Skip to content

Tips Membeli Helm SNI

April 8, 2010

Sejak pemberlakuan wajib helm Standar Nasional Indonesia (SNI)  tanggal 1 Aprils 2010 lalu, omzet penjualan helm berlabel SNI meningkat cukup tajam, menyusul tingkat kesadaran yang cukup tinggi dari pengguna sepeda motor di tanah air.

Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama, tidak ada lagi pengguna sepeda motor yang memakai helm cetok atau proyek karena  tujuan dari diberlakukan Undang-undang (UU) No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan pasal 106 ayat 8, salah satunya untuk melindungi warga masyarakat dari kecelakaan fatal.

Dengan makin banyak para pengguna sepeda motor yang memakai helm SNI,  kecelakaan fatal yang mengakibatkan luka parah di kepala setidaknya bisa dikurangi. Bagi Anda yang measih memakai helm cetok dan ingin membeli helm SNI, berikut ini tipsnya.

1. Belilah helm SNI di toko aksesoris atau toko helm resmi. Jangan beli di pedagang kaki lima atau pedagang berjualan di trotoar.

2. Helm SNI secara fisik ada emboss (timbul) SNI di bagian luar helm. Biasanya terletak di bagian belakang helm.

3. Sebelum membeli, selalu cek fisik helm yang akan dibeli, dimulai dari bentuk cangkang, busa dalam, hingga tali pengikat. Pastikan semuanya dalam kondisi baik dan tak ada yang rusak.

4. Helm sepeda motor SNI sesungguhnya hanya ada dua jenis, yaitu half face (menutupi sebagian kepalam, sekitar 3/4) dan full face (menutupi seluruh bagian kepala).

5. Hati-hati dengan logo SNI palsu. Logo SNI palsu biasanya hanya ditempeli stiker.

6. Sejumlah helm memang ada yang memiliki standar DOT (Department of Trade) oleh pemerintah AS dan standar SNELL. Helm-helm seperti ini harganya biasanya di atas Rp 1 juta. Helm seperti sama dengan standar helm SNI. Membeli helm seperti ini dijamin Asosiasi Industri Helm Indonesia (AIHI) dan Badan Standarisasi Nasional (BSN) tidak ditilang oleh pihak berwajib.

From → Auto News

2 Comments
  1. helm bagus…+ serem. soalnya harus hati – hati..biar ga di ambil orang. soalnya pernah hilang helm..

  2. Makanya, beli rantainya sekalian sob biar kagak hilang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: