Skip to content

Modifikasi Bukkake ala Gang Mobil di Jepang

August 17, 2010

Jangan Anda tertawa, atau bahkan mencemooh pemiliknya, apabila suatu ketika melihat sebuah mobil yang entah seperti apa gayanya. Bahkan sekalipun penampilan mobil itu akan membuat isi perut Anda ingin keluar.

Bisa jadi mobil yang Anda lihat itu adalah hasil modifikasi gaya Bosozoku yang belakangan kembali digandrungi gang-gang mobil di Jepang.

Modifikasi gaya Bosozoku memang masih awam di Indonesia. Kendati begitu, ada segelintir orang yang tanpa sadar telah melakoni gaya modofikasi Bosozoku di Tanah Air.

Biasanya, modifikasi gaya Bosozoku khas Indonesia bisa ditemui di daerah-daerah pinggiran kota. Anak-anak muda Indonesia biasa mencemoohnya sebagai modifikasi “kampungan”.

Ciri-ciri modifikasi Bosozoku khas Indonesia jelas berbeda dengan tren yang berlaku di Jepang. Di Indonesia modifikasi Bosozoku ditandai dengan penggunaan aksesori yang tidak mempertimbangkan aspek fungsi dan keseragaman gaya. Semua asal tempel selagi punya aksesori yang katanya keren.

Beberapa bahkan membenturkan warna-warna mencolok yang tidak senada dengan kelir inti mobilnya. Ada pula yang dengan konyol mengubah bodi sedan keluarga menjadi seakan-akan seperti supercar. Umpamanya saja, sebuah Toyota Corolla lansiran 80-an yang sekonyong-konyong berubah bentuk jadi Lamborghini.

Gaya Bosozoku khas Indonesia tersebut jelas tak bisa disamakan begitu dengan Japan Bosozoku-syle. Meski demikian, ada benang merah senada di antara keduanya, yaitu mencuri perhatian orang.

Bosozoku

Bosozoku sendiri pertamakali dipopulerkan oleh gang-gang motor di Jepang yang senang memodifikasi kendaraannya. Awalnya, tujuan utama modifikasi pada motor Bosozoku-style dilakoni dengan mengubah desain knalpot untuk menghasilkan suara bising.

Selain mengubah bentuk motornya, anak-anak gang Bosozoku umumnya juga mengimbangi penampilan busana dan potongan rambut dengan gaya yang unik–meski tak bisa disamakan dengan harajuku. Melihat aksi mereka akan mengingatkan kita pada tokoh-tokoh anime (kartun) Jepang era 80-an.

Tren Bosozoku sempat merebak pada tahun 1980-an hingga 1990-an. Sayangnya, karena banyak yang melakukan pelanggaran peraturan keselamatan, pada 2004 pemerintah Jepang melarang penggunaan Bosozoku di jalan raya. Banyak anak-anak geng Bosozoku dipenjarakan karena nekat dengan peraturan tersebut. Alhasil, penyuka gaya Bosozoku pun menurun drastis.

Namun tahun ini tren Bosozoku kembali merebak di Jepang. Tak cuma motor, banyak mobil yang kemudian ikut mengambil gaya modifikasi ini. Saat ini geng-geng kecil Bosozoku banyak banyak ditemukan di Tokyo, Osaka, Ibaraki dan Fukuoka.

Pada mobil gaya Bosozoku diterapkan dengan memasang bumper besar dan panjang serta sayap-sayap yang berlebihan. Hal semacam ini tentu bukan untuk tujuan aerodinamika, melainkan hanya sebagai bentuk eksploitasi “kecepatan”.

Hal yang juga wajib dibutuhkan adalah klapot panjang yang mencuat kelangit bagikan cerobong-cerobong pabrik. Model knalpot yang terkadang jumlahnya bisa mencapai 4 atau 6 selonsong (tergantung jumlah silinder mesin) ini disebut sebagai “bukkake,” sebuah idiom untuk penyakit seksualitas. Satu lainnya adalah velg, di mana ukurannya “wajib” 14 inci 11J.

Model mobil yang banyak diaplikasi untuk Bosozoku umumnya adalah sedan lansiran tahun lawas. Namun demikian, ada pula yang membuat Bosozoku menggunakan basis van atau MPV.

Nah, mungkinkah nasib Bosozoku pada mobil yang sedang tren saat ini mengalami nasib seperti enam tahun lalu? Tanpa harus menjawab, silakan Anda menikmati foto-foto Bosozoku yang dapurpacu.com temukan di internet ini.  Selengkapnya klik http://www.dapurpacu.com/bosozoku-modifikasi-bukkake-ala-gang-mobil-di-jepang/

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: