Skip to content

Heboh! Toyota Bikin Sepeda Motor

November 12, 2009

Toyota tak hanya piawai dalam memproduksi roda empat, tapi nggak boleh diragukan juga membikin sepeda motor. Ah! yang bener? Kalau nggak yakin dateng dong ke  Specialty Equipment Market Association (SEMA) di Las Vegas.

179458

SEMA sebuah pameran modifikasi terbesar di Vegas. Boleh dibilang ini tempatnya para modifikator dari berbagai belahan dunia berkumpul. Di antara sekian banyak motor yang dipamerkan, ada salah satu stan yang tak pernah lepas dari tatapan pengunjung.

Ada stan Toyota disana. Lha! Toyota bikin motor? Yup, bersama Joe Gibbs Racing Motorsport  memamerkan sepeda motor  konsep Joe Gibbs Racing Motocross/Toyota  (JGRMX/Toyota).  Sepeda motor ini dihadirkan  untuk memperluas keberadaan Toyota di ajang motor sport.

Joe Gibbs Racing adalah satu dari tim yang didukung Toyota dalam balapan NASCAR. Dua pembalapnya, Kyle Busch dan Joey Logano bolak-balik naik podium bersama Toyota Camry NASCAR mereka.

Keduanya sepakat  untuk bekerjasama mewujudkan dan membangun sepeda motor spesial edition.  Kolaborasi keduanya  ingin menciptakan sebuah sepeda motor yang ringan, eksotis tapi tetap stylish.

Butuh waktu lebih dari 100 jam kerja dan melibatkan 17 kontributor untuk menciptakan motor yang benar-benar unik.  JGRMX/Toyota Concept Bike memperlihatkan sejauh mana modifikasi bisa dilakukan.

Basis yang dipakai adalah 2009 Yamaha YZ450F. Kerangkanya menggunakan bahan khusus yang ringan bahkan panel bodynya  terbuat dari serat karbon dan custom fuel tank. Logam-logam eksotis seperti titanium dipakai untuk membuat sepeda motor ini lebih ringan.

Partisipasi kontributor terekam jejaknya di sekujur  tubuh motor trail ini. Cycra Racing memasok fender depan dan belakang. Lightspeed Peformance Product bertanggungjawab atas carbon fiber chain guide, rear brake caliper dan pelindung garpu depan, sedangkan N-Style mengurus seat cover dan grafis bagian luar.

Mesin YZ450 juga dioprek. Posisi katup masuk dan keluar dibalik agar diperoleh titik keseimbangan lebih baik. Proses ini dikerjakan oleh Xceldyne. Piston juga mengalami ubahan dari Carillo. Pasokan bahan bakar dan udara kini dibuat lebih baik dengan fuel injection dan air induction. Proses air induction dilakukan dengan bantuan dengan kipas. Radiator konvensional dipensiunkan, diganti aluminium <i>extrusion cooling system</i>.

Swing arm dibuat khusus dengan logo Toyota. Sedangkan FMF Racing menciptakan sistem exhaust spesial yang dilengkapi muffler dari serat karbon yang ringan. Rem di percayakan pada Brown & Miller Racing Solutions.

<i>On board data system</i> jadi sentuhan akhir. Sistem ini menyajikan data real time seperti <i>suspension travel</i>, suhu mesin, dan kecepatan. Memang bukan murni produksi Toyota? Sepertinya, manufaktur ini belum berpikir untuk memproduksi roda dua, entah kalau nanti, siapa yang tahu.

From → Auto News

2 Comments
  1. Rudy permalink

    Pertamax…
    Nunggu mass productnya aja dech… penasaran gmana Toyota bikin motor, maybe Yamaha ntar bikin mobil nich… wekekekek..

  2. faisal permalink

    boss kalo ble tau d indonesia???? suda ada blm dan harganya berapa?????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: