Skip to content

CEO GM Henderson Mundur

December 2, 2009

Secara mengejutkan  CEO General Motors (GM) Frederick “Fritz” Henderson  Selasa (30/11) munudur, setelah dewan direksi menyatakan program restrukturisasi yang dilakukan GM saat ini amat lamban.


Penggantinya,  Chairman Ed Whitacre Jr. akan menjabat sebagai CEO dan presiden GM untuk sementara sambil mencari pejabat tetap. Kabar pengunduran diri Henderson itu cukup mengejutkan banyak pihak, karena selain masa jabatannya masih seumur jagung, ia juga dijadwalkan menjadi keynote speaker di pembukaan pameran mobil Los Angeles Auto Show pada Rabu ini (31/11). Tugas Henderson di LA Auto Show akan digantikan oleh Vice Chairman Bob Lutz.

Pencopotan Henderson ini jelas akan memicu kegalauan di kalangan karyawan mantan raksasa otomotif global itu dan juga industri otomotif AS pada umumnya, setelah sebelumnya pabrikan ini membatalkan rencana penjualan unit Opel/Vauxhall kepada konsorsium Magna-Sberbank, yang kemudian membuat marah pemerintah Jerman.

Padahal, Henderson, 51, yang ditunjuk pemerintahan Barack Obama sebagai nakhoda baru di GM, menggantikan Rick Wagoner yang dilengserkan menyusul hancurnya kinerja keuangan GM akibat hantaman krisis keuangan global yang berbuntut pada permohonan perlindungan kepailitan pada awal 2008 lalu.

Mengetahui bahwa pencopotan Henderson ini akan menimbulkan gejolak, seorang pejabat pemerintah AS mengatakan bahwa keputusan itu murni dilakukan oleh dewan direksi GM, bukan atas campur tangan Washington.

Penjelasan pemerintah ini diharapkan dapat meredam kecemasan publik terhadap upaya bantuan yang disalurkan pemerintah kepada sejumlah industri menyusul serangan krisis finansial global, yang belum sepenuhnya memenuhi sasaran.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: