Skip to content

Toyota iQ Raih Penghargaan Mobil Terhijau 2010

June 18, 2010

Toyota iQ yang pernah tampil di ajang Indonesia International Motor Show tahun lalu, belum lama ini  meraih penghargaan Green Car of the Year (mobil terhijau) 2010 versi Environmental Transport Association (ETA).

ETA melibatkan lebih dari 5.000 mobil dari berbagai untuk menentukan siapa yang berhak meraih award melalui berbagai  pertimbangan, seperti  performa mesin, emisi, konsumsi bahan bakar, dan tingkat kebisingan mobil untuk dijadikan panduan bagi konsumen mobil sebelum membeli mobil ramah lingkungan.

“Irit bahan bakar dan tingkat polusi rendah menjadi poin penting konsumen dalam memilih mobil, khususnya pada saat ini ketika harga minyak bumi terus meroket,” ujar Direktur ETA Andrew Davis.

Toyota iQ didesain ED2, sebuah studio desain Toyota di Eropa yang berbasis di selatan Perancis. Saat diperkenalkan tahun 2008 lalu, iQ mengusung mesin berkapasitas 1.000 cc dengan teknologi khas Toyota, yaitu VVT-i, 3 silinder. Tenaga yang dihasilkan 68PS/4.800 rpm dengan torsi 9,3 kg-m atau 90 Nm juga pada 4.800 rpm.

Mobil yang memiliki panjang tiga meter ini, juga disebut sebagai mobil yang irit bahan bakar dan emisi CO2 yang rendah. Dalam pengujian yang dilakukan di Jepang, mobil yang banyak diminati pada saat tampil di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009 ini mampu menempuh jarak 23 kilometer untuk setiap satu liter bahan bakar.

Sistem safety-nya juga menenangkan hati. Selain dilengkapi dengan teknologi ABS, EBD dan kontrol traksi, iQ dilengkapi dengan sembilan kantong udara termasuk untuk jendela belakang yang baru pertama kali di dunia, guna meningkatkan keamanan penumpangnya jika terjadi benturan dari belakang.

Mobil yang versi produksinya pertama kali tampil di Paris Auto Show, 2 Oktober 2008 lalu itu, namanya memiliki sederet makna. Huruf “i” diartikan individuality, innovation, serta intelligence. Sedangkan, “Q” berarti quality. Lantaran itulah, bukan hanya keamanan semata yang ditonjolkan mobil ini, tetapi juga kenyamanannya.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: