Skip to content

Tukar Tambah Helm SNI Cuma Berlaku Satu Hari

March 30, 2010

Menyambut pemberlakuan wajib helm Standar Nasional Indonesia (SNI) 1 April besok, Badan Standarisasi Nasional (BSN) akan memberikan helm SNI kepada masyarakat cukup membawa helm lama yang tidak berlabel SNI dengan membayar Rp 75.000. Sayangnya, program tukar tambah helm ini hanya berlaku satu hari saja.

Dalam keterangan resminya,  Senin (29/3), BSN akan menyediakan 500 helm SNI. Persyaratannya adalah cukup mengirimkan data diri, seperti nama, nomor ponsel, pekerjaan, jenis kelamin, dan alamat rumah ke alamat surat  (e-mail)  helmbersni@bsn.co.id.

Pendaftaran helm SNI murah ini akan ditutup sebelum pukul 12.00 wib, Rabu (31/3), hanya untuk 500 orang saja. Bagi yang menerima sms (pesan singkat) lewat ponsel yang berisi <i>berhak trade-in</i>, tinggal membawa helm yang belum bertanda SNI (yang di embos) dan cukup membayar Rp 65.000 – Rp 75.000 untuk mendapatkan helm BMC Sun City atau helm BMC Touring pada tanggal 1 April besok.

Undang-undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan pasal 106 ayat 8 yang mengatakan semua pengendara sepeda motor harus menggunakan helm SNI mulai berlaku per tanggal 1 April 2010. Disebutkan dalam UU No. 22 tahun 2009 pasal 106 ayat 8 disebutkan bahwa pengendara dan atau penumpang yang tidak memakai helm dikenakan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda sebesar Rp 250.000.

Dengan aturan ini, seluruh pengendara kendaraan bermotor roda dua wajib menggunakan helm yang sudah melewati uji standar dari laboratorium sesuai ketentuan SNI 1811:2007 yang diakui di 153 negara di dunia.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: