Skip to content

Spare Part Innova dari Serat Kenaf

March 7, 2010

Toyota menampilkan display produk Kijang Innova yang menggunakan suku cadang ramah lingkungan dari  serat tumbuhan kenaf pada pameran lingkungan hidup Eco Products International Fair 2010 yang digelar di Jakarta Convention Center dari  4 – 7 Maret 2010.

Selain menampilkan display produk Kijang Innova,  juga ada penjelasan yang menggunakan berbagai panel informasi yang berisi penjelasan bahan, termasuk proses pembuatan produk dengan bahan ramah lingkungan tersebut dan juga berbagai aktivitas yang berkaitan dengan lingkungan yang sudah dilakukan Toyota.

Toyota menampilkan 2 booth,  yang pada hari pembukaan sempat dikunjungi oleh Menakertrans Muhaimin Iskandar didampingi Benny Redjo Setyono Direktur PT. Toyota-Astra Motor (TAM) bersama  Toshihiro Yokoi Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Selain itu, Toyota juga memajang alat dan program yang dibuat oleh anak-anak SMA peserta kontes Toyota Eco Youth dari berbagai kota di Indonesia.  Tahun ini, Toyota Eco Youth memasuki tahun kelima dengan program yang memfokuskan pada kontes Sustainability atau kontes keberlanjutan. Kontes ini melibatkan 22 sekolah yang tersebar di 18 kota dari Sabang hingga Merauke.

Semakin istimewa, TEY-5 memasukkan satu lagi unsur yang dapat menjadi nilai tambah, yaitu pendekatan sains dan
teknologi. Unsur yang satu ini mewajibkan para peserta untuk dapat menerapkan teknologi tepat-guna,  ramah lingkungan (green sound technology) yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan lingkungan di sekitar sekolah. Program Toyota Eco Youth memiliki tujuan akhir yaitu menciptakan Sekolah Berwawasan Lingkungan Binaan Toyota yang kelak menjadi percontohan bagi masyarakat yang ingin mempelajari proyek-proyek praktis pengelolaan lingkungan.

“Isu pemanasan global telah menjadi  perhatian Toyota selama ini. Kami tergerak untuk turut ambil bagian dalam upaya mencegah pemanasan global melalui program  kontes peningkatan kesadaran lingkungan dengan  generasi muda sebagai agen lingkungan hidup, menuju Indonesia dan bumi yang lebih hijau, ” ujar Benny Redjo Setyono didampingi oleh Toshihiro Yokoi.

Berkerja sama dengan yayasan Kirai Indonesia untuk menangani bidang lingkungan hidup dan juga Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk menangani bidang teknologi berbasis lingkungan, kontes yang memperebutkan hadiah total lebih dari 200 juta rupiah,  ini telah melalui berbagai tahap, seperti pengumpulan data, mentoring dan juga penjurian.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: