Skip to content

Mengapa Mobil Listrik Mahal?

October 27, 2009

Mobil listrik memang belum populer, selain infra struktur yang belum tersedia di banyak negara harga jual mobil ramah lingkungan ini juga cukup mahal. Karena itu sejumlah pabrikan mobil dunia sedang  menghitung  harga yang pantas untuk sebuah mobil listrik.

20091021-071-up-img

Salah satu faktor yang membuat mobil listrik mahal karena bodi dan beberapa kompone lainnya menggunakan material baja. Padahal kalau pakai aluminium, harga mobil listrik dapat dipangkas cukup lumayan.

Sebuah studi menyebutkan bahwa penggunaan rangka aluminium dan sejumlah komponen suspensi dibandingkan dengan baja dapat mencukur bobot kendaraan hingga 10%. Tak signifikan kelihatannya, tapi dampaknya cukup terasa bagi baterai yang menggerakkan kendaraan listrik.

Dengan begitu, pabrikan dapat membuat baterai dengan ukuran lebih kecil sehingga biaya produksi dapat dipangkas mendekati US$ 3.000 per unit. Dampak lainnya, dengan bobot lebih ringan, maka tenaga yang tersedia pada baterai lebih besar sehingga mampu menggerakkan mobil lebih jauh.

20091021-146-up-img

Berikut adalah gambaran dari hasil studi yang dibeberkan di konferensi bertajuk the Business of Plugging In di Detroit pekan ini.

* Jarak tempuh kendaraan dapat didongkrak mendekati massa kendaraan yang dikurangi. Dengan mengurangi massa kendaraan 20%, jarak tempuh akan melar 20%.
* Kendaraan dengan bobot terbesart dalam survei ini, 1.822 kg, mengkonsumsi daya sekitar 300 Wh/mi, sementara yang teringan, 627 kg, menyedot daya sekitar 146 Wh/mi.
* Pengereman regeneratif dapat mengembalikan tenaga baterai sekitar 65% yang dipadu dengan momentum irrespektif dari bobot kendaraan.
* Untuk kendaraan berbobot teringan, sekitar 44% energi tersedot oleh inefisiensi dapur pacu, dengan 33% energi dipakai untuk mengatasi hambatan angin, dan hanya 24% untuk menggerakkan kendaraan.
* Dan sama seperti mobil konvensional, bobot yang ringan berimbas pada cepatnya akselerasi.

Menurut Micheal Bull, Director of Automotive Technology for Novelis, saat ini pabrikan mobil giat melakukan pengembangan kendaraan listrik plug-in, yaitu kendaraan yang untuk pengisian baterainya dapat dilakukan dengan mencolokkan ke colokan listrik di rumah.

Namun, pengembangan baterai jenis ini masih mahal sehingga menjadi kendala bagi sebagian besar pabrikan mobil untuk meluncurkan kendaraan ramah lingkungan saat ini sebagai produksi massal.

From → Auto News

One Comment
  1. GILANG permalink

    bukannya harga alumunium lebih mahal dari baja, karena alumunium punya banyak kelebihan, tahan karat dan ringan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: