Skip to content

Wow! Volvo Kini Milik China

December 27, 2009

Produsen mobil China sepakat membeli merek mobil Swedia seharga Rp 17,2 triliun. Kesepakatan terjadi untuk menduniakan peran China dalam industri otomotif dan pengembangan strategi ONE bagi Ford.

Ford akhirnya telah mencapai kesepakatan untuk menjual divisi Volvo Car-nya. Produsen mobil berbasis di Detroit ini telah merancang kesepakatan dengan produsen China, yakni Zhejiang Geely Holding Group untuk membeli merek Swedia tersebut pada kuartal kedua 2010.

Ford mengatakan bahwa semua isi kunci dari kesepakatan telah disetujui. Tapi Geely masih harus  mengamankan pembiayaan untuk pembelian dan memperoleh persetujuan dari regulator yakni pemerintah China.

Ford mengeluarkan pernyataan tentang penjualan tersebut dan mengatakan akan menjamin masa depan Volvo dan bahwa Ford akan memfokuskan pada strategi Ford ONE untuk tujuan memperkuat kehadiran merek global.

Dengan penjualan yang terjadi, Ford tidak akan mempertahankan kepemilikan apapun dari Volvo tetapi akan terus bekerja sama dalam proyek-proyek dengan merek tertentu.

Untuk Geely Otomotif yakni anak perusahaan dari kelompok pemegang Geely Holding Group akan meningkatkan investasi dalam pembelian teknologi canggih otomotif dan sebuah terobosan berharga ke pasar Eropa dan AS (belahan bumi barat) untuk produsen mobil China.

Geely akan mengakuisi Volvo dengan biaya sekitar $ 1,8 miliar (1,26 miliar euro) atau setara dengan Rp 17,2 triliun. Sedangkan Ford membeli Volvo sebesar $6.45 miliar (4,5 miliar euro) setara dengan Rp 61,9 triliun pada tahun 1999.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: