Skip to content

Wuih! Target IIMS Rp2 Trilyun

February 1, 2010

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menargetkan transaksi di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS)  Juli – Agustus 2010 mencapai Rp 2 trilyun atau penjualan 7.000 unit mobil.

“Kami berharap, IIMS 2010 menjadi acara yang lebih internasional karena merupakan kesempatan yang baik untuk kembali menunjukkan pertumbuhan otomotif kita. IIMS 2010 juga tetap membawa misi lingkungan otomotif yang hijau,” ujar Ketua Umum Gaikindo Bambang Trisulo, dalam siaran persnya, Senin (1/2).

Gaikindo juga berharap bahwa penyelenggaraan IIMS 2010 mampu mendorong kenaikan penjualan untuk tahun 2010, apalagi didukung dengan fakta bahwa hampir seluruh ATPM ikut serta, dan beberapa ATPM telah merencanakan meluncurkan mobil terbaru mereka di ajang ini. Bambang menjelaskan bahwa target penjualan kendaraaan roda empat tahun 2010 untuk pasar dalam negeri berkisar antara 560.000 – 600.000 unit, sedangkan ekspor 70.000 – 90.000 unit. Perbandingan untuk tahun 2009, penjualan  kendaraan bermotor dalam negeri mencapai 483.548 unit.

Fakta menggembirakan terjadi pada hasil penjualan kendaraan bermotor untuk tahun 2009, dimana penjualan ternyata melebihi target Gaikindo sebesar 7,5% atau sebesar 33.548 unit. Sampai dengan akhir 2009, total jumlah kendaraan yang terjual tercatat sebesar 483.548 unit. Hal ini melebihi angka target penjualan 2009, yaitu 450.000 unit.

Prestasi ini merupakan sinyal positif bagi industri otomotif tanah air. Seiring dengan semakin membaiknya keadaan ekonomi, diharapkan terjadi kenaikan pula yang cukup signifikan pada tahun 2010. Meskipun perlahan, tingkat penjualan kendaraan bermotor di Indonesia dari tahun ke tahun terlihat stabil bahkan cenderung naik.

Menurut Bambang, industri otomotif tahun ini akan berkembang lebih baik seiring dengan kondisi makro ekonomi, lebih kurang tumbuh antara 5.0 – 5.5% (GDP). “Diharapkan dalam 3 tahun kedepan akan ada peluang baru untuk memperbesar pasar dan investasi di Indonesia,” ungkap Bambang.

Penjualan tahun ini didominasi oleh kendaraan jenis MPV 4×2 yang makin banyak diminati konsumen di kalangan perkotaan. Kendaraan semacam ini dirasa paling cocok bagi konsumen karena nyaman digunakan di dalam dan luar kota. Melihat hasil yang cukup positif tersebut, Gaikindo tidak serta merta membiarkan pasar 2010 bisa berkembang dengan sendirinya. Tentunya, sebagai organisasi otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo memiliki tanggung jawab untuk memberikan fasilitas dan mendorong industri otomotif Indonesia terus tumbuh.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: