dan new stabilizer yang didesain khusus guna menciptakan kenyamanan lebih dan stabilitas berkendara yang prima. Inilah yang membuat Luxio serasa ‘Alphard’. Sedangkan untuk fitur keselamatan, Luxio dibekali dengan safety belt hingga kursi penumpang baris ketiga serta Anti-lock Braking System (ABS) pada varian M, X sebagai optional (plus Rp. 3 juta). Anda tidak perlu khawatir dengan keluarga yang duduk di baris kedua atau ketiga, mereka semua sudah memakai seat belt.

picture_259

Namun, kenyamanan saya dan keluarga agak terganggu saat Luxio melaju di Tol Cipularang, terutama di jalur yang masih berlapis rigid beton. Suara berisik dan bergemuruh yang masuk ke dalam ruang kabin lumayan mengganggu. Goncangan lumayan terasa di jalan bergelombang. Namun, gangguan itu lenyap ketika melaju di jalan beraspal mulus. Laju Luxio terasa melambat begitu menapak dijalanan menanjak.

Pedal gas coba diinjak lebih dalam, tapi saudara Gran Max ini tetap loyo. Saya coba menekan tombol overdrive (OD) yang berada di tongkat persneling dengan jempol kiri. Indikator pada panel instrumen menyala, dan pada saat yang bersamaan kecepatan Luxio pun bertambah. Lumayan, bisa menyalip mobil-mobil lain yang nggak kuat nanjak.

Tiba di Bandung, Luxio menjadi pusat perhatian. Terutama pada waktu antri membayar tiket di gerbang Tol Pasteur. Beberapa pengemudi sengaja membuka kaca jendela sambil memandang Luxio. “wah! liat tuh orang-orang lagi memperhatikan Luxio,” kata saya kepada keluarga.

Luxio memang hadir dengan desain mewah dan eksklusif setara MPV kelas premium. Mengambil platform Daihatsu Gran Max, MPV ini tampil trendy dengan lampu dual multireflector dengan dilengkapi turning lamp LED, semi-bonnet desain dan rupa front grille mewah di bagian depan. Bagian depannya yang pendek menunjang radius putar pendek yakni 5,2 m guna memudahkan Luxio dalam aktivitasnya sehari-hari.

Di bagian belakang, tampilannya mengingatkan orang pada Toyota Alphard, hadir dengan kaca dan desain lampu belakang melebar plus high mount stop lamp yang menjadi standar varian tertinggi X. Body mobil yang berbentuk boxy dengan long wheel-base diklaim Daihatsu paling stabil di kelasnya.

4

Penggunaan double wedge windows pada kedua sisi Luxio serta retractable mirror sewarna body akan mempermudah pengemudi melipat spion saat melewati jalan kecil atau parkir di tempat sempit. Luxio juga menawarkan kenyamanan dan kemudahan saat keluar masuk mobil melalui sliding door di kedua sisi.

Sementara untuk urusan dapur pacunya, Luxio dibekali dengan mesin yang sama dengan Daihatsu Terios , yakni 1.500 cc 3SZ-VE 16V DOHC VVT-i. Mesin ini terbilang irit, Daihatsu mengklaim Luxio dapat menempuh 9,7 km / 1 liter dengan transmisi manual dan 9,1 km untuk transmisi matik. Namun dengan gaya menyetir sidikit agresif, Luxio matik bisa menghabiskan 1 liter untuk jarak tempuh 8,5 km lebih.

Produk CKD (Completely Knock Down) yang memiliki komposisi 87 % komponen lokal ini dipasarkan dengan harga on the road Jakarta Luxio D MT Rp 136 juta, Luxio M MT Rp. 146 juta, Luxio X MT Rp 151 juta dan Luxio X AT Rp 162 juta. Daihatsu Luxio tersedia dalam enam pilhan warna, yaitu Classic Silver, Sonic Blue, Midnight Black, Sand Gold, Crypton Green, dan Meteor Grey. Selesai menjenguk orang tua teman di Baromeus dan makan malam di sebuah café di Jalan Taman Sari, Luxio pun diarahkan kembali ke Jakarta.

From → Auto News

13 Comments
  1. merry rossari permalink

    Bagaimana caranya untuk memiliki Luxio bagi orang yang gak punya duit? (penghasilan rata-rata lah….) 🙂

  2. Klu penghasilan rata-rata, misalnya rp10 juta per bulan pasti bisalah. Di Daihatsu kan ada kredit bayar suka-suka kamu

  3. Kata Salesnya ini Mesin bisa 1lt/12-13km yang bener yang mana boss?

  4. Itu tergantung bagaimana gaya ente nyetir bro, klu kecepatan rata2 80km/jam bisalah dpt seperti yg salesnya blg, tp klu nyetirnya agresif, salip kiri, kanan yah seperti yg gw blg…oke bro

  5. maman permalink

    aq ingin memiliki Luxio X AT usaha q produksi dan jual busana muslim / kerudung. tapi usaha q baru status akte belum puya siup, TDP dll. apa bisa memiliki luxio ini? trus DPnya harus berapa dan cicilan perbulannya berapa?

  6. Di Daihatsu ada kredit sesuka suka kamu, uang muka dan cicilan bayar sesukamu…..

  7. maman permalink

    Berapa DP minimum nya… trus cicilan sampai berapa lama? bisa ga kalo 5 tahun?

  8. maman permalink

    trus saya mesti menghubungi siapa?…

  9. maman permalink

    saya ingin menayakan. mobil luxio biar tidak keras pernya gimnana….? kalo nyetir badan pegel-pegel. apa ada sotbeker yang lebih nyaman?

  10. Bro menurut informasi ente bisa datang ke bengkel per Ceper Baru milik Alex Karnadi di bilangan H Nawi Raya Jakarta selatan. Katanya, dia punya jurus jitu ngempukin per luxio biar rasanya kayak sedan

  11. maman permalink

    kalo di bandung ada ga? aq kurang paham jakarta tuh…

  12. @Jauhari
    Tergantung lintasan yang dilalui juga bro, kalau di test jam 17.00 dari kuningan, trus lewat pasar jatinegara pasti gak akan tercapai 1l-12km, karena lalu lintas padat merayap. Kalau mau lebih irit lagi, pakai livina, di jalan tol cikampek-jakarta 90km dapat ditempuh 95.4km cukup mengisi bensin 3,975 liter. Dengan kec berkisar 80-100 kpj, rpm dijaga tidak melewati angka 3000rpm.
    info lebih lanjut Steve-08121530000

  13. tulisan diatas maksudnya 95.4km

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: