Skip to content

Hyundai Lampaui Toyota dan Honda

March 22, 2010

Badai recall yang menghantam produsen Jepang, tidak selamanya membawa dampak yang merugikan. Setidaknya bagi industri mobil di Korea Selatan. Hyundai salah satunya. Meskipun tidak terlepas dari recall, Hyundai kini dalam posisi yang menguntungkan.

Hyundai, menurut sebuah hasil penelitian di Amerika Serikat mengalami peningkatan kepercayaan dari konsumen, terutama merka yang kecewa dengan produk Jepang. Namun, kekecewaan itu tidak semata gara-gara recall, melainkan produk Hyundai sudah mulai diterima dengan baik.

“Hyundai mampu memanfaatkan badai dengan sempurna,” kata analis pasar Kelley Blue Book James Bell. “Ini merupakan hasil dari diperkenalkanya produk baru, seperti Sonata dan Tucson, sementara andalan Honda  seperti CR-V dan Accord, sudah ketinggalan agak basi, dan Toyota mengalami krisis persepsi konsumen besar.”

Kelley Blue Book juga mengatakan Hyundai mampu melampaui Toyota dan Honda di bulan Februari untuk menjadi merek nomor satu dalam kesetiaan pelanggan. Bahkan sedan menengah Hyundai Sonata terbaru yang mulai dijual bulan lalu masuk ke dalam 10 besar kendaraan paling diminati konsumen.

Sementara itu, Hyundai juga mengakui adanya peningkat kepercayaan konsumen Amerika Serikat terhadap produknya. “Dealer kami telah didatangi orang-orang yang belum pernah kami lihat sebelumnya selama ini,” kata kepala penjualan Hyundai  Amerika Dave Zuchowski.

“Lalu lintas pengunjung di website kami mengalami lonjakan tertinggi sejak krisis otomotif,” lanjut Zuchowski. Dia juga mengatakan dealer Hyundai hanya memiliki waktu 20 hari untuk mendistribusikan rata-rata unit yang disediakan setiap bulan.

“Kami memprediski April nanti total penjualan Tucson sudah akan mengalahkan total penjualan tahun lalu,” imbuh Zuchowski. Hyundai pada tahun lalu menjual Tucson sebanyak 15.411 unit. Sedangkan pada Februari lalu sebanyak 4.957 unit Tucson telah dijual. Angka ini dua kali lipat dari penjualan priode yang sama tahun lalu.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: