Skip to content

Nissan Bikin Mobil Seharga Rp 30 Jutaan

April 21, 2010

Nissan Motor Co. berencana  membuat mobil seharga US$ 3.000 atau sekitar Rp 30 juta di India. Sepertinya, mobil ini dibuat untuk bersaing dengan Tata Nano. Nissan mengatakan mobil murah ini siap dilepas ke pasar pada  tahun 2012.

Wakil Presiden Nissan Wilayah Afrika, Timur Tengah, dan Afrika, Gilles Normand, mengatakan rencana mobil murah ini adalah untuk memanfaatkan keahlian India dalam menekan biaya produksi, seperti halnya Tata Nano.

Tata Nano versi mahal

Nissan telah membicarakan proyek ini dengan Bajaj Auto dan Renault. Giles mengatakan dalam pembicaraan mereka dengan Bajaj Auto Ltd pihaknya menemukan bahwa margin Bajaj di tiga roda lebih besar dari margin Nissan saat ini yang menjual kendaraan roda empat. Margin usaha Nissan di India sekitar 4%, sedangkan margin Bajaj Auto mencapai 10,5% pada tahun 2009.

Mobil murah ini diprediksi akan membantu Nissan meningkatkan profitabilitas perusahaan karena mengambil keuntungan dari keahlian Bajaj dalam teknik produksi berbiaya rendah. Giles juga mengatakan bahwa sejumlah besar mobil yang dijual di pasar India adalah mobil dengan harga di bawah US$ 8.000 atau dibawah Rp 80 juta.

From → Auto News

13 Comments
  1. hebat dong ada mobil mini, kapan yah indonesia bisa seperti india aja. trims

  2. Di Indonesia sebetulnya sudah ada yang mampu membuat mobil dengan harga Rp 30 juta/kurang:
    http://infoindonesia.wordpress.com/2009/02/06/mobil-nasional-gea-buatan-inka-seharga-rp-50-juta

    Namun untuk memproduksinya secara massal butuh dana Rp 500 m-1 trilyun untuk pabrik perakitannya. Mereka tidak punya.

    Butuh dukungan pemerintah atau pemilik modal besar yang punya komitmen untuk membuat mobil murah.

  3. Semoga ada investor yang tertarik,

  4. wah murah juga yaaaaaaa 30 juta ..kalau ada uangnya ….

  5. Wah,tar kalo kolaborasi sm bajaj, jadi nissan pake dual spark a.k.a dts-i donk :mrgreen:

  6. alice pngen ..... permalink

    pengen nieh…

  7. Design yah ga banget deh, masak coupe segedhe itu, jadi ga keren 😀

  8. wah pgn beliii…

  9. darahbiroe permalink

    wahhh
    boleh nuy kernnnn banget
    dan harganya fantastis

  10. erwin permalink

    ya mudah2han rodanya empat, bukan tiga…

  11. agus r permalink

    boleh juga tuh, tapi tambah macet donk,pesen atu donk

  12. Kalau bisa di tahun 2011 ini sdh diproduksi mobil itu dengan harga Rp30 jetian..hehehehe

Trackbacks & Pingbacks

  1. Tweets that mention Nissan Bikin Mobil Seharga Rp 30 Jutaan « gustomobil -- Topsy.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: