Skip to content

Godaan Chevy Cruze

March 13, 2010

Sebuah Honda Civic berkelir hitam berusaha mendekati Chevy  Cruze di KM 88,  saat para jurnalis melakukan  Drive Session sedan terbaru PT GM AutoWorld Indonesia (GMAI), menuju Bandung. Meski  Cruze dikawal lima Captiva plus Zafira, Estate dan Aveo,  pengendara Civic ngotot ingin masuk di belakang Cruze berwarna merah.

Sejak keberangkatan dari meeting point di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan,  sedan terbaru andalan GM ini memang sudah mengundang mata para pengunjung  Citos   melirik. Bahkan tak sedikit yang berusaha mendekat dan bertanya, “Ini yah,  Chevy Cruze, keren lho,”  ujar seorang ibu muda yang sedang menunggu jemputan.

Chevy Cruze memang belum terlihat di jalan-jalan Jakarta, mobil ini baru akan dipasarkan pada 15 Maret, besok. Bahkan pada drive session yang mengundang sekitar 14 jurnalis, Senin (8/3) lalu, GM Indonesia hanya menyediakan satu unit, sehingga untuk melakukan uji coba, terpaksa harus dibagi tujuh kelompok. Satu wartawan hanya kebagian sekitar 20 km, hasilnya memang belum maksimal.

Sepanjang perjalanan menuju Bandung, mobil ber-tagline ‘Beyond All Sedans‘ ini menggoda banyak pengguna lalu lintas di Cipularang. Penasaran, mereka pun berusaha mengejar, lalu mendekat kemudian mengamati Cruze dari belakang atau pun samping.

Dari kedua sisi itu, Cruze terlihat seperti sedan kelas atas. Paling menonjol  terlihat  pada desain lampu belakangnya, yang dibuat besar dengan dua warna, merah dan bening, merambat hingga ke bodi samping.

Masih dari bagian belakang, lis chrome garnish pada pintu bagasi lengkap dengan logo Chevy baru yang besar, semakin menambah keanggunan Cruze. Sementara bila pandangan diarahkan  ke atas atap, akan tampak sebuah antena yang menyerupai sirip hiu seperti milik BMW. Woow! keren.

Cruze terlihat semakin menjauh. Rupanya, testdriver dari sebuah media cetak mulai menggeber  sedan merah ini, saat melihat kemacetan di KM 88 mulai terpecah. Dalam hitungan menit, Cruze semakin mengecil. Melihat speedometer Captiva yang menjadi tumpangan rombongan wartawan lain, Cruze diperkirakan melaju dengan kecepatan lebih dari 120 km per jam. Menyalip, meliuk-liuk di antara kepadatan lalu lintas di jalan tol Cipularang. Lincah.

Sedang asyik-asyiknya mengamati Cruze, whuss!  Ternyata Honda Civic berkelir hitam masih terus menguntit Cruze. Secara spontan, seorang wartawan berkomentar, “Wah! penasaran banget tuh, pengendara Civic.”

Memang! di pasar otomotif nasional, Chevy Cruze sebagai pendatang baru akan bersaing dengan Honda Civic dan Toyota Altis. Inilah yang kemudian menjadi perbincangan hangat para wartawan. Apakah Cruze bisa menjadi daya tarik bagi pengguna sedan di Indonesia.

Beberapa wartawan yang sudah lebih awal melakukan ujicoba, mengatakan  Cruze  enak dikendarai. Karakter  transmisinya sangat ‘jinak’. Tak ada sentakan-sentakan yang biasa ditemukan  pada transmisi otomatis model roda gigi.

Inilah salah satu kelebihan dari transmisi otomatis 6-speed  Tiptronic. Perpindahan gigi sangat halus,  seperti karakter CVT, baik saat pindah ke gigi yang lebih tinggi, atau ketika  pedal gas dibenamkan ke lantai untuk melakukan kick down.

Ketika berada di balik kemudi Cruze,  hujan lebat mengguyur Cipularang, namun Cruze tetap dipacu dengan kecepatan tinggi. Tinggal mengaktifkan  fitur ESP ( Electronic Stability Program) dan traction control yang mampu mengeliminir gejala selip dan mengembalikan penyimpangan arah kendaraan sesuai arah kemudi saat  mengalami oversteer maupun understeer. Dijamin aman.

Tenaga mesin FIG3 DOHC 16 Valve Double Continuously Variable Cam Phaser (DCVCP) sebesar 141 PS pada 6.200rpm, yang ditanamkan pada Cruze, sepertinya tidak terlalu dahsyat, namun lebih dari cukup untuk memberikan rasa percaya diri saat menyalip kendaraan di depan. Bahkan kalau  menginginkan akselerasi yang lebih agresif,  tinggal mengubah transmisi otomatisnya ke manual shift mode. Yakinlah, Cruze akan melesat lebih cepat.

Beberapa jurnalis yang ikut merasakan performa Cruze, sepakat mobil ini cocok digunakan untuk aktifitas sehari-hari di dalam kota, nyaman dikendarai saat bersama keluarga berangkat keluar kota. Berada di dalam kabin cruze, Anda tak akan menyangka bahwa sedan ini adalah merek Chevrolet.

Sungguh sebuah atmosfir baru yang sebelum ini hanya dapat dirasakan oleh konsumen GM yang membeli brand mewah Cadillac.

Di balik itu semua, hal yang pantas membuat para pembeli Cruze berbangga adalah tingkat akurasi pertemuan setiap panel di dalam interiornya. Pengemudi maupun penumpang akan sangat mudah menyentuh panel untuk mengoperasionalkan fitur-fitur yang ada di cabin Cruze. Chevrolet, sepertinya  telah menemukan harapan atas selera dan kebanggaan konsumen sedan. Lebih jauh dari itu, Chevy juga menghadirkan komposisi material yang tepat antara vinyl, plastik dan fabric.

Tertarik? Siapkan uang Rp 309 juta untuk varian manual dan Rp 335 juta varian matik, mulai 15 Maret, Cruze sudah bisa dipesan.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: