Skip to content

Penjualan Freed Kalahkan Jazz

August 14, 2009

Setelah Jazz, giliran Freed yang menjadi penyumbang angka penjualan tertinggi Honda Prospect Motor (HPM). Sepanjang bulan Juli, Honda Freed terjual sebanyak 1.521 unit  melebihi target yang ditetapkan HPM (1.000 unit per bulan) .

honda_freed_2008_31

Sejak diluncurkan pada bulan Juni, permintaan konsumen terhadap Honda Freed terus meningkat hingga saat ini, dengan total penjualan 1.861 unit dan meraih pangsa pasar 8% di kelas MPV.

Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor mengatakan bahwa penjualan Honda Freed saat ini bahkan telah melampaui target yang ditetapkan pada saat peluncurannya, yaitu 1.000 unit per bulan.

“Angka penjualan yang mencapai 1.521 unit merupakan prestasi yang luar biasa, apalagi jumlah tersebut sangat mungkin bertahan pada bulan-bulan mendatang jika dilihat dari angka pemesanan yang telah mencapai 4.312 unit hingga akhir Juli lalu. Untuk itu, kami akan memaksimalkan kapasitas produksi agar permintaan konsumen dapat terpenuhi dengan tepat waktu,” ujarnya dalam siaran pers,   Rabu (12/8).

Selain Honda Freed, produk unggulan Honda lainnya, yaitu Honda Jazz juga terus diminati di kelas hatchback dengan meraih pangsa pasar tertinggi di kelasnya yaitu sebesar 49% hingga bulan Juli 2009. Pada bulan tersebut, Honda Jazz terjual sebanyak 891 unit, sehingga menambah angka penjualannya di tahun ini menjadi 8.341 unit.

hondafreed11

Honda CR-V juga terus meraih penjualan tertinggi di kelasnya. Dengan penjualan sebesar 614 unit pada bulan Juli, Honda CR-V menjadi yang teratas di kelas SUV dengan pangsa pasar mencapai 39%. Secara total, Honda CR-V telah mencatat angka penjualan sebanyak 5.778 unit sepanjang tahun 2009.

Angka penjualan yang cukup baik juga diraih Honda melalui segmen sedan. Secara total, produk sedan Honda meraih angka penjualan tertinggi dari semua merek, yaitu sebesar 2.819 unit dari Januari hingga Juli 2009 dengan pangsa pasar sebesar 26.9% di segmen sedan. Sementara pada bulan Juli sendiri, Honda berhasil menjual sebanyak 521 unit produk sedannya.

Penjualan sedan Honda terutama didukung oleh All New Honda City yang mencatat penjualan tertinggi di antara produk sedan Honda yaitu sebanyak 271 unit di bulan Juli lalu, lebih besar dibanding bulan sebelumnya yaitu 215 unit. Hingga saat ini, All New Honda City telah meraih  penjualan sebanyak 1.559 unit di seluruh Indonesia dengan pangsa pasar 39% di kelas mini sedan (non-taksi) dan berhasil menjadi market leader dikelasnya.

Sementara itu, penjualan New Honda Civic sepanjang tahun ini telah terjual sebanyak 902 unit dan berhasil meraih pangsa pasar yang sangat tinggi di kelas medium sedan yaitu sebesar 62%. Pada bulan Juli sendiri penjualan New Honda Civic tercatat sebanyak 196 unit, meningkat dibanding bulan sebelumnya yang terjual 135 unit.

honda-jazz-fit-esm

Sedan Honda lainnya yaitu Honda Accord terjual sebanyak 52 unit, lebih besar dari penjualan bulan sebelumnya yaitu 38 unit. Dengan demikian, sedan premium dari Honda ini telah terjual sebanyak 356 unit sepanjang tahun ini, dengan pangsa pasar 21% di kelas medium sedan.

Secara umum, pasar otomotif Indonesia mencatat angka penjualan yang cukup stabil pada tahun 2009, dengan total mencapai 252.129 unit. Penjualan di segmen non sedan tercatat  sebanyak 241.652 unit, sementara penjualan di segmen sedan sebanyak 10.477 unit di tahun 2009 ini.

Honda sendiri meraih angka penjualan total sebesar 18.801 dengan pangsa pasar sebesar 7,5% selama tujuh bulan pada tahun 2009. Selain itu, Honda juga mencatat angka penjualan bulanan yang meningkat 35% dibanding sebelumnya,  dimana penjualan bulan Juni tercatat total penjualan sebesar 2.630 unit, sedangkan pada bulan Juli meningkat menjadi 3.547 unit.

2009_honda_city_images_1

From → Auto News

5 Comments
  1. halo, posting yang bermanfaat, sorry numpang thread comment ini sebagai salam kenal… saya Agus Suhanto

  2. Nuhun bro, salam kenal lg

  3. heriansyah permalink

    thanks infonya…

  4. PT ARISTA AUTO LESTARI SM RAJA MEDAN Telp : 061 – 7630 1177

    Dealer resmi mobil HONDA untuk daerah pemasaran Aceh, Medan, Lubuk Pakam, Tebing Tinggi, Sergei, Pematang Siantar, Perbaungan, Hingga Rantau Parapat

  5. Makasiiiih info nyaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: