Skip to content

Recall Sedang Ngetren di Jepang, Hah!

February 27, 2010

Menyusul Toyota, Honda, Mitsubishi, tiga manufaktur Jepang lainnya, Daihatsu, Nissan dan Suzuki hampir bersamaan mengumumkan telah me-recall beberapa model yang dipasarkan di Jepang dan sejumlah negara lainnya.

Daihatsu resmi menarik kembali (recall) 60.774 unit dari empat model karena masalah pada sistem kabel (wiring) sehingga menyebabkan airbag mengembang secara tiba-tiba.

Menurut laporan Kyodo News,  Jumat (26/2), empat model yang terkena recall antara lain Atrai, Atrai Wagon, Hijet, dan Hijet Deck Van. Empat model mobil yang di-recall adalah produksi antara December 1998 hingga April 2000. Keempat model ini mengusung mesin 660cc dan semuanya hanya dijual di Jepang.

Sementara Nissan Motor Co.,  menarik kembali (recall) 76.415 unit dari 10 model yang dipasarkan di Jepang dan 2.281 unit lainnya yang dipasarkan di luar Jepang karena diduga adanya masalah pada mesin. Nissan menemukan kejanggalan pada sebuah terminal penghubung antara rangkaian kabel di mesin pada beberapa mobil yang rusak dalam proses pengujian sebelum mobil dijual.

Juru bicara Nissan, Toshitake Inoshita, mengatakan komponen yang rusak dapat menyebabkan mesin mati saat dikendarai. Tidak ada laporan kecelakaan hingga saat ini dan jumlah mobil yang terkena dampak recall yang dipasarkan di luar negeri adalah sebagai kecil mobil yang mesinnya diproduksi di pabrik di Jepang.

Maruti Suzuki India awal pekan ini telah menarik kembali (recall) 100.000 unit hatchback A-Star karena diduga ada kemungkinan kebocoran pada tangki bahan bakar.

Recall terhadap produk unggulan Maruti ini,  juga berdampak pada mobil yang diekspor ke Eropa, pada bulan November lalu. Maruti mengatakan biaya untuk memperbaiki model ini adalah kurang dari US$ 2,2 juta atau sekitar Rp 20 milyar.

Maruti mengatakan hingga saat ini belum menerima keluhan dari konsumen. “Saya rasa sudah ada dampak untuk sentimen terhadap merek mobil tertentu terkait apa yang sedang terjadi secara global,” ujar analis otomotif India, Vaishali Jajoo.

Waduh! Setelah ini siapa lagi yang nyusul?

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: