Skip to content

Toyota Prius, Car of The Year 2009

November 20, 2009

Toyota Prius Gen3 meraih sukses besar dengan berbagai penghargaan. Pada Autobild Award 2009, generasi ketiga mobil ramah lingkungan ini bahkan memborong empat gelar sekaligus.

Selain sebagai Car of The Year 2009, Toyota Prius pada Autobild Award 2009, ini juga meraih Reader’s Choice, Best Hybrid Car dan Best Fuel  Consumption. Pada acara yang berlangsung di Annex Building, Rabu (18/11), Toyota Astra Motor (TAM) membawa pulang enam gelar termasuk untuk Kijang Innova sebagai Best Medium MPV dan Toyota Alphard Best Luxury MPV.

“Kompetisi seperti ini sangat bagus karena memacu ATPM berlomba membuat mobil yang terbaik bagi konsumen. Kepuasan konsumen adalah titik awal sekaligus tujuan akhir kami,” komentar Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (19/11).

Predikat Car of The Year, Best Hybrid dan Best Fuel Consumption yang diraih Toyota Prius Gen 3, tambah Johnny membuktikan bahwa kualitas produk ini memang mumpuni.

Sedangkan terpilihnya Toyota Prius Gen 3 sebagai kendaraan favorit pembaca menunjukkan bahwa tingkat awareness  masyarakat kepada Toyota Prius semakin tinggi.

“Ini sangat membahagiakan, mengingat Toyota Prius maupun teknologi yang diusungnya terbilang baru bagi pasar Indonesia,” ujar Johnny Darmawan.

Toyota berharap apreasiasi ini dapat menggugah dan memotivasi berbagai pihak dalam mendukung sosialisasi maupun penggunaan kendaraan ramah lingkungan, khususnya yang berteknologi hybrid.

Sebelumnya, Toyota Prius Generasi 3 juga terpilih sebagai Best Car Visitor Choice di IIMS 2009. Di ajang pameran otomotif bergengsi di Indonesia itu, Prius bahkan meraih The Best Car of The Year melalui penghargaan bertajuk FORWOT Car of The Year (CoTY) 2009.

Kemenangan Prius dalam kontes pemilihan mobil terbaik versi wartawan tersebut sekaligus mengungguli 11 nominasi mobil baru lainnya di ajang IIMS 2009 .

Prestasi Prius di ajang pemilihan mobil terbaik tak berhenti sampai di situ. Di Jepang, 61 juri yang terdiri dari wartawan otomotif dan 100 perwakilan industri otomotif ikut menobatkan Prius sebagai mobil terbaik di Jepang 2009-2010.

Pengumuman Prius sebagai mobil terbaik di Jepang dilakukan bersamaan dengan berlangsungnya Tokyo Motor Show 2009 yang baru lalu.

Kemenangan Prius dalam 2009 – 2010 Japan Car of the Year tampak prestisius karena mampu mengungguli rival terdekatnya, Honda Insight, dengan selisih nilai paling tipis dalam 30 tahun sejarah penyelanggaran penghargaan ini.

Menanggapi kemenangan Prius pada Autobild Award 2009, Ketua Umum Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) Eri Haryoko, mengatakan prestasi yang diboyong mobil ramah lingkungan itu sangat pantas.

“Saya pribadi merasa bangga pada kemampuan wartawan bidang otomotif Indonesia dalam menilai mobil terbaik. Mereka tidak kalah profesional dengan wartawan asing,” kata Eri.

“Buktinya, FORWOT bisa lebih dulu menobatkan Prius sebagai mobil terbaik ketimbang wartawan Jepang. Ini artinya, wartawan Indonesia tidak ikut-ikutan, tapi benar-benar paham dengan mobil yang bagus,” lanjut wartawan senior ini.

Prius generasi ketiga kini menjadi model paling laris di Jepang dalam lima bulan terakhir. Bahkan sejak diluncurkan di Jepang pada Mei 2009 model ini selalu jadi yang terlaris. Di Amerika Serikat, Prius bahkan mencatat dalam 10 besar mobil yang paling banyak dicari konsumen.

Beberapa penghargaan lain yang pernah diterima Prius adalah Japan Car of the Year 1997, Nort American car of the Year 2004, European Car of the Year 2005 dan lainnya.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: