Skip to content

Ini Dia Hasil Test Ride New Honda MegaPro

August 10, 2010

New Honda MegaPro bukan cuma mendapat operasi wajah. Semua detailnya sama sekali baru. Mulai dari chassis, dapur pacu, hingga fitur. Kelebihan itu menjadi nilai lebih bagi sepeda  motor yang akan bertarung dengan beberapa pesaing di kelas mid-end sport.

Berada di atasnya memang terasa hampir sama. Posisi duduk hanya berbeda tipis dengan Honda MegaPro lama, hanya model barunya ini membuat punggung terasa nyaman dengan posisi lebih tegak. Posisi ini memang sangat baik untuk pengendara yang memakainya di dalam perkotaan, sehingga tidak cepat lelah.

Tapi bukan cuma itu yang jadi poin pentingnya. New MegaPro mempunyai wajah cukup menarik. Desainnya berotot dengan desain tangki bensin yang mirip Honda Tiger baru. Lampu depannya modern dilengkapi cowl, clear lens, multireflector dan visor.

Diamati lebih detail, panel meter MegaPro mengombinasi sistem analog tachometer dan digital speedometer. Ketika berada di jalan, pengukuran panel meter ini terasa lebih lengkap dan akurat, serta yang paling penting adalah gampang dilihat.

Dipacu di putaran mesin rendah dan atas, MegaPro sangat enteng. Rupanya ini yang akan menjadi kelebihan utama. Mesin baru X-tra Responsive Performance Engine 150 cc, SOHC, benar-benar tangguh. Dijajal disirkui gokart Sentul  dalam sesi peluncurannya, Senin (9/8), MegaPro gampang diajak ‘ngacir’, nafasnya juga cukup panjang.

Teknologi  baru yang mendukung performa mesin masih banyak. Salah satunya CECS (Crankcase Emission Control System) yang mengatur gas buang dari crankcase. Sistem ini memberi suplai udara bersih yang mengurangi emisi gas buang.

Soal irit tidaknya penggunaan bahan bakar memang belum bisa diuji. Tapi setidaknya, penggunaan piston berbahan ringan dengan tekstur mengurangi gesekan, dan membuat mesin lebih efisien serta hemat bahan bakar.

Suspensi juga ‘ajib’, terbukti dengan pengaplikasian adjustable monoshock dengan sistem dua pegas. Pegas bagian bawah dapat disetel keras atau lembut sesuai kebutuhan. Dukungan suspensi ini membuat manuver-manuver di atas MegaPro sangat lincah.

Kecepatan dan handling tajam didukung dengan peranti safety yang memadai. MegaPro sudah memakai rem cakram ganda. Dari kecepatan tinggi menuju tikungan, sistem pengereman sangat mendukung dan membuat pengendara lebih percaya diri.

Dengan banderol Rp 19,5 juta untuk tipe velg racing dan Rp 18,3 juta untuk tipe velg jari-jari, rasanya MegaPro akan menjadi salah satu pilihan yang patut diperhitungkan. Namun, sebagai pemain lama yang telah disegarkan, Megapro tetap harus meladeni sepak terjang Yamaha V-ixion yang semakin menggila, dan meredam ‘kuda hitam’ Bajaj Pulsar 135, hingga Suzuki Thunder 125. [dapurpacu.com]

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: