Skip to content

Enam Keunggulan Honda Freed

July 1, 2009

_Z2O7195

Honda Freed yang diluncurkan secara resmi di Jakarta, awal pekan ini menawarkan berbagai keunggulan yang di klaim Honda tidak dimiliki MPV konvensional yang ada di Indonesia. Apa saja yang diunggulkan Freed?

It’s A New Style

Honda Freed tampil dengan  desain yang jauh berbeda dari bentuk konvensional MPV yang ada di Indonesia melalui konsep Triangle Square. Artinya, dengan bentuk segitiga di bagian depan akan membantu meningkatkan aerodinamika sehingga menghasilkan kenyamanan berkendara sekelas sedan. Sedangkan bagian belakang berbentuk kotak yang menghasilkan kabin terlapang di kelasnya.

Melalui konsep Curving Art Surface memberikan sentuhan artistik pada bodi Honda Freed, dengan garis dan lekukan yang menekankan siluet kemewahan sekaligus ikut membantu memberikan aerodinamika yang lebih baik.

Desain grill depan yang tegas dan tarikan sudut lampu depan membuat kesan lapang. Dari sisi samping, garis dinamis serta lekukan-lekukannya membuat permukaan lebih stylish dan berkarakter.

Motif lampu belakang yang modern memberikan kesan lebar dan mantap. Dengan wheelbase 2740 mm Honda Freed dapat melaju lebih stabil dan lincah dengan radius putar hingga 5.2 m.

Tampilan eksterior Honda Freed dilengkapi dengan micro antenna serta velg alumunium yang berukuran 15 inci dengan desain sporty dan mewah.

_Z2O7976

It’s a New Space

Sebagai mobil 7 penumpang, Honda Freed sangat tepat untuk keluarga. Interior Honda Freed dibagi dalam beberapa zona, ruang duduk bagian depan yang lega serta instrumen panel yang memberi kesan luas dan mudah dijangkau oleh pengemudi. Baris kedua yang nyaman,lega, dan mewah serta baris ketiga yang multifungsi, dapat digunakan untuk penumpang dan bagasi.

Ketiga baris tempat duduk di dalam Honda Freed dengan sangat mudah dapat diakses berkat konsep desain Walk-Through Cabin, yang memungkinkan penumpang bebas berpindah tempat duduk dengan nyaman tanpa halangan.

Sandaran kursi dirancang lebih tebal di bagian depan sehingga penumpang dapat duduk dengan nyaman. Sementara bagian belakang kursi dibuat lebih ramping untuk memberikan jarak lutut yang lebih lega bagi penumpang yang duduk di belakangnya.

Bangku baris ketiga dapat dilipat dengan sistem Lift-Up untuk memberikan beragam pilihan kapasitas bagasi, yaitu 142 liter dengan 7 penumpang hingga kapasitas total 672 liter dengan 4 penumpang (berdasarkan metode VDA). Kapasitas tersebut dapat menampung hingga sebanyak 4 buah tas golf berukuran besar dengan posisi berdiri.

Bukaan pintu bagasi dengan ketinggian 1.850 mm memungkinkan untuk mengambil atau memasukan barang ke dalam bagasi dengan lebih nyaman, tanpa harus menundukkan badan.

Melengkapi fungsi penyimpanan pada Honda Freed, tersedia juga sebanyak 7 buah cup holder serta berbagi tempat penyimpanan lain seperti illuminated center tray, glove box, center lower box, door pocket, seatback pocket, card holder, dan convenient hook.

_Z2O7884

It’s a New Atmosphere

Dengan konsep open cafe interior, Honda Freed menghadirkan atmosfir kemewahan dan kenyamanan interior sambil menikmati sudut pandang yang lebih luas dan terbuka layaknya bersantai di sebuah cafe terbuka. Pilar A sengaja dibuat lebih ramping dengan penempatan spion yang tepat untuk semakin memaksimalkan visibilitas dan mengurangi area blind spot.

Double layer dashboard memberikan keleluasaan dan kelegaan dalam kabin dengan tingkat pertama yang agak menjorok ke dalam serta tingkat kedua dengan permukaan lebar yang rata dan dapat digunakan untuk menaruh berbagai barang, tanpa mengganggu fungsi kerja airbag saat diperlukan.

Multi Layered Meter Cluster diposisikan dengan tepat sehingga memudahkan pengemudi untuk tetap berkonsentrasi dan fokus ke jalan, selain lebih aman juga membuat mata tidak cepat lelah saat berkendara jauh. Honda Freed juga dilengkapi dengan Multi Information LCD untuk memantau rata-rata konsumsi BBM, jarak tempuh perjalanan dan perkiraan jarak yang dapat ditempuh dari sisa bahan bakar yang tersedia.

Posisi tuas perseneling dengan desain Shift Knob Lever menyatu dengan dashboard memberi rasa lapang saat mengemudi, sementara posisi roda kemudi dapat disesuaikan untuk memberikan kenyamanan optimal bagi pengemudi. Rem parkir dengan sistem pedal kaki (foot parking brake) selain bertujuan untuk kemudahan saat parkir, juga meningkatkan kapasitas kabin dan ruang penyimpanan. Selain itu, terdapat foot rest untuk menambah kenyamanan saat mengemudi.

Kenyamanan berkendara bersama Honda Freed disempurnakan dengan audio system Double Din yang selain memiliki fungsi radio dan CD/MP3 Player juga dilengkapi dengan Port untuk memutar musik langsung dari USB atau pemutar musik digital.

Sistem Air Conditioner baru bekerja lebih efisien untuk mendinginkan kabin dengan lebih cepat. Didukung oleh penempatan posisi blower yang tepat, AC mampu menyebarkan kesejukan ke seluruh bagian dalam kabin secara merata hingga ke baris belakang.

_Z2O7243

It’s a New Level of Luxury & Comfort

Fitur-fitur teknologi kelas atas dihadirkan dalam Honda Freed untuk menghasilkan tingkat kemewahan baru yang sebelumnya tidak pernah ditemukan dalam sebuah mobil MPV.

Kemewahan dimulai sejak penumpang memasuki mobil dengan digunakannya power sliding door yang dapat dioperasikan melalui remote, panel pengemudi, maupun langsung dari gagang pintu. Dengan bukaan selebar 600 mm, power sliding door memudahkan keluar masuk mobil bahkan saat parkir di ruang yang sempit sekalipun.

Power sliding door juga dilengkapi dengan touch sensor anti pitch system untuk mencegah resiko terjepit, dimana pintu secara otomatis akan batal menutup jika menyentuh anggota tubuh atau benda lainnya. Sementara fitur Fuel Lid Auto Lock Safety System mencegah sliding door terbuka secara penuh pada saat pengisian bahan bakar. Saat tutup bensin dibuka, sliding door akan otomatis berhenti membuka pada jarak 70 mm sebelum menyentuh tutup tangki bensin.

Untuk semakin memudahkan akses keluar masuk terutama untuk anak-anak dan lanjut usia Jarak antara tanah dan lantai mobil dibuat lebih rendah (410 mm) serta ditambah dengan pegangan tangan di sisi pintu.

Untuk pintu depan, sudut bukaan pintu dibuat lebih lebar dengan tiga titik pemberhentian (3 step door checkered) serta ekstra kemiringan 7 derajat sat pintu dibuka penuh (forward tilting hinge door), memberikan keleluasaan saat keluar masuk, termasuk jika harus membuka payung saat keluar mobil di waktu hujan.

Di dalam kabin, nuansa kemewahan dan kenyamanan tampak dari pengaturan kursi dengan komposisi 2-2-3, dimana baris tengah diisi oleh King & Queen Seat yaitu dua kursi individual yang memberikan kenyamanan ekstra untuk penumpang di baris ini.

Bentuk baris bangku yang bertingkat seperti di teater/bioskop (theatrical cabin space) dirancang untuk meningkatkan visibilitas seluruh penumpang dengan sudut pandang yang lebih luas. Atap dan lantai dibuat rata dengan kabin yang tinggi sehingga memberik kenyamanan saat melakukan perjalanan dalam jarak yang jauh.

Kenyamanan di dalam kabin lebih terasa dengan digunakannya Green Glass yang dapat menyerap sinar UV dan terik matahari untuk menjaga suhu kabin tetap sejuk

_Z2O7439

It’s a New Performance

Mesin i-VTEC 1.5 liter dikembangkan dengan tujuan memberikan performa dinamis dengan efisiensi bahan bakar tingkat tinggi, sesuai dengan karakter sebuah mobil 7-seater. Mesin ini menghasilkan kekuatan maksimum 87 kw (110 PS) pada 6.600 rpm, yang terbesar di kelasnya, dan torsi maksimum 146 Nm (14.9 kgm) pada 4.800 rpm.

Pada saat beban mesin rendah, hanya 1 intake valve bekerja untuk membiarkan bahan bakar masuk, menciptakan efisiensi bahan bakar yang maksimal pada putaran rendah. Sementara pada beban mesin tinggi kedua intake valve bekerja sehingga lebih banyak bahan bakar yang masuk, menghasilkan tenaga yang maksimal pada putaran tinggi. Selain mengatur jumlah katup yang bekerja, mesin i-VTEC juga dapat menyesuaikan ketinggian dan kedalaman buka tutup katup intake sesuai dengan beban mesin.

Kerja mesin i-VTEC didukung oleh teknologi Drive by Wire (DBW), yang menggantikan cara kerja throttle konvensional yang menggunakan kabel. Setiap pijakan pedal akselerasi diteruskan ke dalam komputer melalui sinyal elektrik yang akan mengontrol buka tutup katup pedal akselerasi untuk presisi akselerasi yang maksimal namun tetap hemat bahan bakar. Penerapan DBW juga membantu menghindari terjadinya hentakan ketika pedal gas diinjak secara mendadak atau saat melakukan manuver untuk parkir.

Kinerja mesin i-VTEC untuk Honda Freed semakin disempurnakan dengan teknologi Torque Boost Resonator untuk meningkatkan torsi pada putaran bawah dan tenaga pada putaran atas, menghasilkan akselerasi yang lebih bertenaga namun tetap hemat bahan bakar.

Penyempurnaan juga dilakukan pada desain pola sebung piston yang inovatif. Desain piston yang baru bertujuan mengurangi gesekan pada silinder, meredam kebisingan mesin, sekaligus memaksimalkan performa dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Untuk mewujudkan kualitas performa berkendara yang lebih tinggi lagi, sistem transmisi otomatis dengan 5 percepatan diterapkan untuk menghasilkan perpindahan gigi yang mulus dan responsif. Sistem yang baru pertama kalinya diterapkan dalam sebuah mobil MPV ini dengan Grade Logic Control untuk menghasilkan kinerja transmisi yang optimal serta efisien.

Sistem tersebut bekerja bersama teknologi Active Lock Up System, yang berfungsi untuk memberikan jeda waktu pergatian gigi yang menjadi lebih pendek serta akselerasi yang semakin cepat, untuk mengurangi hentakan saat perpindahan gigi.

Teknologi lain yang diterapkan pada sistem transmisi Honda Freed adalah Shift Hold Control, yaitu sistem pengaturan perpindahan transmisi secara terkomputerisasi. Sistem ini mencegah terjadinya perpindahan transmisi yang berlebihan sehingga akselerasi dan kecepatan tidak maksimal. Dengan shift hold control, kendaraan dapat melaju dengan lebih lincah dan mulus terutama pada jalan yang berkelok.

Honda Freed menggunakan dual air-fuel ratio control yang bekerja dengan Linear Air-Fuel ratio (LAF) sensor dan sebuah sensor O2, sebagai tambahan dari system air flow sensor. Teknologi tersebut memungkinkan kontrol udara dan bahan bakar yang lebih presisi untuk menghasilkan emisi yang memenuhi syarat EURO 4, yang terbaik di antara semua model MPV di Indonesia

Tak hanya bertenaga, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan, performa berkendara Honda Freed juga lebih nyaman dengan penggunaan suspensi depan McPherson Strut dan suspensi belakang H-Torsion Beam untuk meningkatkan kestabilan kendaraan sekaligus mempertahankan kenyamanan seluruh penumpang saat berkendara.

Sistem Electric Power Steering telah diperbaharui, membuat setir lebih ringan pada kecepatan rendah dan lebih mantap pada saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

Kombinasi struktur bodi, engine mounting, suspensi, dan berbagai aplikasi peredam meminimalkan tingkat kebisingan, getaran dan goncangan sehingga kabin menjadi lebih senyap.

IMG_5601

It’s a New Level of Safety

Honda Freed telah melalui berbagai tes benturan pada bermacam kecepatan dan dari berbagai sudut, juga dengan menggunakan penghalang dan kendaraan lain dari berbagai ukuran, sebagai simulasi kecelakaan pada keadaan sebenarnya di fasilitas crash test Honda. Honda Freed telah meraih rating 6 bintang dari Japan New Car Assesment Program (JNCAP), yang merupakan terbaik untuk pengemudi maupun penumpang.

Honda Freed dirancang dengan desain bodi monocoque menerapkan teknologi G-Force Control (G-CON) yang secara efektif menyerap dan menyebarkan energi benturan saat terjadi tabrakan. Teknologi tersebut didukung dengan Advanced Compatibility Engineering (ACETM) yang meningkatkan kompatibilitas jika terjadi tabrakan dengan kendaraan lain dari berbagai ukuran, sekaligus melindungi keamanan kabin penumpang.

Selain itu juga terdapat sistem keamanan aktif terdepan seperti sistem pengereman yang telah dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-Force Distribution) dan BA (Brake Assist). Keamanan penumpang di dalam kabin semakin aman dengan tersedianya SRS Airbag,

Fitur Dual SRS Airbag bekerja secara simultan dengan sistem sabuk pengaman yang menerapkan teknologi 3-point dan Double Load Limiter. Ketika terjadi tabrakan, pretensioner mengencangkan sabuk pengaman di pundak dan bahu untuk menjaga penumpang tetap aman di posisinya. Kemudian load limiter bekerja secara bertahap untuk mengurangi tekanan pada dada yang terjadi akibat energi tabrakan.

Selain aman untuk pengemudi dan penumpangnya, Honda Freed juga dirancang untuk meminimalkan cedera pada pejalan kaki jika terjadi tabrakan. Desain pedestrian safety body pada Honda Freed meliputi penyerap benturan pada hood hinges, wiver pivots, bonnet, bumper, dan fender.

Dari sisi keamanan, Honda Freed juga telah menerapkan system keyless entry. Sementara system immobilizer dan Security Alarm tersedia untuk mencegah pencurian kendaraan.

It’s a New Life. Let’s Freed!


From → Auto News

One Comment
  1. Harnadi permalink

    ~Mau tanya, apa sih yang dimaksud dgn System Keyless Entry dan juga System Immobilizer?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: