Skip to content

Toyota Car for Tree, Satu Mobil Satu Pohon

July 7, 2010

PT Toyota Astra Motor (TAM), Rabu (7/7)  mencanangkan  program Toyota Car for Tree (TCFT). Melalui program ini, TAM akan menyisihkan sebagian dari laba penjualan setiap unit kendaraan Toyota selama periode Juli-Desember 2010 untuk didonasikan menjadi pohon.

”Kami bersyukur bisa mendukung program menanam satu milyar pohon dari pemerintah melalui usaha kecil kami sebagai bagian dari entitas masyarakat, semoga program ini menginspirasi masyarakat lainnya melakukan hal yang sama sehingga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan,” ujar Presiden Direktur PT TAM Johnny Darmawan.

Program yang dilatarbelakangi oleh gerakan menanam satu Milyar pohon dari pemerintah ini bertujuan untuk mengajak entitas masyarakat lainnya untuk bersama berbuat sesuatu bagi perbaikan lingkungan dan kualitas kehidupan di bumi.

TAM melibatkan seluruh jajaran Dealer dan pelanggan untuk turut serta menjadi bagian dari program yang diperkirakan dapat mengumpulkan dana lebih dari 3 Milyar Rupiah untuk biaya penanaman dan perawatannya (asumsi pasar otomotif nasional 550 ribu unit, market share Toyota 35%)

Dalam beberapa tahun terakhir, Toyota di Indonesia dari TMMIN, TAM beserta jajaran dealer resminya selalu aktif mendukung berbagai program ramah lingkungan dan mengatasi perubahan iklim.

Pada 2007, program Toyota Forest dan Green Hero, hutan seluas 18 ha di lingkungan pabrik Toyota di Karawang dengan penanaman kayu keras seperti Akasia, pinus, jati, mahoni dan 36 spesies tanaman langka untuk tujuan penelitian konservasi.

Main Dealer Toyota pun menggelar aksi lingkungan serupa, tahun 2008 Auto2000 salah satu Main Dealer Toyota menggelar penanaman masal pohon bintaro dan pohon pelindung lainnya di cagar budaya Setu Babakan, Jagakarsa serta menyumbang ribuan bibit pohon untuk di tanam di seluruh Indonesia.

Membantu membangun paru paru kota Semarang, New Ratna Motor, main dealer Toyota di Jawa Tengah, melakukan penanaman 10.000 pohon di area penanaman 10 Ha, Tugu Semarang dengan tajuk Nasmoco Green Forest.

Sebelumnya, bekerjasama dengan World Wildlife Fund (WWF) Indonesia, TAM juga ikut dalam program konservasi dan penghijauan di kawasan Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat melalui program Green NTB.

Di Jakarta sendiri, awal 2009 TAM telah membangun taman hijau Toyota seluas 1.1 Ha di area kupingan simpangan Yos Sudarso dan perintis kemerdekaan yang diresmikan oleh Gubernur Jakarta, Fauzi Bowo. Taman ini di tanami 110 pohon pelindung, 80 pohon hias dan 1800 pohon penting lainnya yang bertujuan untuk membantu mereduksi karbon di sekitar Jakarta Utara.

“Merupakan suatu kebanggaan menjadi bagian dari warga bumi turut melestarikan lingkungan untuk generasi penerus bangsa. Saya berterima kasih kepada pelanggan yang turut andil mendukung program ini karena memiliki visi yang sama untuk masa depan lingkungan yang lebih baik, ” ujar Johnny Darmawan.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: