Skip to content

Toyota Utamakan Keselamatan Pelanggan

February 25, 2010

Bos Toyota Akio Toyoda, telah mempersiapkan pidato tertulisnya di depan kongres AS pada Rabu (24/2) pagi waktu setempat atau tengah malam WIB. Toyoda datang lebih awal dari waktu yang ditentukan,  dia dikawal ketat oleh pihak keamanan gedung kongres AS datang bersama petinggi Toyota Jepang dan Toyota AS.

Toyoda memberikan keterangan dalam bahasa Jepang kepada ratusan jurnalis yang menunggu di depan gedung kongres AS. “Ini adalah kesempatan yang penting untuk tampil hari ini dan saya siap memberikan keterangan di depan kongres AS yang mengundang saya datang kemari,” ujar Toyoda yang diterjemahkan oleh Chief Operation Toyota Amerika Utara Yoshi Inaba.

Setelah itu, Toyoda langsung menuju ruang kongres. Pidato Toyoda dibawah ini dirilis pada pagi harinya,  Selasa (24/2). Berikut ini teks lengkap dari Toyoda yang isinya mengenai masalah penanganan keselamatan.

Saya Akio Toyoda dari Toyota Motor Corporation. Pertama saya ingin menyatakan bahwa saya menyukai mobil seperti halnya siapa pun, dan saya mencintai Toyota seperti halnya siapa pun. Kami senang bisa melayani pelanggan yang cinta dengan produk kami dan saya tahu bahwa 200.000 anggota tim, dealer, dan pemasok di seluruh AS merasakan hal yang sama.

Namun, dalam beberapa bulan terakhir,  pelanggan kami sudah mulai merasa tidak yakin tentang keselamatan Toyota, dan saya bertanggung jawab penuh untuk itu. Hari ini, saya ingin menjelaskan kepada rakyat Amerika, serta pelanggan kami di AS dan di negara lainnya, betapa serius Toyota menekankan soal kualitas dan keamanan kendaraan.

Saya ingin menyampaikan penghargaan kepada Ketua Kota dan Peringkat Anggota (Darrell) Issa, serta sebagai anggota Dewan Pengawas dan Komite Reformasi Pemerintah,  yang memberi saya kesempatan untuk mengekspresikan pikiran saya hari ini.  Saya ingin fokus pada tiga topik, yaitu filosofi dasar Toyota tentang kendali mutu, penyebab, dan bagaimana kita akan mengelola kontrol kualitas.

Pertama, saya ingin membahas filosofi Toyota pengawasan mutu. Saya sendiri, serta Toyota, tidak ada yang sempurna. Terkadang, kita temukan cacat. Tapi dalam situasi seperti itu, kami selalu berhenti, berusaha untuk memahami masalah, dan membuat perubahan untuk meningkatkan lebih jauh. Dalam nama perusahaan, tradisi lama dan kebanggaan, kami tidak pernah melarikan diri dari masalah atau berpura-pura kita tidak memperhatikan mereka.

Dengan membuat perbaikan terus-menerus, kami bertujuan untuk terus menawarkan produk-produk yang lebih baik bagi masyarakat. Itu nilai inti kami tetap dekat dengan hati sejak perusahaan ini didirikan. Di Toyota, kami percaya kunci untuk membuat produk berkualitas adalah untuk mengembangkan orang-orang yang berkualitas. Setiap karyawan berpikir tentang apa yang dia harus lakukan, terus-menerus membuat perbaikan, dan dengan berbuat demikian, bahkan membuat mobil yang lebih baik.

Kami telah aktif terlibat dalam pengembangan orang-orang yang berbagi dan dapat mengeksekusi pada intinya. Sudah lebih dari 50 tahun sejak kami mulai menjual di negara besar ini, dan lebih dari 25 tahun sejak kami memulai produksi di sini. Dan dalam proses, kami telah mampu berbagi nilai inti ini dengan 200.000 orang di pabrik Toyota, dealer, dan pemasok di negara ini.

Itu adalah hal yang paling saya banggakan. Kedua, saya ingin mendiskusikan ingat apa yang menyebabkan masalah-masalah yang kita hadapi sekarang. Toyota dalam beberapa tahun telah memperluas usahanya dengan cepat. Saya ingin menunjukkan di sini bahwa prioritas Toyota secara tradisional, yaitu pertama adalah keselamatan, kedua adalah kualitas, dan ketiga adalah volume. Kami tidak bisa berhenti, berpikir, dan membuat perbaikan jika kami mendapatkannya, dan sikap dasar kita untuk mendengarkan pelanggan suara untuk membuat produk yang lebih baik
agak melemah.

Kami mengejar pertumbuhan kecepatan yang kami mampu mengembangkan orang-orang dan organisasi kami, dan kita harus sungguh-sungguh menjadi sadar akan hal itu. Saya menyesal bahwa hal ini menyebabkan masalah keamanan yang dijelaskan dalam mengingatkan kita hadapi saat ini, dan saya mohon maaf atas kecelakaan yang dialami pengendara Toyota. Terutama, saya ingin menyampaikan belasungkawa saya kepada anggota keluarga Saylor, karena kecelakaan di San Diego.

Saya ingin mengirim doa-doa saya lagi, dan saya akan melakukan sekuat tenaga untuk memastikan bahwa tragedi tak akan pernah terjadi lagi. Sejak bulan Juni lalu, ketika pertama kali saya menjabat, saya secara pribadi telah meletakkan prioritas tertinggi pada peningkatan kualitas atas kuantitas, dan saya telah berbagi arah itu dengan para pemegang saham kami.

Seperti yang telah diketahui, saya cucu dari pendiri, dan semua kendaraan Toyota memakai nama saya. Bagi saya, ketika mobil rusak, maka seakan-akan saya juga. Saya, lebih dari siapa pun, berkeinginan mobil Toyota aman, dan bagi pelanggan kami merasa aman ketika mereka menggunakan kendaraan kami.

Di bawah kepemimpinan saya, saya ingin menegaskan kembali nilai-nilai kita menempatkan keselamatan dan kualitas tertinggi kami dalam daftar prioritas, yang telah kami tegaskan dari saat kami mendirikan perusahaan ini. Saya juga akan berusaha untuk merancang sistem di mana kita pasti bisa menjalankan apa yang kita hargai.

Ketiga, saya ingin mendiskusikan rencana kami untuk mengelola pengendalian mutu menjadi lebih baik. Sampai sekarang, setiap keputusan melakukan penarikan telah dibuat oleh divisi kualitas di Toyota Motor Corporation di Jepang. Divisi ini menegaskan apakah ada masalah teknis dan membuat keputusan apakah sebuah model akan tetap diproduksi. Namun, berdasarkan pada masalah beberapa hari belakangan ini, apa yang kita rasa kurang adalah perspektif pelanggan.

Untuk membuat perbaikan dalam hal ini, kami akan melakukan perubahan berikut proses untuk pengambilan keputusan. Ketika keputusan dibuat, sejumlah langkah akan ditambahkan untuk memastikan bahwa manajemen akan membuat keputusan yang bertanggung jawab dari sudut pandang ‘keselamatan pelanggan pertama. Untuk melakukannya, kita akan merancang suatu sistem di mana suara pelanggan di seluruh dunia bisa menghubungi kami pada waktu yang tepat, dan juga sistem di mana masing-masing daerah akan dapat membuat keputusan jika diperlukan.

Selanjutnya, kami akan membentuk kelompok penasihat kualitas yang terdiri dari ahli dari Amerika Utara dan negara lain untuk memastikan bahwa kami tidak membuat keputusan yang keliru. Akhirnya, kami akan melakukan investasi besar dalam kualitas di AS, melalui pembentukan Pusat Kualitas Otomotif, pengenalan posisi baru Eksekutif keselamatan produk, dan berbagi macam informasi dan tanggung jawab dalam perusahaan untuk kualitas produk keputusan, termasuk cacat produk.

Bahkan yang lebih penting, saya akan memastikan bahwa anggota tim manajemen benar-benar menyetir mobil, dan
jika mereka  berbohong  maka sanksi berat akan kami berikan. Saya sendiri adalah test driver yang terlatih. Sebagai profesional, saya dapat memeriksa masalah-masalah di dalam mobil, dan dapat memahami bagaimana berat keselamatan menjadi perhatian di dalam mobil.

Saya mengendarai kendaraan bahkan merasakan pedal gas pada sejumlah mobil Toyota dan masalah pada Prius, membandingkan kendaraan sebelum dan setelah digunakan di berbagai situasi dan kondisi. Saya percaya bahwa hanya dengan meneliti masalah di lokasi, bisa saja salah membuat keputusan dari perspektif pelanggan. Orang tidak dapat mengandalkan laporan atau data dalam ruang rapat.

Melalui langkah-langkah yang baru saja saya bahas, dan dengan apapun hasil yang kami peroleh dari investigasi kami sedang melakukan bekerjasama dengan NHTSA, saya berniat untuk lebih memperbaiki kualitas Toyota kendaraan dan memenuhi prinsip kami yaitu mengutamakan keselamatan pelanggan.

Nama saya ada pada setiap mobil. Anda memiliki komitmen pribadi saya bahwa Toyota akan bekerja keras dan tak henti-hentinya untuk memulihkan kepercayaan dari pelanggan kami. Terima kasih.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

