Skip to content

Mazda2 Pengganti Jazz dan Yaris

October 14, 2009

c7d6e_mazda2_6-580

Ada September ceria, itu judul lagu Vina Panduwinata. Ada juga September Kelabu, tapi itu bukan judul lagu, melainkan ungkapan bagi produsen mobil hatchback di tanah air, yang penjualannya mengalami penurunan yang cukup signifikan dari bulan-bulan sebelumnya sepanjang 2009.  Penguasa hatchback tanah air, Toyota Yaris dan Honda Jazz, mengalami penurunan penjualan lebih dari lima persen. Mengapa?

Ada banyak alasan yang disampaikan agen tunggal pemegang merek (ATPM), saat menyampaikan angka penurunan penjualan baik Toyota maupun Honda atau para pemegang brand hatchback lainnya. Salah satu diantaranya adalah hari kerja selama bulan September tidak full karena bertepatan dengan hari libur lebaran.

Faktanya pada  bulan September lalu. konsumen lebih memilih untuk membeli mobil MPV (keluarga)  daripada Jazz, Yaris atau hatchback lainnya.  Inilah yang kemudian membuat terjadi angka penurunan penjualan yang cukup tajam pada varian yang disukai anak muda itu.

Ia!, para pemegang merek hachback itu boleh saja membuat pernyataan seperti itu, sementara konsumen berpendapat lain, sebagian menyatakan sudah jenuh atau bosan dengan model hatchback yang itu-itu saja, mereka berharap ada merek lain yang menampilkan varian yang berbeda.

Mazda salah satu pemain hatchback di tanah air,  jeli melihat peluang itu. Sebelum meluncurkan hatchback terbarunya, ATPM ini sudah melakukan test pasar. Responsnya positif,  sebagian orang sedang menunggu kehadiran city car  yang akan diluncurkan PT Mazda Motor Indonesia (MMI), yaitu Mazda2 pada akhir tahun ini.
mazda_2_live_11_450

Meski terjadi penurunan angka yang cukup tajam,  namun pasar varian ini memang sangat potensial.  Selama beberapa tahun pasar ini menjadi ladang bisnis yang menguntungkan terutama bagi Honda dan Toyota, dua ATPM pemegang merek Jazz dan Yaris.

Sepanjang September kemarin memang pasar hatchback anjlok, kabarnya akibat tingginya permintaan MPV selama Lebaran kemarin. Penjualan Toyota Yaris dan Honda Jazz sama-sama tak menyentuh angka 1.000 unit.

Berdasarkan data dari PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Honda Prospect Motor (HPM),  penjualan retail Toyota Yaris hanya 744 unit dan Honda All New Jazz 941 unit.

“Bulan September selain hari kerja berkurang, permintaan MPV meningkat. Penurunan penjualan di bulan September wajar dan penjualan di bulan Oktober ini pasti naik,” ujar Direktur Pemasaran PT TAM Joko Trisanyoto di sela acara peluncuran Toyota New Rush Kamis (8/10), di Jakarta.

Penjualan hatchback Honda Jazz turun 11,8% di bulan September menjadi 941 unit dari 1.249 unit di bulan Agustus. Toyota New Yaris di bulan Agustus hanya terjual 887 unit, di bulan September turun dan yang hanya mencapai 678 unit.Mazda2Specs_RHD

Padahal angka surat pemesanan kendaraan (SPK) Toyota Yaris mengalami peningkatan yang cukup signifikan di bulan Agustus dengan mencatatkan angka sebesar 1.010 unit atau meningkat sebesar 12% dibandingkan bulan Juli.

Meski fakta pasar seperti itu, MMI tetap ngotot untuk  mendatangkan Mazda2 dari Thailand demi mengeduk keuntungan dari pasar hatchback.

Mazda2 diproduksi di Thailand dengan sejumlah teknologi terkini, mulai dari stamping line, body shop, trim hingga final process areas. Ambil contoh paint shop yang telah menggunakan sistem Three Layer Wet Paint dengan teknologi Aqua-tech yang ramah lingkungan karena terbukti ampuh mengurangi emisi serta volatile organic compound (VPC) dan CO2 hingga 57% sampai meningkatkan kualitas cat pada kendaraan.

Produksi pertama sendiri akan dimulai pada September 2009 dan akan langsung didistribusikan pada pasar domestik dan luar negeri. Meskipun tidak menyebutkan komposisi dan kuota untuk masing-masing produk termasuk Mazda2, Yamaki menjelaskan Indonesia memiliki pasar yang bagus dan Mazda Motor Indonesia sudah menancapkan pondasi yang kuat.

Yoshiya Horigome, Presiden Direktur Mazda Motor Indonesia menyatakan selesainya pabrik Mazda2 di Thailand mengindikasikan hatchback modern tersebut tak lama lagi akan masuk ke Indonesia.

“Mazda2 secepatnya akan masuk ke Indonesia pada kwartal empat 2009 dan akan berkompetisi dengan mobil hatchback lainnya seperti Honda Jazz atau Toyota Yaris,” ungkapnya.

Mazda2 dilengkapi dengan antilock braking system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), dan emergency brake assist (EBA). Belum lagi, dicangkokkan pula dynamic stability control (DSC), yang menjadikan Mazda2 sebagai satu-satunya mobil Jepang di segmen itu yang memilikinya.

Apalagi Mazda2 sukses menjadi mobil terbaik dunia (Car of the Year) tahun 2008. Nah! Tunggu kehadirannya, jangan berpaling ke lain mobil. Bukan ke lain hati lho!

From → Auto News

One Comment
  1. yudhi prasetyo permalink

    brp harga boss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: