Skip to content

Toyota dan Honda Indonesia Bebas Recall

January 31, 2010

Toyota Matrix

Jutaan unit mobil Toyota direcall di sejumlah negara. Honda pun demikian, meski jumlahnya tak sebanyak Toyota. Penyebabnya sepele, tapi bisa membayakan keselamatan para pemiliknya, seperti kejadian dengan anak pemilik Honda Jazz di Afrika Selatan.

Sampai sejauh ini, mobil-mobil Toyota maupun Honda di Indonesia masih aman. Belum ada keluhan yang disampaikan para pemiliknya, namun baik Toyota maupun Honda siap menganstisipasi segala kemungkinan yang terjadi menyusul ramainya produk recall di beberapa negara dalam beberapa hari ini.

Meski kejadiannya bukan di Indonesia, tak urung beberapa teman dan sejumlah konsumen ketar-ketir. “Wah! jangan-jangan mobil yang saya pakai juga bermasalah.”

Januari 2010, memang baru merek Toyota yang diberitakan terkena recall. Jumlahnya mencapai jutaan unit.  Namun, di penghujung Januari, merek Jepang lainnya, yakni Honda, juga mengumumkan telah terjadi recall terhadap salah satu varian palig laris, yaitu Honda Jazz, atau Fit di Jepang.

Honda Jazz (Fit)

Sepanjang 2009 hingga Januari 2010, Toyota me-recall lebih dari tiga juta unit mobilnya  karena masalah pedal, sementara Honda Jazz di-recall menyusul tragedi meninggalnya balita di Afrika Selatan (Afsel) berawal dari masalah <i>power window</i>.

Vanilla Nurse, seorang bocah berusia dua tahun, tewas di Cape Town pada September tahun lalu saat ia sedang tidur ketika api melalap mobilnya.

Di luar Afsel, Honda Inggris baru-baru ini mengeluarkan pengumuman recall setelah Institute of Advanced Motorists (IAM) mengkritik pemerintah untuk mempertanyakan recall 170.000 unit Honda Jazz yang ada di Negeri Pangeran Charles itu.

Vehicle and Operator Services Agency (Vosa), yang merupakan lembaga keselamatan transportasi di bawah Departemen Transportasi Inggris, mengatakan akan meneliti kasus ini terlebih dahulu.

“Vosa akan mengidentifikasi masalahnya dan akan memanggil pihak produsen untuk menjelaskan masalah yang dihadapi. Kami akan membantu Honda dan tidak akan membiarkan mereka bekerja sendirian,” ujar Head of Technical Advice IAM Tim Shallcross.

Sequoia SR5

Vosa hingga saat ini masih belum berkomentar mengenai masalah recall ini di Inggris. “Di Inggris masalah keselamatan konsumen terikat erat dengan kulaitas produk. Tidak ada pengecualian bagi Honda untuk merecall 170.000 unit Honda Jazz jika memang membahayakan konsumenvehicles,” ujar Tim.

Mulai Jumat (29/1) Honda Inggris telah menghubungi para pemilik Honda Jazz semua tipe yang diproduksi antara 2001 – 2008.

Sementara itu,  setelah menarik kembali (recall) 3,2 juta unit varian Toyota di Amerika, giliran Toyota China merecall 75.000 unit lebih RAV4 karena masalah pada pedal gas.

Badan sertifikasi nasional China menulis dalam keterangan resminya, di situs http://www.aqsiq.gov.cn, Kamis (28/1), total 75.552 unit RAV4 yang diproduksi mulai 28 Februari 2009 di China harus direcall karena masalah pada pedal gas.

Sebelumnya, sejumlah model Toyota yang terkena dampak recall 2,3 juta unit adalah 2009-2010 RAV4, 2009-2010 Corolla, 2009-2010 Matrix, 2005-2010 Avalon, beberapa unit 2007-2010 Camry, 2010 Highlander, 2007-2010 Tundra, dan 2008-2010 Sequoia. Rabu (27/1) kemarin, Toyota Amerika Serikat (AS) mengumumkan me-recall satu juta unit mobil lagi karena masalah pedal gas yang tersangkut karpet mobil.

Recall terbaru ini meliputi,2008-2010 Highlander, 2009-2010 Corolla, 2009-2010 Venza, 2009-2010 Matrix, dan 2009-2010 Pontiac Vibe. Sampai sejauh ini, baik Toyota maupun Honda di Indonesia sudah menegaskan mobil-mobil Toyota maupun Honda yang dijual di Indonesia bebas dari recall.

Toyota Rav4

PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan seluruh mobil Toyota yang dipasarkan di Indonesia aman dikendarai dan tidak terkena penarikan kembali (recall), seperti yang terjadi di Amerika Serikat (AS), pekan lalu.

“Kami berharap pelanggan Toyota di Indonesia tidak perlu khawatir menggunakan kendaraan Toyota sebagaimana mestinya” ujar Direktur Marketing PT TAM Joko Trisanyoto.

Penegasan yang sama juga disampaikan Marketing & After Sales Service Director PT HPM Jonfis Fandi. Menurutnya,  penyalur tombol power-window untuk Jazz produksi lokal berbeda dengan yang dibuat oleh Honda Inggris. “Master switch yang kita pakai berbeda tipe. Saya sudah mendapat kepastian akan hal tersebut,” kata Jonfis.

Jonfis menambahkan, para konsumen Jazz di Tanah Air tak perlu resah akan munculnya berita recall di Afrika Selatan dan Inggris. Selain belum menerima laporan kejadian sejenis, Jonfis menyatakan, pihaknya siap melakukan langkah-langkah antisipasi apabila konsumen memerlukan informasi untuk meningkatkan kenyamanannya.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: