Skip to content

Menikmati Kenyamanan Hyundai H1 CRDi

April 19, 2010

Melakukan perjalanan keluar kota menggunakan mobil besar yang mampu menampung lebih dari tujuh orang, nyaman, irit bahan bakar, performa tinggi memang menjadi idaman banyak keluarga di Indonesia. Jika kendaran seperti itu yang anda butuhkan, jawabannya ada pada Hyundai H1-CRDi.

Awal pekan lalu, saya dan sejumlah wartawan membuktikan kehandalan Hyundai H1-CRDi. MPV CKD produksi pabrik Hyundai di Pondok Ungu, Bekasi ini seperti tak pernah kehabisan tenaga saat melintas rute Semarang – Bali. Para jurnalis secara bergantian mengendarai van diesel Korea ini hingga pelataran parkir Kamandalu, Resort, Ubud, Bali lebih dari 1000 km.

Sejak keluar dari Bandara Achmad Yani, Semarang, kenyaman Hyundai H-1 CRDi sudah terasa. Duduk  di baris kedua MPV Luxury ini seperti berada dalam penerbangan kelas eksekutif. Sandaran kursi diturunkan, kaki diselonjorin, sambil menikmati buah-buahan segar dan minuman dingin, tahu-tahu sudah sampai di rumah makan yang sangat terkenal di Kota Semarang yang terkenal dengan Lunpia dan Lontong Cap Gomehnya.

PR Manager PT HMI, Febri Astuty pun menjelaskan rencana perjalanan Semarang – Malang yang dilanjutkan ke Pulau Dewata. Rute ini, kata Titie, panggilan akrab Febry, disimbolisasikan dengan rute Daendels karena Hunday Mobil Indonesia  berhasil merakit H1 CRDi di Indonesia. Hyundai menggelar acara ini dengan nama Hyundai H1 CRDi CKD Java – Bali Overland 2010.

Titie juga menjelaskan, para wartawan diberi kebebasan, mau duduk di belakang kemudi atau cukup duduk manis menjadi penumpang selama perjalanan panjang Semarang – Bali.

Saya bersama tiga wartawan lain sepakat untuk duduk sebagai penumpang selama perjalanan Semarang – Solo. Kendali kemudi diserahkan kepada driver dari HMI, yang memang disiapkan di setiap unit Hyundai H1 Diesel ini.

Dua mobil Patwal dari Mabes Polri, satu di depan dan satu di belakang mengawal perjalanan enam unit Hyundai H1 CRDi menuju Solo. Tanpa membuang waktu, konvoi van bongsor Korea ini langsung melakukan manuver, padahal lalu lintas Semarang – Solo padat kendaraan bus dan truk. Jalur kanan pun dilahap, kendati harus melakukan overtaking berulang-ulang. Kemampuan performa H1 Diesel ini sedang diuji.

Hebat! Dan patut mendapat acungan jempol, kendati digeber dengan kecepatan tinggi, suara dieselnya nyaris tak terdengar. Tenaga yang diproduksi mesin diesel 2.5-liter CRDi Turbo mampu mencapai torsi hingga 392 Nm/2.000 rpm. Inilah yang menyebabkan Hyundai H1 cepat berakselerasi, melahap tikungan dan tanjakan terlebih lagi menyalip mobil-mobil di depan. Dengan bantuan Patwal, kecepatan bisa dikembangkan 80 hingga 120 km per jam.

Pengemudi pun bisa memainkan shiftronik (menu transmisi semi-otomoatis 5-speed), energi torsi H-1 CRDi bisa disesuaikan seiring kebutuhan, layaknya mengendarai model transmisi manual.

Di luar kelebihannya itu, mobil Rp417 juta ini bukan tanpa kekurangan, sepanjang perjalanan Semarang – Solo, saya mencatat setiap kali melintas di jalan bergelombang apalagi berlobang, suara keras dari roda belakang cukup mengganggu. Namun di jalan mulus, suaranya  pun hilang .

Menurut Vice President HMI, Erwin Djajadiputra, suara keras itu berasal dari sistem suspensi Rigid Axle 5-link di belakang yang agak keras. Tujuannya untuk menopang bobot H1 yang tinggi dan meminimkan roll-over bodi.

Perjalanan Semarang – Solo terbilang cepat, kurang dari dua jam konvoi H1 Diesel van Korea ini sudah memasuki jantung Kota Solo dan langsung menuju sebuah rumah makan dengan hidangan khas Solo. [Bersambung]

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: