Skip to content

IIMS 2010 Lebih Luas dari Bangkok Motor Show

March 30, 2010

Indonesia International  Motor Show (IIMS) ke-18  dipastikan akan lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pameran akan diiikuti 23 agen tunggal pemegang merek (ATPM) plus industri komponen, asesoris dan juga jasa pembiayaan. Beberapa ATPM yang  tahun lalu absen,  akan ikut pada pameran otomotif terluas di Asean kali ini.

Board  of Director Dyandra Promosindo Dani Budiarto  mengatakan luas area IIMS tahun ini mencapai 100 ribu m2 termasuk yang paling Top dibanding tahun-tahun sebelumnya.   “Bangkok Motor Show saja kalah, bahkan Tokyo Motor Show tahun lalu — karena krisis — nggak ada apa-apanya,” ujarnya dalam konprensi pers, Selasa (30/3) di Jakarta.

Sayangnya, kata Dani, dari sisi pengunjung kita kalah jauh dari Thailand. Bangkok Motor Show mengklaim jumlah pengunjungnya selama pameran berlangsung dikunjungi lebih dari satu juta orang. Sedangkan IIMS tidak bergerak lebih dari 200 ribu orang saja.

“Kalau luas area dan peserta kita [Indonesia] sudah lebih banyak dari Bangkok. Tetapi bedanya hanya di pengunjung.  Kita tidak bergerak dari angka 200.000 orang, Bangkok mampu menarik lebih dari 1 juta orang
pengunjung,” katanya.

IIMS 2010 yang akan berlangsung mulai 23 Juli hingga 1 Agustus  mengusung tema “Eco-Technology Motoring”. Dengan tema ini Gaikindo berharap industri otomotif yang terlibat dan seluruh masyarakat semakin sadar pentingnya menjaga lingkungan agar krisis pemanasan global dapat terkurangi.

Ketua Penyelenggara IIMS 2010 Johnny Darmawan mengatakan para peserta IIMS sudah sepakat akan memboyong produk unggulan yang hemat energi, seperti tekonologi hybrid atau mobil listrik. Toyota sendiri akan mendatangkan beberapa produk unggulannya, seperti Prius dan beberapa produk lainnya. “Yang sadar lingkungan seharusnya tidak hanya kalangan industri otomotif, tapi juga para pengguna atau konsumen otomotif dan masyarakat luas,” ujar  Johnny.

Eco-Technology Motoring digambarkan sebagai sebuah upaya pemenuhan kebutuhan manusia akan sarana transportasi kendaraan bermotor yang memanfaatkan teknologi untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Bahkan kendaraan yang menerapkan teknologi ekologi yang baik diharapkan mampu meregenerasi kelestarian lingkungan secara berkelanjutan.

Selain merek-merek kendaraan roda empat, IIMS 2010 yang diselenggarakan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ini juga akan memperlihatkan perkembangan bisnis-bisnis pendukung otomotif, seperti komponen, aksesori hingga perusahaan jasa pembiayaan.

Namun, penyelenggaraan IIMS 2010 terancam tidak akan diikuti produsen atau ATPM kendaraan roda dua. “Ada pemikiran dari AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) bahwa mereka lebih fokus mengikuti JMS (Jakarta Motor Show).  Kita masih akan terus melobi agar mereka bisa ambil bagian dalam pameran internasional ini,”  tambah Johnny.

Menurut Johnny ATPM sepeda motor seharusnya mengambil peluang di acara motor show sekelas IIMS 2010. “Wajarnya, sebuah motor show berkelas internasional diikuti produk roda empat dan roda dua. Tapi kalau mereka memilih tidak, kita tidak bisa memaksa,” lanjutnya.

Sumber di Dyandra,  menyebutkan ATPM Honda, Yamaha, TVS dan Minerva sepertinya akan ikut. “Honda dan Yamaha dalam proses. Kita berharap mendapat kesepakatan dari mereka,” ujar sumber.

Tahun ini, penyelenggaraan IIMS 2010 menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 260.000 orang naik dibandingkan tahun sebelumnya 241.687 orang. IIMS tahun ini menargetkan transaksi Rp 2 trilyun. Woow!

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: