Skip to content

Pasar Akui Chevrolet Captiva

October 20, 2009

Setelah sukses menyabet gelar The Best SUV diesel 2009 dari majalah Top Gear edisi Indonesia dan The Best SUV diesel 2009 dari Tabloid Otomotif. Chevrolet Captiva AWD berhasil meraih penghargaan dan gelar The Best Buy 2009 dari majalah Autocar Indonesia.

Captiva_AWD_Beige_-_1

“Selaku ATPM, GM Autoworld Indonesia (GMAI) tentunya sangat bangga Chevrolet Captiva bisa mendapat pengakuan dari Masyarakat dan Media di Indonesia. Mudah-mudahan apa yang diraih oleh Captiva menjadi indikator positif menuju kebangkitan Chevrolet di Indonesia,” ujar Debora Amelia Santoso, Marketing & PR Director GMAI.

Chevrolet Captiva resmi masuk ke Indonesia pada tanggal 7 Juli 2007 (7-7-07). Produk SUV Chevrolet yang fenomenal ini, mengawali kiprahnya lewat sebuah seremoni peluncuran yang spektakuler, di mana Chevrolet Captiva digantung di udara dengan Helikopter Puma di atas perairan di ujung Barat Pulau Jawa.

Debutan line-up Captiva di Indonesia adalah Captiva bermesin bensin 2400 cc, diperlengkap setahun berikutnya oleh Captiva bermesin diesel 2000 cc dan beberapa waktu lalu Chevrolet Captiva AWD yang merupakan varian termewah bermesin diesel 2000 cc yang hadir guna memenuhi kebutuhan market SUV Premium di Indonesia.

Dan keluaran 2009, menandai peningkatan spesifikasi interior Captiva, yakni interior Captiva yang mono tone-hitam mulai berubah hingga seterusnya menjadi lebih mewah dengan konsep two tone, perpaduan beige dan hitam.

Diterimanya Chevrolet Captiva dengan berbagai modelnya di pasar Indonesia juga dipertegas dari data permintaan yang terus meningkat. Tak pelak, permintaan yang terus meningkat tersebut kerap menimbulkan penjadwalan inden terhadap Chevrolet Captiva.

Berikut prestasi Captiva di Indonesia dari segi penjualan; untuk penjualan di seluruh Indonesia. Pada tahun 2007 Captiva memperoleh penjualan sebesar 932 unit, di tahun 2008 meraih 1582 unit, dan di tahun 2009 hingga September telah mencapai 1304 unit. Jadi, total populasi Chevrolet Captiva di Indonesia hingga September 2009 adalah 3818 unit.

Sementara untuk perolehan market share SUV C yang dihuni oleh Honda CR-V, Nissan X-Trail, Suzuki Grand Vitara dan Ford Escape di area penjualan Jakarta + Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan jawa Timur, Chevrolet Captiva perlahan tapi pasti menunjukkan potensi peraihan market share yang signifikan. Chevrolet menjadi satu-satunya merek Amerika yang tampak memberikan perlawanan dalam persaingan peraihan market share SUV C di Indonesia.

Seperti di keseluruhan Jakarta termasuk Banten, volume SUV C periode Januari – Juni 2009 yakni 3650 unit. Peringkat 1, 2 dan 3 berturut-turut dihuni oleh Honda 58%, Nissan 24% dan Chevrolet 8%. Di Jawa Barat dari volume 1183 unit, Chevrolet menduduki posisi ke-4 setelah Honda, Nissan dan Suzuki dengan share 9%.

Di Jawa Tengah dari volume 479 unit kembali Chevrolet menduduki posisi ke-4 setelah Honda, Nissan dan Suzuki dengan share 2%. Terakhir di Jawa Timur, Chevrolet berhasil menduduki posisi ke-3 setelah Honda dan Nissan dengan share 6% dari volume total 780 unit.

Lalu bagaimana dengan posisi 5 besar nasional segmen SUV C? menurut data yang diperoleh, dari periode Januari – September 2009 Chevrolet Captiva sukses menduduki posisi ke-3 di segmen SUV C dengan perolehan total penjualan 1304 unit.

Sedangkan, posisi pertamanya diduduki oleh Honda CR-V dan Kedua Nissan X-Trail. Sedangkan posisi ke-4 Suzuki dengan Grand Vitara-dan ke-5 adalah Ford Escape.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: