Skip to content

Chavez: Tak Ada Alih Teknologi dari Toyota

December 30, 2009

Presiden Venezuela Hugo Chávez, menilai Toyota hanya menerapkan teori omong kosong dan tak pernah mau memberikan alih teknologi kepada Venezuela.  Karena itu, Chavez mengancam akan membubarkan pabrik-pabrik Toyota dan menggantikannya dengan perusahaan China.

Tak hanya Jepang, produsen kendaraan internasional dari negara lain juga ikut disentil Chávez. Fiat SpA dari Italia, yang mengendalikan Grup Chrysler LLC, dan General Motors (GM) termasuk yang disinggung sebagai perusahaan bermasalah karena pelit mentransfer teknologi.

Chávez berharap, Toyota bisa segera membuat mobil-mobil yang didesain khusus untuk daerah-daerah di pedesaan Vanezuela. Selain itu, Chávez juga mendesak Toyota untuk secepatnya membangun basis produksi kendaraan di Venezuela.

Pemimpin yang sangat populis itu bahkan mengancam bakal mengambil alih pabrik-pabrik perakitan Toyota Motor Corp  yang ada di negaranya.

Chávez telah memerintahkan menteri perdagangan, Eduardo Saman, untuk memeriksa pabrik Toyota. Dia mengatakan, jika pemeriksaan menunjukkan Toyota tidak menghasilkan apa yang diharapkan dan tidak memberikan transfer teknologi, pabrik Toyota akan diambil alih pemerintah untuk kemudian diserahkan kepada perusahaan China yang mampu mengoperasionalkannya.

“Kami akan melakukannya. Kami akan mengambil alih itu (Toyota). Kami akan membayar aset mereka sepantasnya (Toyota) dan segera memanggil orang Cina yang bisa menggantikannya,” ujar Chávez dalam serbuah pidato yang ditayangkan televisi lokal, baru-baru ini.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: