Skip to content

Suara LFA Mirip Formula1

December 13, 2009

Kalau anda penyuka suara mobil-mobil Formula 1, sebaiknya berpikirlah untuk memiliki supercar yang satu ini, Lexus LFA.  Deru suara mesin V10 bisa membuat jantung ‘copot’.  Toyota mengatakan, performa dan suara LFA merupakan refleksi dari kemahiran merancang mesin F1.

Menurut Lexus, supercar terbarunya, LFA, tak hanya memiliki performa andal. Knalpot yang menghasilkan ’soundtrack’ F1 tersebut dikatakan berbeda dengan yang diaplikasi kebanyakan supercar jalan raya. Silincer utama yang diadopsi untuk LFA dibuat dari titanium. Peranti ini memiliki katup dan dua struktur saluran bertingkat guna mengimbangi kecepatan putaran mesin.

Pada putaran mesin 3.000rpm katup knalpot masih tertutup sehingga suara yang muncul tidak bergemuruh. Namun apabila putaran mesin melebihi kecepatan tersebut maka katup yang membuka sekaligus akan mengeluarkan suara melengking.

Saat putaran mesin mencapai 4.000rpm, misalnya, suara yang dihasilkan mencapai frekuensi 300Hz. Frekuensi ini terus merangkak naik mencapai 400 hingga 500Hz ketika di titik 6.000rpm. Sedangkan ketika mencapai puncak putaran di 9.000rpm frekuensi yang dihasilkan mencapai 600Hz.

Hasil suara yang dasyat ini tidak terlepas dari digunakannya sistem akustik yang disebut sebagai efek Resonated Complex Harmony. Dengan sistem ini pengemudi dan penumpang tidak akan terganggu dengan suara dari knalpot LFA.

Hebatnya lagi, suara yang sebenarnya keluar dari belakang justru dapat di dengar dari balik panel dashboard. Khusus kemampuan mengatur munculnya suara dari titik ini, tim Lexus menyebut temuannya sebagai 3D Surround Sound Concept. Seperti apa suara Lexus LFA yang sesungguhnya? Buruan pesan sekarang!

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: