Skip to content

Taipan China dan Hongkong Kendalikan Hummer

October 12, 2009

2009_geigercars_hummer_h3_v8_kompressor_3

General Motors (GM) resmi menandatangani penjualan Hummer kepada Tengzhong Heavy Industrial Machinery Company yang berbasis di Sichuan, China.

Nilai pembelian Tengzhong tidak diumumkan ke publik usai penandatanganan, Jumat (9/10) pekan lalu.  Beberapa media masa terkemuka di China, melaporkan bahwa Tengzhong membeli Hummer dari GM sebesar US$ 150 juta.

GM secara spesifik mencantumkan sejumlah pasal penting dalam perjanjian tersebut, seperti ownership of the brand (kepemilikan merek),  trademark, hingga specifik IP (intellectual property) license rights.

Selain itu Tengzhong  juga berhak  menunjuk dan mengatur dealer resmi Hummer di seluruh dunia.  Bahkan dengan ditandatanganinya perjanjian ini,  Hummer secara otomatis akan sepenuhnya dikendalikan oleh taipan mudah asal China, yaitu Li Yan dan taipan asal Hong Kong Suo Lang Duo Ji.

Hummer-H3x_Concept-2009_01-1280

Tengzhong, yang akar bisnisnya adalah perusahaan tambang dan bahan bangunan, telah memilah investasi untuk pembelian Hummer. Tengzhong memiliki saham di Hummer 80% dan Suo memiliki saham 20%.

<i>The Wall Street Journal</i> menggambarkan Li, sebagai taipan lokal asal China yang mempunyai Lumena Resources, yaitu perusahaan besar yang berbasis di Sichuan dan sahamnya masuk di bursa saham Hong Kong. Lumena adalah perusahaan terbesar kedua dunia yang meproduksi thenardite, sejenis zat sodium sulfate yang digunakan untuk deterjen dan salah satu zat untuk membuat gelas, dan juga obat-obatan China.

GM mengatakan bahwa kontrak perjanjian produksi Hummer H2 and H3 masih akan tetap diproduksi di Amerika Serikat (AS) hingga Juni 2011, dengan opsi satu tahun perpanjangan hingga Juni 2012.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: