Skip to content

Belajar Mendisain Mobil Bersama Nissan

December 5, 2009

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) bekerjasama dengan Fakultas Desain dan Teknik Perencanaan (FDTP) Universitas Pelita Harapan (UPH), menggelar Nissan Design Square (NDS) Kamis (3/12), di Karawaci, Tangerang. Para mahasiswa diberi kesempatan untuk mendesain mobil dari bahan tanah liat.

“Nissan Design Square merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Nissan global yang mengetengahkan inovasi desain dan teknologi Nissan yang pertama dilaksanakan di Asia. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Nissan Design Forum (NDF) yang dilaksanakan pada tahun 2006 di ITB, Bandung dan Nissan Technology Square 2008 di Jakarta,” ujar  Presiden Direktur NMI Takayuki Kimura dalam kata sambutannya.

NDS yang diselingi dengan seminar ini melibatkan sekitar 150 mahasiswa FDTP dari Universitas Pelita Harapan sebagai peserta. Para  mahasiswa dipersiapkan secara khusus agar memahami konsep desain dan dan teknologi Nissan. Kegiatan NDS erat kaitannya dengan usaha Nissan dalam meningkatkan brand image-nya di Indonesia.

“Saya berkeinginan kuat untuk meningkatkan image Nissan di Indonesia. Banyak hal yang harus kami lakukan, salah satu yang kami anggap penting adalah menjalankan suatu program CSR yang berkaitan erat dengan pendidikan. Melaksanakan Nissan Design Square adalah salah satu pilihan yang tepat saat ini,” ujar Kimura.

Melalui kegiatan yang melibatkan mahasiswa ini, Nissan ingin menunjukkan komitmennya kepada dunia pendidikan di Indonesia. Desain dan teknologinya yang inovatif dan emotif yang berasal dari warisan kekayaan sejarah panjang Nissan, diharapkan dapat memperkaya pemikiran para mahasiswa.

Di samping itu pula, dengan melaksanakan kegiatan ini Nissan ingin menunjukkan peran perusahaan otomotif terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Tampil sebagai pembicara utama di presentasi desain ini adalah Makoto Yamane, Associate Product Chief Designer dari Design Center Nissan Jepang, yang juga bertanggungjawab terhadap mobil kompak global Nissan yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Pembicara ke dua adalah Yoshihito Takeuchi yang berprofesi sebagai ahli pembuat model dari clay (clay modeler). Takeuchi bekerja sebagai desainer interior Nissan Motor Co. Ltd. dengan menggunakan tanah liat (clay). Sejumlah mahasiswa UPH juga berkesempatan untuk membuat mobil dari clay.

Menjadi bagian dari NDS, mulai 3 Desember hingga 20 Desember dilangsungkan pameran Nissan Design Square yang dilengkapi panel display di Johannes Oentoro Library, Universitas Pelita Harapan, Karawaci. Di pameran ini akan ditampilkan mobil-mobil Nissan berukuran skala 1:4 dari ukuran aslinya seperti model dari X-Trail, Teana dan March yang terbuat dari plastik.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: