Skip to content

C-Class Tertinggi di Segmen Mid Luxury

April 16, 2010

Mercedes-Benz (Mercy) menguasai penjualan ritel segmen mobil penumpang premium di Indonesia dengan meraih pangsa pasar sebesar 68% atau menjadi 847 unit.

Total penjualan ritel selama bulan Maret ini meningkat 44% dibanding periode yang sama tahun lalu, yang hanya mencapai 590 unit. “Tahun lalu pasar Indonesia sedikit terguncang akibat krisis finansial global, namun kami justru meraih prestasi dengan angka penjualan tahun 2009 melampaui angka di tahun sebelumnya. Tahun ini kami telah melakukan akselerasi yang lebih baik lagi, pencapaian kuartal pertama di tahun 2010 menandakan semakin tingginya keyakinan konsumen Indonesia bahwa Mercedes-Benz adalah merek premium terbaik,” ujar Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) Rudi Borgenheimer, pada siaran persnya, Rabu (14/4).

Penyumbang terbesar penjualan Mercedes-Benz selama Maret 2010 ditujukkan oleh semua line-up model sedan, baik C-Class, E-Class, dan New Generation S-Class. C-Class yang diperkenalkan ke pasar Indonesia sejak bulan Juli 2007, di tiga bulan pertama 2010 memimpin segmen mid luxury sedan dengan pangsa pasar 69,2% atau telah mencapai 303 unit.

Di kelas high luxury sedan, Mercedes-Benz yang turun dengan model New E-Class berteknologi lebih tinggi, penuh performa, dan hemat bahan bakar jauh meninggalkan rival-rivalnya. Sampai dengan Maret 2010 New E-Class mampu terjual secara ritel sebanyak 402 unit atau menguasai pangsa pasar 88,2 persen, naik 106% dibanding priode yang sama tahun 2009 (195 unit).

Prestasi yang sangat menggembirakan juga ditunjukkan oleh performa penjualan ritel model New Generation S-Class yang turun di segmen upper luxury sedan. Di tengah agresivitas para pesaing, New Generation S-Class tetap tak tergoyahkan berdiri sebagai pemimpin kelas large-sedan mewah dengan penjualan sampai dengan Maret 2010 mencapai 100 unit atau menguasai pangsa pasar 69,9%. Secara total selama tiga bulan pertama 2010 New Generation S-Class mengalami kenaikan penjualan sebesar 92% dibanding priode yang sama tahun sebelumnya.

Sukses sedan premium Mercedes-Benz di Indonesia tidak hanya ditunjukkan melalui prestasi penjualan ritel. Majalah Autocar Indonesia juga telah mengakui keunggulan sedan-sedan Mercedes-Benz dengan memberikan Autocar Readers Award 2010 kepada C-Class, E-Class dan S-Class pada minggu lalu.

“Keberhasilan Mercedes-Benz mempertahankan dominasinya di segmen sedan premium tidak terlepas dari keunggulan yang diberikan produk-produk kami. Teknologi CGI yang mulai kami perkenalkan kepada konsumen Indonesia tenyata mendapatkan apresiasi yang tinggi,” ujar Rudi Borgenheimer.

Dia menambahkan bahwa teknologi Charged Gasoline Injection (CGI) sangat tepat untuk menjawab tantangan industri otomotif dunia, termasuk Indonesia, terhadap isu lingkungan dan penghematan energi. Dengan teknologi CGI, Rudi Borgenheimer menambahkan, model-model terbaru Mercedes-Benz mampu menciptakan performa lebih tinggi, namun dengan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Selain itu, keberhasilan Mercedes-Benz meningkatkan pertumbuhan selama kuartal pertama 2010 juga merupakan peran dari semakin primanya layanan Meredes-Benz kepada konsumennya di Tanah Air. Hingga saat ini Mercedes-Benz menjadi merek premium yang memiliki jaringan resmi terluas dengan 19 dealer dan bengkel yang tersebar di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

“Mercedes-Benz berkomitmen selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh konsumennya di Indonesia. Setiap tahun kami melakukan penilaian pelayanan dan fasilitas jaringan sesuai standar global Mercedes-Benz yang tinggi,” ungkap Rudi Borgenheimer.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: