Skip to content

Hilux Taklukkan Gunung Eyjafallajokull

April 20, 2010

Toyota Hilux berhasil menaklukkan gunung Eyjafallajokull di Islandia, yang hingga saat ini masih dipenuhi abu vulkanik akibat letusan. Tim  Topgear  dari Inggris berhasil mengabadikan ketangguhan double cabin (d-cab) andalan Toyota tersebut tepat disamping gunung  yang masih mengeluarkan lahar  tersebut.

Pada 14 April lalu sebuah letusan gunung berapi di Eyjafjallajökull memuntahkan debu vulkanik hingga ribuan kilometer di wilayah Eropa. Tak ada yang berani mendekat.

Tapi, Topgear  kemudian nekat memberangkatkan timnya sekaligus menguji ketangguhan Hilux di gunung yang menyebabkan hampir semua penerbangan di Eropa lumpuh total hingga saat ini.  Hilux membawa peralatan penelitian untuk mempelajari lebih jauh gunung yang sudah kehilangan puncaknya itu karena kuatnya letusan.  Hilux mengantarkan para peneliti dan peralatannya melintasi lapangan es dan kawah gunung api di Islandia.

Untuk tugas itu, Hilux dipersiapkan secara khusus oleh Arctic Trucks, perusahaan yang sama yang menyiapkan d-cab Hilux  dipakai ke kutub utara dan kutub selatan bumi. Mereka menyiapkan d-cab itu dengan spesifikasi yang sama seperti yang di pakai Jeremy Clarkson dan James May dari Top Gear menuju kutub utara.

Dengan ban berdiamter 38 inci, Hilux mampu menaklukkan medan ganas dan sulit hingga mendekati pusat kawah gunung api.

Melalui prestasi ini, reputasi Hilux makin bersinar. Setelah menjadi kendaraan pertama yang mencapai dua kutub bumi, kini Hilux menjadi satu-satunya kendaraan yang bisa dipakai untuk memonitor gunung api pada saat tidak ada satupun pesawat yang bisa beroperasi.  Woow, luar biasa!

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: