Skip to content

Indonesia Mau Geser China

March 6, 2010

Menjelang  berlangsungnya Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010, Indonesia siap menggeser China sebagai kiblat otomotif Asia Pasifik. Sebuah pernyataan yang mengundang pertanyaan. Mungkinkah?

“IIMS memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan pameran otomotif lain di dunia. Ciri khas ini, akan terus digali dan dikembangkan agar kemajuan industri otomotif dunia benar-benar dapat tercermin dalam IIMS,” ujar Ketua Panitia IIMS 2010 Johnny Darmawan, di Jakarta, Kamis (4/3).

Ia menambahkan bahwa melalui pelaksanaan yang terus membaik dari tahun ke tahun, IIMS akan selalu meningkatkan daya tariknya agar mampu bersaing dengan pameran otomotif lain di dunia.

Gaikindo optimis bahwa IIMS yang akan datang bisa menjadi salah satu acuan industri otomotif, tidak hanya di kawasan Asia Pasifik tetapi juga industri otomotif dunia. Untuk itu, diperlukan dukungan semua pihak yang terlibat agar hal ini tidak hanya menjadi sebuah cita-cita, namun kenyataan dalam waktu dekat.

Seperti yang telah dibuktikan diberbagai negara produsen otomotif, industri ini mampu menjadi pendorong pertumbuhan perekonomian yang cukup signifikan, tidak saja dari sisi penyerapan tenaga kerja tetapi juga kontribusi dalam perpajakan maupun devisa sebagai hasil ekspornya serta berbagai industri turunannya. Industri otomotif selalu
menarik karena dinamis, memadukan seni dan teknologi.

Tidak heran kalau pameran otomotif yang merupakan ajang interaksi bagi seluruh pelaku industri otomotif. Mulai dari pabrikan mobil, pabrikan suku cadang dan komponen, industri pendukung otomotif lainnya, seperti industri pembiayaan dan asuransi, media serta konsumen, termasuk masyarakat luas selalu menarik. Dalam sebuah pameran otomotif, berbagai pihak saling berbagi informasi mengenai pengembangan produk dan teknologi terkini maupun kebutuhan serta keinginan konsumen.

Sebuah pameran otomotif tidak hanya mampu mendorong perkembangan industri otomotif dan mendorong pertumbuhan perekonomian, tetapi juga dapat menjadi daya tarik pariwisata melalui program-program yang
dikemas dengan unik. Harapan Gaikindo ini diwujudkan dengan penyelenggaraan pameran otomotif terbesar di tanah air, Indonesia International Motor Show (IIMS).

IIMS yang tahun ini memasuki hari jadi ke-18 akan dapat menjadi salah satu pameran otomotif yang diperhitungkan di kawasan Asia Pasifik. Sejak tahun 2006 IIMS bahkan telah diakui oleh OICA, sebuah organisasi produsen otomotif dunia, sehingga IIMS setiap dua tahun juga masuk dalam agenda OICA yang dapat diakses oleh pelaku dan pemerhati otomotif dunia. Dengan demikian, IIMS diharapkan mampu menarik pelaku industri dan pecinta otomotif mancanegara untuk hadir dan pada akhirnya dapat menjadi salah satu ajang promosi Indonesia dan mampu menarik wisatawan mancanegara, yang akan memberikan sumbangan devisa bagi negara.

Yang menjadi daya tarik utama sebuah pameran pameran otomotif di manapun adalah adanya mobil-mobil terbaru, baik mobil-mobil konsep maupun mobil-mobil yang sudah diproduksi untuk tujuan komersial serta dukungan dari industri pendukungnya. Hal ini tentu akan tercermin dari peserta yang mengikuti ajang pameran tersebut. Tentu saja penyajian pameran serta atraksi pendukung akan menjadi salah satu pertimbangan penting bagi pengunjung.

Pameran-pameran besar lain di dunia seperti Frankfurt Motor Show, North American International Auto Show, Geneva International Motor Show serta Tokyo Motor Show dan Bangkok Motor Show selama ini berhasil menarik pengunjung tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Oleh karenanya semua pihak yang terlibat dalam IIMS 2010 yang akan digelar pada 23 Juli–1 Agustus 2010 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, baik Gaikindo, penyelenggara, serta para peserta pameran berupaya untuk selalu melakukan inovasi dengan menyajikan pameran mobil yang mampu menjadi acuan bagi kalangan industri otomotif. Sukseskan IIMS 2010.

From → Auto News

2 Comments
  1. waah hebat Indonesia semoga aja itu kenyataan..
    http://basobasri.wordpress.com/

  2. harry permalink

    geser cina soal pajak yang tinggi untuk dikorupsi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: