Skip to content

Avanza, Xenia Mobil Pilihan Buat Mudik

August 21, 2010

Mudik sudah menjadi sebuah fenomena tak terukur bagi warga ibu kota. Berbagai macam cara dan jalan ditempuh demi melepas kerinduan untuk bertemu keluarga besar  di tempat asal. Alat transportasi mulai dari pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, hingga mobil pribadi menjadi pilihan untuk menempuh perjalanan ke kampung halaman.

Namun dari sekian banyak pilihan alat transportasi, sampai saat ini penggunaan mobil pribadi masih menjadi salah satu alternatif favorit. Lalu, mobil apa yang cocok untuk keperluan mudik, apalagi kalau keluarga Anda termasuk keluarga besar.

Jawabannya, apalagi kalau bukan  MPV (multi purpose vehicle) atau van serbaguna. Mobil dengan kapasitas tujuh penumpang ini menjadi pilihan tepat bagi keluarga Indonesia yang biasanya menginginkan ruang yang lega untuk memuat banyak barang dan tentu saja anggota keluarga.

Kendaraan yang layak dijadikan pilihan untuk mudik, tentu ada pada merek-merek seperti Avanza, Xenia, Nissan Grand Livina, dan Suzuki APV Kendaraan ini dijual pada kisaran Rp 100 juta hingga Rp 200 jutaan.

Namun untuk kendaraan serbaguna yang lebih berkelas dengan daya muat yang cukup tentu saja ada Kijang Innova, Mitsubishi Grandis, Honda Freed, dan Nissan Serena. Beberapa merek  ini cukup layak untuk berada di barisan terdepan.

Avanza dan Xenia layak dipertimbangkan untuk mudik ke kampung. Selain harganya berkisar dari Rp 100-200 jutaan, Avanza dan Xenia juga mudah perawatannya dan suku cadangnya. Bahan bakarnya pun irit, sehingga tidak menguras kantong.

Menjelang lebaran 2010, Daihatsu berhasil mencetak penjualan retail sebanyak 11,403 unit. Penyumbang terbesar tetap datang dari Daihatsu Xenia yang mencapai 55.7% dengan penjualan 6,355 unit.

Menurut Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT. ADM, konsumen Indonesia semakin pintar, “Mereka kini membeli mobil lebih awal untuk kebutuhan lebaran tahun ini, dan Xenia memang cocok untuk keluarga Indonesia yang suka berpergian,” ujarnya di beberapa kesempatan.

Kembarannya, Toyota Avanza bahkan berhasil mencetak 14.020 unit atau meningkat 6,1% dari Juni 2010. Menurut Toyota, pemesanan kendaraan pada bulan Juli, terutama Avanza memang untuk kebutuhan mudik lebaran 2010.

Tak hanya mobil baru yang diburu konsumen, dua minggu menjelang lebaran penjualan mobil bekas mulai merangkak naik. Kenaikkan diperkirakan 5-10 persen dibanding bulan sebelumnya. Mobil yang paling banyak dicari pembeli adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Kijang Innova dan Suzuki APV.

Sekitar 70-80 persen mobil yang terjual adalah jenis MPV low dan medium Toyata Avanza, Daihatsu Xenia, Kijang Innova, sisanya sedan, Sport Utility Vehicle, serta MPV premium. Namun yang terbesar masih Avanza dan Xenia, sekitar 60-75 persen, demikian data yang diperoleh dari beberapa bursa mobil bekas di Jakarta.

Kedua MPV ini, meski terbilang kecil namun mampu mengangkut tujuh penumpang, gesit, dan irit bahan bakar. Nilai jual kembalinya pun cukup stabil. Itulah sebabnya, sejak diluncurkan pada 2004 lalu, kedua MPV mini ini tetap laris manis.

From → Auto News

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: