Skip to content

Bagaimana Berkendara Aman Bersama Anak

June 27, 2010

Bepergian bersama keluarga dalam satu mobil memang menyenangkan. Namun, banyak orang tua yang ‘mengabaikan’ keselamatan anaknya. Tak jarang, para orang tua, duduk satu bangku di kursi pengemudi bersama anaknya, bahkan ikut memegang stir. Tahukan Anda, tindakan ini sangat berbahaya?

Menurut Pamen Dikyasa Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi (Kompol) Warsinem, anak balita sebaiknya duduk di bangku belakang atau di baris kedua. “Ini adalah untuk mengurangi resiko luka serius jika terjadi kecelakaan. Anak-anak yang suka bermain bisa saja menggangu konsentrasi orang tuanya yang mengemudi, tak jarang tersenggol dengan  tuas persneling atau rem tangan.” tambahnya.

Warsinem, yang menjadi salah satu nara sumber di acara coaching clinic Aman Berkendara Bersama Anak, yang diselenggarakan Honda Prospect Motor (HPM) dan Kidzania, mengingatkan agar orang tua tidak membiarkan anak-anak mereka masuk dan keluar dari mobil sendiri.  “Jika masih balita atau anak di bawah umur 10 tahun, perhatikanlah saat mereka keluar atau masuk ke dalam mobil. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya  terjepit saat menutup pintu,” ujarnya.

Acara coaching clinic yang diselenggarakan pada Sabtu (26/6) di Kidzania, Jakarta ini bertujuan untuk memberikan edukasi berkendara yang benar kepada ibu-ibu dan orang tua pada umumnya. “Saat ini banyak  orang tua, terutama ibu-ibu yang mengendarai mobil untuk mengantar anaknya ke sekolah. Acara coaching clinic ini kami selenggarakan untuk memberikan edukasi dan tips bagaimana berkendara yang benar, khususnya ketika berkendara bersama anak,” ujar Corporate Communication Manager PT HPM Yosep Swasono Agus.

Head of Marketing Communication Kidzania Jakarta, Ari Kartika, mengatakan kegiatan ini penting bagi ibu-ibu muda untuk memperhatikan keselamatan anak-anak mereka, khususnya bayi, yang suka bermain di dalam mobil.

“Aman berkendara bersama anak memang harus selalu diproritaskan oleh orang tua. Kami ingin memberikan pemahaman dan edukasi agar anak-anak aman dan selamat sampai di tempat tujuan,” ujar Ari.

Acara coaching clinic ini juga menampilkan pebalap nasional Honda Racing Indonesia Alvin Bahar yang memberikan peragaan bagaimana berkendara aman, mulai dari posisi tangan di lingkar kemudi dan bagimana duduk di bangku pengemudi yang aman dan benar. Coaching clinic ini diikuti sekitar 150 peserta, para orang tua  beserta anak-anak mereka.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: