Skip to content

Cihuy! CKD Hyundai H1 Lebih Baik dari Korea

February 15, 2010

Kualitas mobil rakitan lokal Indonesia tidak kalah dibanding dengan negara-negara lain, seperti Malaysia, Thailand bahkan Korea. Fakta ini sudah dibuktikan oleh beberapa pabrikan lokal Indonesia, terakhir PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI).

HMI, pekan lalu telah memperkenalkan H1 versi rakitan lokal (CKD) Indonesia. Selain memenuhi permintaan dalam negri, H1 CKD Indonesia ini juga akan diekspor ke Thailand pertengahan tahun ini, menyusul Malaysia, Filipina dan beberapa negara lain.

Menurut Presiden Direktur PT HMI Jongkie D. Sugiarto, hasil rakitan Hyundai H1 tidak kalah dibanding negara lain bahkan Korea Sekalipun. Karena itu, tambahnya, HMI berani memberikan jaminan yang jauh lebih lama dibanding dengan Korea. “Kami yakin dengan kualitas rakitan lokal,  makanya  garansinya lima tahun atau 150.000 km,”  ujarnya.

Dia mengatakan, dengan adanya H1 CKD Indonesia ini, HMI  optimis dapat memenuhi permintaan di kawasan Asia Tenggara.  H1 CKD Indonesia ini, dalam waktu dekat akan diekspor ke Thailand atau paling lambat pertengahan tahun dan akan dilakukan  secara bertahap. “Kami akan ekspor ke Thailand mulai Juli mendatang sekitar 100-150 unit per bulan. Mereka minta versi diesel dan kami mungkin bisa ekspor ke Malaysia, Singapura, dan Malaysia,” ujarnya.

Hyundai H1 CKD Indonesia terdiri dari dua varian mesin, yaitu 2.4L versi bensin dan 2.5L  Common Rail Direct injection (CRDi). Untuk varian bensin terdiri dari dua tipe, yaitu Elegance dan XG.

Perbedaan dengan H1 versi impor utuh dari Korea Selatan (Korsel) sebelumnya adalah H1 CKD Indonesia memiliki single tone color, desain velg yang baru,  roof mounted LCD  (tipe XG saja), GPS (XG),  wood grain panel  (XG),  xenon headlight  (XG),  rear spoiler with rear view camera  (XG), dan  new double din head unit.

Selain memberikan jaminan  dalam jangka waktu yang cukup lama, harga H1 CKD Indonesia jauh lebih murah. Jika H1 versi CBU dibandrol Rp 394,5 juta untuk tipe XG, maka untuk versi CKD Indonesia dilepas Rp 370 juta on the road Jakarta. Sementara itu, H1 varian Elegant kini Rp 350 juta on the road Jakarta. Ada selisih harga yang cukup lumayan ketika pilihan jatuh ke versi CKD Indonesia.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: