Skip to content

2010 Skutik Masih Primadona

February 13, 2010

Penjualan skuter matik (skutik) Honda mencatat pertumbuhan 20,2% sepanjang Januari 2010 dibandingkan dengan bulan yang sama tahun 2009. Skutik hingga saat ini masih menjadi primadona, tidak saja bagi Honda, tapi juga merek lainnya.

Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor Julius Aslan, dalam keterangan resminya, Jumat (12/2), menilai pertumbuhan penjualan model skutik di awal tahun ini merupakan indikasi bahwa minat konsumen terhadap skutik akan terus tumbuh di masa mendatang.

”Skutik masih akan menjadi primadona di pasar motor domestik dalam beberapa tahun ke depan,” ujarnya. Ia menambahkan pasar sepeda motor domestik tahun ini akan tumbuh lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. Pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dengan situasi politik yang lebih stabil akan menjadi pendorong utama kenaikan penjualan kendaraan roda dua seiring dengan membaiknya daya beli masyarakat.

Total penjualan Honda pada bulan Januari tercatat sebanyak 216.041 unit sedangkan pada bulan pertama tahun sebelumnya hanya 179.685 unit. Honda BeAT dan Vario series pada awal tahun ini mencatat pertumbuhan penjualan terbesar kendati secara volume penjualan masih berada di bawah angka penjualan model bebek.

Di segmen skutik, AHM berhasil menjual sebanyak 90.461 unit sepeda motor bertransmisi otomatik. Perolehan ini lebih besar sekitar 69% dibandingkan dengan bulan Januari tahun 2009 yang hanya 53.548 unit.
Honda BeAT mencatat pertumbuhan penjualan terbesar dibandingkan model sepeda motor Honda yang lain, yaitu 86,75% dari angka penjuakan 23.616 unit pada tahun 2009 menjadi 44.103 unit. Penjualan Honda Vario series pada bulan Januari lalu tercatat sebanyak 46.358 unit atau tumbuh 54,9% dibandingkan dengan angka penjualan pada bulan pertama 2009 yang hanya 29.932 unit.

Julius optimistis kondisi ekonomi yang semakin membaik ini tidak hanya akan mendorong permintaan terhadap model motor skutik, tapi juga akan berimbas pada kenaikan permintaan terhadap model motor bebek maupun sport. ”Kami akan berusaha menyiapkan produk baru di setiap segmen sehingga diharapkan sepeda motor Honda akan menjadi pilihan semua kalangan,” ujarnya.

Penjualan model bebek Honda pada bulan lalu tercatat 111.032 unit atau tumbuh 3% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun 2009 yang hanya 107.719 unit. Di segmen ini AHM memiliki model Honda Absolut Revo 110cc, Honda Supra X 125 series, dan Honda Blade 110. Sedangkan di segmen sport AHM memasarkan Honda Tiger, Honda Mega Pro, Honda CS1. Total penjualan Honda di segmen sport tercatat 14.548 unit.

From → Auto News

One Comment
  1. I Putu Eka Arta permalink

    Honda Scoopy ternyata banyak peminatnya, termasuk keluarga saya, sampe bela2in inden… untuk wilayah Bali ternyata banyak peminatnya.
    Untuk produk baru emang gak ada kelebihan bagi pembeli yang pertama, yaa semacam bonus/hadiah.

    Terimakasih.
    Salam dari Bali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: