Skip to content

Daihatsu Xenia Matik, Nggak Boros Koq?

November 19, 2009

Banyak orang salah kaprah dengan mobil bertransmisi otomatis. Salah satunya, adalah boros. Ada lagi yang berpendapat, kalau mogok nggak bisa didorong. Semua image negatif tentang transmisi otomatis sudah waktunya dibuang ke laut. Lho koq?


“Mungkin dulu banyak yang beranggapan demikian. Tapi, sekarang malah sebaliknya, apalagi dengan kondisi lalu lintas Jakarta, tiada hari tanpa macet. Nah! dengan Xenia otomatis, image seperti itu sudah harus dihilangkan,”  ujar Vice President Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sudirman MR.

Dari hasil uji coba yang dilakukan Daihatsu, Xenia Matik nggak boros-boros amat. Daihatsu mengklaim Xenia 1.3 Xi matik hanya berbeda satu kilo meter kalau dibandingkan Xenia 1.3 Xi bertransmisi manual. Jika Xenia 1.3 Xi bertransmisi manual menghabiskan satu liter bensin untuk jarak 11 km, maka Xenia 1.3 Xi matik menghabiskan satu liter bensin per 10 km.

“Masyarakat awam memang masih perlu edukasi mengenai transmisi matik yang image-nya negatif.  Kalau masalah mogok susah didorong, ya tergantung bagaimana cara mengemudi dan perawatannya saja,” tambah Sudirman MR.

Xenia 1.3 Xi matik mengusung mesin 1.300 cc VVTi DOHC. Sama dengan versi manualnya. Fitur-fitur terbaru mobil keluarga ini adalah AT Gate shift lever type, digital trip meter, foot rest untuk pengemudi, dan emblem AT di pintu belakang bagian bawah.

AT Gate Shift lever type dilengkapi dengan indikator yang mudah terbaca sehingga lebih nyaman, akurat, dan dalam penggunaannya.

Sementara itu digital trip meter  menampilkan informasi jarak tempuh mobil sehingga lebih presisi dan mudah dibaca. Fitur  foot rest  pun membantu pengemudi untuk menyandarkan kaki saat berkendara sehingga lebih nyaman dan tidak cepat lelah. Emblem AT di pintu belakang bagian bawah menjadi identitas kebanggaan konsumen memiliki Xenia Matic.

Selain itu, Xenia Xi matik sudah dilengkapi dengan <i>back Pocket</i> dan <i>seat belt</i> di baris kedua. Xenia 1.3 Xi matik ini dibandrol Rp 139,7 juta dan ditargetkan terjual 400 unit tiap bulannya. Buruan inden, biar nggak terlalu lama menunggu.

From → Auto News

2 Comments
  1. iwan joewono permalink

    apakah untuk jangka waktu yg telah lama ada penggantian (salah satu) plat kopling otomatisnya spt pada transmisi manual

  2. Bagaimana Daihatsu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: