Pembeli Xenia Xi Sabar ‘Menunggu’ Antrian
Kalau anda calon pembeli Daihatsu Xenia Xi, bersiaplah untuk bersabar menunggu karena antrian untuk varian yang satu ini cukup panjang. Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, butuh waktu dua bulan untuk mendapatkan model terlaris dari keluarga Xenia ini.
Kepala Pemasaran Domestik ADM Elvina Afny, mengatakan dibanding varian lain dari keluarga Daihatsu Xenia, tipe Xi termasuk model paling laris. “Inden Xenia Xi sekitar dua bulan, kalau model yang lain rata-rata sebulan,” ujarnya di Jakarta , Senin (14/6).
Menurut Elvina, SPK (surat pemesanan kendaraan) Daihatsu per bulannya saat ini mencapai hingga rata-rata 10.000 unit.
Bulan Mei 2010 lalu, Daihatsu meraih penjualan sebesar 9.608 unit. Total penjualan mobil Daihatsu di Indonesia di tahun 2010 ini menjadi 43,106 unit.
Xenia masih menjadi produk terlaris Daihatsu dengan penjualan 5.212 unit sepanjang Mei lalu, meningkat hingga 8% dibandingkan bulan April lalu.
Tak heran kalau kemudian Daihatsu Xenia meraih penghargaan Rekor Bisnis (ReBi) ke-2 Mobil Penumpang kategori Low MPV ini mencapai Pertumbuhan Penjualan Tertinggi di tahun 2009. ReBi ke-2 diberikan pada Kamis (3/6) di Jakarta.
ReBi adalah sebuah apresiasi dan pengakuan tertinggi yang diberikan kepada perusahaan atau organisasi (yayasan, lembaga, dan komunitas), baik swasta maupun pemerintah, dan juga kepada suatu produk, jasa, serta merek atas prestasi yang diraih di dalam bidang kinerja pasar, kinerja produk, kinerja pelayanan, kinerja proses, research and development, sumber daya manusia, tanggung jawab sosial terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar, maupun keunggulan-keunggulan bisnis lainnya yang dapat dipertanggungjawabkan.
“Penghargaan Rebi ini semakin memantapkan posisi Xenia sebagai MPV terbaik bagi keluarga Indonesia. Hal ini juga semakin memacu kami, untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan kami agar Daihatsu menjadi bagian dari kehidupan keluarga Indonesia,” ujar Marketing Director, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra dalam siaran persnya.
Daihatsu Xenia berhasil mempertahankan sebagai model dengan pertumbuhan paling pesat di kelasnya. Xenia sudah melampaui semua tahapan itu. “Daihatsu juga berhasil membuktikan kepada masyarakat bahwa Xenia adalah sebuah MPV yang value for money, irit, dan nyaman,” ujar Pendiri dari Tera Foundation sekaligus pemrakarsa dari Top Brand Award, ICSA (Indonesia Customer Satisfaction Award), Handi Irawan D.
Daihatsu Xenia meraih penghargaan ini, karena berhasil mencapai pertumbuhan penjualan tertinggi di tahun 2009, yang merupakan tahun sulit bagi dunia otomotif akibat imbas dari krisis global. Di tahun tersebut, Xenia mencapai tingkat pertumbuhan 27.4%, sementara total pasar otomotif sendiri mengalami penurunan sebesar 25%.
Daihatsu Xenia berhasil mempertahankan sebagai model dengan pertumbuhan paling pesat di kelasnya. Xenia sudah melampaui semua tahapan itu. “Daihatsu juga berhasil membuktikan kepada masyarakat bahwa Xenia adalah sebuah MPV yang value for money, irit, dan nyaman,” ujar Pendiri dari Tera Foundation sekaligus pemrakarsa dari Top Brand Award, ICSA (Indonesia Customer Satisfaction Award), Handi Irawan D.