Skip to content

Ini Dia Mobil Dinas Menteri KIB II

December 28, 2009

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Baru (KIB) terlihat masih malu-malu menggunakan mobil dinas barunya, Toyota Crown Royal Saloon. Mobil seharga Rp 1 milyar lebih ini sebetulnya sudah dibagi-bagi sejak sebulan lalu. Tapi, koq baru dipakai sekarang.

Diantara 34 menteri di KIB, yang terlihat sudah menggunakan mobil barunya adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Saleh, Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan beberapa menteri lain.

Beberapa fotografer sempat mengambil gambar mobil dengan plat nomer RI 37 yang di parkir di halaman kantor Menko Perekonomian saat berlangsung  rakor Ekonomi di kantor Menko Perekonomian, Senin (28/12) pagi.

Kendaraan dinas Toyota Royal Crown Saloon seharga Rp 1,06 milyar tersebut,  memang sudah diterima para menteri sekitar sebulan yang lalu. Namun baru digunakan sekitar dua pekan ini.  Mobil ini, menggantikan kendaraan dinas sebelumnya, yaitu sedan hitam jenis Toyota Camry. “Sama saja, tapi yang Camry lebih besar. Kalau yang ini lebih sempit,”  ujar Singgih, sopir pribadi Menteri ESDM.

Toyota Crown Royal Saloon ini sekelas dengan BMW Seri 5 (530), Mercedes E-Class, dan Audi A6 (dari Jerman). Di Jepang, kompetitornya adalah Honda Legend dan Nissan Fuga.

Dalam keluarga Crown yang terdiri dari 5 varian dengan kasta tertinggi adalah Century kemudian Majesta, Crown Athlete,  sebuah sedan mewah berpenampilan sporty. Sementara Royal termasuk standar sedan paling bawah.

Crown yang dipasarkan sekarang adalah generasi ke-13.  Mobil ini dibuat pertama kali pada 1955 dan merupakan sedan tertua yang masih diproduksi oleh Toyota sampai sekarang.  Di Jepang, Crown dirancang sebagai taksi. Namun pada  1950-an, Crown mulai diekspor ke Amerika Serikat, sedangkan di Indonesia sudah dikenal sejak 1970-an.

Melihat spesifikasinya, Royal Crown 2009 adalah sedan mewah dan terlengkap di kelasnya. Di Jepang, mobil ini ditawarkan dengan dua versi mesin, yaitu V6, 2,5 liter dan V6, 3,0 liter. Toyota Crown, mobil dinas  para menteri adalah versi yang terakhir.

Di negara asalnya, mobil ini dilengkapi dengan sistem navigasi satelit 3D yang dikendalikan oleh G-BOOK. Fitur khas ini hanya dimiliki Crown. Belum diperoleh informasi, apakah varian yang digunakan para pembantu SBY ini memiliki fitur yang sama.

Dengan fitur tersebut, peredaman suspensi akan bekerja secara otomatis sesuai dengan kondisi permukaan jalan. Misalnya, jika ada lubang atau jalan bergelombang,  maka peredam suspensi akan menyesuaikan diri. Begitu juga ketika membelok. Pengemudi tak perlu repot menekan tombol. Inilah kehebatan teknologi yang disebut Toyota dengan VDIM atau Vehicle Dynamics Integrated Management.

Tak hanya itu, perpindahan gigi juga bisa diatur sendiri. Komputer mobil akan mengaktifkan efek pengereman mesin ketika mendekati gerbang tol. Radar yang digunakannya sangat presisi dan bisa mengukur sampai ke tingkat milimeter. Konsumsi bahan bakarnya, diklaim Toyota, mencapai 11,8 km/liter.

Di Jepang, mobil ini juga dilengkapi night vision system yang bisa mendeteksi pejalan kaki melalui kamera inframerah jarak dekat. Tambahan lain adalah intelligent parking assist system untuk membantu pengemudi agar mudah parkir dengan berbagai posisi. Utamanya parkir sejajar! Bahkan, pengemudi diberi tahu lewat suara, besarnya putaran setir. Lagi-lagi, apakah fasilitas yang ada pada mobil menteri selengkap itu?

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: