Skip to content

1.231 Guru TK IKuti Lomba Toyota Bercerita

June 15, 2010

PT Toyota-Astra Motor (TAM) bersama Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) dan Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaud) kembali menyelenggarakan lomba Toyota Bercerita untuk yang ketiga kalinya dengan mengambil tema ‘Nyaman bersahabat dengan lingkungan’.

Sebagai sosialisasi awal pada masyarakat, bertempat di gedung Manggala Wanabakti Jakarta diselenggarakan coaching clinic pada 100 guru TK yang berasal dari Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat.

Dengan materi yang dibawakan oleh Kak Awam (pendongeng dari Kampung Dongeng) dan Shahnaz Haque (selebriti dan pemerhati anak) yang berisi teknik dan motivasi dalam menyampaikan pesan melalui bercerita kepada anak.

Bercerita atau budaya tutur, merupakan bagian dari kultur timur yang sangat kuat. Hanya saja pengembangannya belum terlalu seoptimal budaya baca, sebagai salah satu upaya mengembalikan budaya tutur dalam pendidikan anak yang bersifat interaktif, untuk itu Toyota Astra Motor menyelenggarakan program Toyota Bercerita yang merupakan bagian dari aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) Toyota-Astra Motor dalam mendukung bidang pendidikan secara umum terutama pada pendidikan anak usia dini.

Program yang sudah berjalan semenjak tahun 2008 memperoleh respons positif setiap tahunnya dengan pertumbuhan peningkatan peserta yang besar. Untuk tahun ini diikuti 1.231 guru TK se-Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat.

“Dengan mengikuti program ini saya bisa mendapatkan pelatihan bercerita dan membuka kesempatan masuk ke dunia bercerita profesional. Karena sebagai guru, saya merasa harus terus termotivasi agar selalu meningkatkan mutu pengajaran melalui sharing dan feedback yang saya dapat dari program Toyota Bercerita ini,” tutur Ibu Aidha pemenang pertama Toyota Bercerita 2 yang juga guru TK Al-Hanief Bekasi.

Program Toyota Bercerita mempunyai beberapa tahap yakni sosialisasi, coaching clinic, Single Moving Competition, dan Awarding. Saat ini Toyota Bercerita 3 telah memasuki tahap coaching clinic, yang bertujuan agar para guru-guru TK mendapatkan informasi serta pelatihan mengenai prinsip dasar bercerita, selain itu juga untuk meningkatkan kualitas para guru dalam memberikan motivasi kepada anak didik.

“Taman kanak-kanak adalah jenjang awal pendidikan sekaligus fondasi utama pendidikan di sekolah yang nantinya akan menentukan kualitas penerus bangsa. Melalui coaching clinic dalam program ini, kami berharap dapat meningkatkan ketrampilan guru untuk memotivasi anak didiknya agar peduli terhadap pendidikan dan juga lingkungan,” ungkap Direktur Pemasaran PT. Toyota-Astra Motor Joko Trisanyoto.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: