Skip to content

Honda Stop Produksi FR-V

July 13, 2009

2007-honda-fr-v-9_1024x0w

Honda  memutuskan untuk tidak lagi memproduksi  Honda FR-V (di Jepang Honda Edix) per bulan Agustus 2009 , setelah lima tahun di produksi secara global. FR-V yang memiliki komposisi tempat duduk cukup unik yaitu 3+3 (tiga orang di depan dan tiga orang dibelakang) seperti Fiat Multipla.

Pada 2005 lalu, saya bersama beberapa jurnalis otomotif dari Jakarta pernah melakukan test drive Honda Edix saat diundang Honda Prospect Motor (HPM) ke Jepang  untuk meliput Tokyo Motor Show. Acara rutin setelah meliput ajang pameran otomotif terbesar di dunia itu, para wartawan diajak untuk mencoba beberapa produk keluaran terbaru Honda Motor Co. Nah, salah satunya adalah Honda Edix.

Usai test drive, para wartawan mempertanyakan, apakah HPM akan memboyong Edix ke Indonesia? Jonfis Fandy yang waktu itu masih menjabat sebagai   Marketing & Aftersales Service    HPM mengatakan kemungkinan tidak akan memboyong Edix ke Indonesia. Menurutnya Edix lebih cocok untuk pasar Eropa. Namun oleh Importir Umum, mobil ini dimasukkan ke Indonesia. Memang, jumlahnya tidak banyak. Hanya satu, dua terlihat di jalan-jalan Jakarta.

honda_fr-v_m5

Kini, Honda Motor Co memutuskan untuk mengakhiri produksi Edix. Keputusan Honda ini diambil karena permintaan FR-V di beberapa negara mengalami penurunan. Honda saat ini masih lebih terfokus  memproduksi mobil sub-compact, seperti Honda Jazz/Fit dan mobil ramah lingkungan Honda Insight.

Sejak 2004 Honda FR-V memiliki empat varian mesin yaitu, 1.7L i-VTEC, 1.8L i-VTEC, 2.0L i-VTEC, dan 2.2L i-CTDi. Di Inggris, Honda FR-V telah terjual 13.531 unit sejak pertama kali dipasarkan tahun 2004. Bagaimana, kalau Anda salah satu dari pemilik Edix?

honda fr-v

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: