Skip to content

China Rajai Otomotif Dunia

January 13, 2010

Dominasi Amerika sudah berakhir. Kini,  industri otomotif global tertuju ke China menyusul lonjakan penjualan sepanjang 2009 di Negeri Tirai Bambu yang mencapai 46%.  Woow!

Data China Association of Automobile Manufacturers yang dirilis pekan ini menyebutkan penjualan mobil, bus, dan truk di China mencapai 13,6 juta unit pada 2009.  Penjualan itu merupakan lonjakan tertinggi selama 10 tahun terakhir. Sebaliknya, Autodata Corp. menyatakan penjualan di AS turun 21% ke 10,4 juta atau terendah sejak 1982.

Menurut analis Booz & Co., Bill Russo, yang memberi layanan konsultasi ke produsen otomotif, China telah menjadi pusat pertumbuhan indutri otomotif global pada abad ke-21 ini. “Pertumbuhan ekonomi pun menjadi pertumbuhan penjualan otomotif,” ujar Russo, pekan ini.

Booz & Co. mencatat, penjualan kendaraan China melonjak setiap tahunnya setelah krisis moneter Asia pada 1999. Rata-rata penjualan per tahun itu mencapai lebih dari 9%. Kecepatan pertumbuhan itu bahkan membantu produsen otomotif seperti General Motors Co. dan Volkswagen AG mengatasi lemahnya permintaan di AS dan Eropa. “Pasar China tetap menjadi yang terbesar meski penjualan agak melambat karena potongan pajak,” lanjutnya.

Namun analis Pingan Securities Co. di Shanghai Yu Bing memperkirakan, pertumbuhan luar biasa otomotif China pada 2009 takkan terulang lagi tahun ini. “Produsen otomotif akan mendapatkan tantangan. Sebab permintaan berkurang dan kompetisi meningkat,” kata Bing.

Tahun lalu, pemerintah China memangkas pajak penjualan kendaraan baru hingga 5%. Selain itu, juga ada stimulus lima miliar yuan (US$732 juta) tunai untuk mengganti kendaraan lama. Hal ini membantu Negeri Tirai Bambu itu mendorong permintaan global. Sedangkan rencana mengurangi potongan pajak telah diumumkan pada 10 Desember lalu.

Kepemilikan kendaraan di China juga meningkat hingga 51 juta unit pada akhir 2008. Padahal di 1977, hanya satu juta unit kendaraan yang dimiliki penduduk negara tersebut sehingga ikut mendorong GDP-nya. Selain itu, fakta bahwa China memang merajai penjualan beberapa barang seperti ponsel, bir, dan oven microwave.

Melihat masa depan dunia otomotif berada di China, GM dan Volkswagen pun menolehkan fokus mereka ke kawasan ini. GM menyatakan penjualan di China meningkat 67% tahun lalu, yang mencapai jumlah rekor 1,83 juta unit kendaraan. Shanghai GM Co. menjual 727.620 unit atau naik 63%.

GM baru saja menjual 1% kepemilikan saham mereka di Shanghai GM kepada partner mereka, SAIC Motor Corp, produsen otomotif terbesar di negara itu. Penjualan senilai US$84,5 juta itu membuat GM memiliki 49% porsi saham di partner mereka. SAIC juga membukukan penjualan yang sangat baik.

Pembuat minivan terbesar China ini penjualannya mencapai 1,1 juta unit atau naik 64%. Penjualan ini merupakan 60% dari total sales GM di negara itu. Volkswagen berencana menginvestasikan empat miliar euro atau US$5,7 miliar ke China pada 2011 mendatang. Seolah tak mau kalah, sejumlah produsen lainnya mengikuti mereka.

Ford Motor Co. akan menghabiskan US$490 juta untuk membangun pabrik ketiga di negera ini. Kemudian Hyundai juga ikut berencana membangun pabrik untuk meningkatkan kapasitas mereka di China hingga 50%. Pabrikan Korea ini menargetkan penjualan hingga 900 ribu pada 2011.

Pada akhir 2008, ada 117 produsen otomotif di China yang menimbulkan potensi <I>overcapasity</I> atau kapasitas berlebih. Pengawas otomotif China yang tergabung dalam National Development and Reform Commission, Chen Bin, berharap produsen otomotif di negaranya berbisnis dengan tangan dingin.
“Jangan sampai kapasitas produksi mereka melebihi permintaan,” katanya. Faktanya tetap saja, Chen mengungkapkan kemungkinan  overcapacity  karena produsen otomotif AS juga menggantungkan masa depan mereka di pasar China. Mereka tak ingin kebangkrutan yang menimpa dua raksasanya, GM dan Chrysler, kembali terjadi.

From → Auto News

5 Comments
  1. sedjatee permalink

    negeri cina raja otomotif… negeri ini raja korupsi… salam kenal… ‘

    sedj

  2. Kpn kita maju yah, slm kenal jg bro

  3. Lee permalink

    negri kita indonesia pasti juga bisa selama kita semua yakin dan mau berusaha

  4. sedjatee@: iia tu lah keahlian yg paling mahir d negri kita

    ngalahin negara lain d urusan yg tu mah
    lam nal smua nya

  5. Selama KKN di Indonesia masih jadi budaya, Indonesia tidak akan maju-maju, ngomong-ngomong perkapan mobil cina mulai launching di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: