Skip to content

Toyota iQ Tes Pasar di Indonesia

July 30, 2009

Sejak versi konsepnya muncul  pada 2007 di pameran mobil Frankfurt, iQ terus mengusik rasa ingin tahu banyak orang. Bagaimana mungkin mobil sekecil itu mengakomodasi empat orang? Bagaimana tingkat keamanannya? Apa yang terjadi bila mobil semungil itu tabrakan frontal? Apakah cukup nyaman berada dikabinnya?

533-iq

Pertanyaan-pertanyaan itu kini terjawab semua. Toyota iQ bahkan menjadi salah satu mobil paling aman di Eropa setelah memperoleh pengakuan European New Car Assessment Program (EuroNCAP)  dan memperoleh bintang lima.

Kompartemen penumpang iQ tetap utuh usai tes benturan frontal dari depan. Sebuah kantong udara yang ditanam di bawah roda kemudi melindungi lutut dan tulang paha penumpang dan pengemudi ditahan dengan underseat seatbelt dan seatbelt konvensional agar tidak terdorong ke depan. Kedua sistem ini bekerja baik, tergambar dari lutut dummies yang tidak meninggalkan jejak trauma.

Di 17th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009 yang sedang berlangsung saat ini (24 Juli – 2 Agustus) Toyota Astra Motor memboyong iQ kehadapan publik di Indonesia. Bukan untuk dipasarkan, setidaknya untuk saat ini. Namun, TAM ingin menjajaki pasar, sejauh mana iQ yang ramah lingkungan ini bisa diterima konsumen otomotif di Indonesia.

“Saat ini kami sudah menyebarkan kuesioner kepada pengunjung yang datang ke booth Toyota. Hasilnya, akan kami evaluasi, apakah Toyota iQ akan dipasarkan di Indoneia atau tidak, kami belum tahu,” ujar General Manager Pemasaran PT TAM Widyawati Soedigdo, Rabu (29/7) di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran.

DSC_4853

Menurut Widyawati, unit iQ yang dipajang di booth Toyota adalah iQ dengan spesifikasi dari Toyota Inggris. “Kalau ditanya berapa harga iQ kalau dijual di Indonesia? Berdasarkan peraturan perpajakan dan sebagainya di Indonesia saat ini, iQ bisa  dijual Rp 350 jutaan. Namun spesifikasi di Indonesia tidak sama dengan spesifikasi iQ di Inggris. Kalau jadi dipasarkan di Indonesia tentu akan disesuaikan dengan kondisi di sini, apakah perlu dengan sembilan airbag dan emisi gas buang Euro 5,” tanya Widyawati.

Toyota iQ didesain ED2, sebuah studio desain Toyota di Eropa yang berbasis di selatan Perancis. Saat diperkenalkan tahun 2008 lalu, iQ mengusung mesin berkapasitas 1.000 cc dengan teknologi khas Toyota, yaitu VVT-i, 3 silinder. Tenaga yang dihasilkan 68PS/4.800 rpm dengan torsi 9,3 kg-m atau 90 Nm juga pada 4.800 rpm.

Mobil yang memiliki panjang tiga meter ini, juga disebut sebagai mobil yang irit bahan bakar dan emisi CO2 yang rendah. Dalam pengujian yang dilakukan di Jepang, iQ mampu menempuh jarak 23 kilometer untuk setiap satu liter bahan bakar.

DSC_4857

Sistem safety-nya juga menenangkan hati. Selain dilengkapi dengan teknologi ABS, EBD dan kontrol traksi, iQ dilengkapi dengan sembilan kantong udara termasuk untuk jendela belakang yang baru pertama kali di dunia, guna meningkatkan keamanan penumpangnya jika terjadi benturan dari belakang.

Mobil yang versi produksinya pertama kali tampil di Paris Auto Show, 2 Oktober 2008 lalu itu, namanya memiliki sederet makna. Huruf “i” diartikan individuality, innovation, serta intelligence. Sedangkan, “Q” berarti quality. Lantaran itulah, bukan hanya keamanan semata yang ditonjolkan mobil ini, tetapi juga kenyamanannya.

Tak heran kalau baru-baru ini, produsen mobil mewah Aston Martin kepincut dengan platform iQ yang kemudian dikembangkan dengan nama Cygnet yang menggunakan basis iQ. Bagaimana menurut Anda, apakah Toyota perlu menghadirkan mobil ini, mengingat kondisi lalu lintas di Jakarta yang semakin krodit?

From → Auto News

8 Comments
  1. acep.m permalink

    wuih…!modelnya top banget wajib dihadirkan di Indonesia,pasti boming!buat disini 1,3 liter bensin(AT&MT)

  2. Rudi permalink

    Rasanya kecil kemungkinan dipasarkan disini, harganya diperkirakan mendekati 300jt. Konsumennya pasti segmented, kemungkinan dibawa CBU base on request/indent.

  3. sassy permalink

    pasarin dunk di Indonesia,gw pngen banget mobilnya… moga aja bisa kebeli… xixiixixi

  4. wahyudi permalink

    kira2 kapan ya mobil ini di pasarkan seluruh indonesia
    bentuk dan warna nya memikat hati…
    dan berapa harga nya…

  5. yogi permalink

    mobilnya keren abis…
    tapi kok masuk indonesia mahal betul sampe 300 jt an…

    padahal di eropanya (UK) sendiri harganya kurang dari 200jtan..menyedihkan..

  6. sdh sy coba iq CBU yg 1000cc,cabin luas, futuristik & modern, tachometer ada RPMnya,pwr wndw penumpang sdh auto,mesin; tarikan maticnya pd detik pertama sesuai dg khas mobil cc kecil,agak lamban, tp begitu detik ketiga tarikan terasa mantap. Dgn kaki2 dan ban standar,dijln perkotaan cabin agak terasa berisik.Sdh trdpt MID Multi Information Display,konsumsi bhn bkr sangat irit. Cocok utk perkotaan. Sayang blm ada kepastian harganya.

  7. vivi permalink

    saya sangat berharap mobil ini bkal masuk indonesia
    benar2 perlu, apalagi untuk perkotaan yang memiliki jalur 3 in 1
    lebih aman juga karna sering ugal2an
    serem juga

    pengen bangeeet…
    harga sgtu lumayan si

  8. Blm jelas masuk indonesia nggak, klu punya uang lebih cn lirik smart mercedes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: